Seruu!!... Vidio Ruwatan Bumi di Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang

Sampurasun ...

Seruu!!... Vidio Ruwatan Bumi di Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang

MANGYONO.com - Ruwat Bumi merupakan kegiatan tahunan yang digelar warga di Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat, ruwatan bumi masih dipelihara dan dijalankan oleh masyarakat setempat susai yang diwariskan orang-orang tua dahulu. 

Bahkan oleh Pemerintah Kabupaten Subang dijadikan agenda buadaya dan parawisata. Ruwatan bumi memang sangat unik dan menarik karena kekuatan tradisi di masa lalu yang terus terpelihara dengan baik. Ditengah modernisasi dan arus globalisasi yang sulit untuk dibendung, ruwatan bumi tentu saja menghadapi ancaman menuju kepunahan. Di beberapa tempat sudah mulai hilang. Dengan dipimpin tetua kampung, warga setempat berkumpul dan berkeliling kampung, yang biasa disebut "arak - arakan". 

Seruu!!... Vidio Ruwatan Bumi di Desa Bendungan, Pagaden barat, Subang
 Seruu!!... Vidio Ruwatan Bumi 
di Desa Bendungan, Pagaden barat, Subang


Arak - arakan itu skaligus digunakan untuk bersilaturahmi diantara warga, karena sambil berkeliling kampung sambil bersilaturahmi, warga yang tak ikut berkeliling berjejer di tiap gang yang diatas gang tersebut digantung hasil bumi.. Hasil bumi yang digantung diambil berebut pas rombongan arak - arakan lewat, tak hanya itu rombongan arak - arakan pun diguyur air se ember.. Tujuannya supaya kampung itu dingin, subur makmur dan dijauhkan dari kemarau panjang.. Bahkan, biasanya kepala desa diceburkan ke sungai... Hehehe. 

Hasil bumi yang digantung ada kacang panjang, pisang, singkong, mangga, jeruk bali, petai, nangka, terong dan lain - lain.


...
...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar