Produksi buah rambutan Subang terus menurun

Sampurasun ...

Produksi buah rambutan terus menurun

MANGYONO.com - Produksi buah rambutan di Kabupaten Subang setiap tahunnya mengalami penurunan. Pada musim panen tahun 2015 lalu produksi rambutan turun dibanding tahun sebelumnya. Dan tahun 2016 juga turun dari produksi buah rambutan tahun 2016. Begitu juga dengan musim panen tahun 2017 yang akan panen pada bulan Januari dan Februari diperkirakan akan turun dariproduksi buah rambutan tahun 2016. Mengingat sekarang ini tanaman rambutan tak berbuah... Cuma beberapa pohon saja dibeberapa tempat yang berbuah.

Produksi buah rambutan Subang terus menurun 
Produksi buah rambutan Subang terus menurun


Penurunan produksi rambutan ini sudah berlangsung sejak sepuluh tahun lalu, setiap tahun terus turun. Salah satu faktornya rata-rata usia tanaman di kebun milik petani Subang sudah di atas 25 tahun, belum diremajakan lagi

Terus itu ditambah pula dengan adanya alih fungsi kebun rambutan, seperti jadi pemukiman hingga industri. Jadinya produksi rambutan terus menurun. Itu belum lagi ditambah termasuk gangguan cuaca maupun hama.
 
Utuk peremajaan tanaman rambutan petani Subang mempunyai kendala biaya, dan lamanya usia tanam hingga bisa produksi. Dari tanam rambutan baru bisa berbuah 2 - 4 tahunan, dan optimal pada usia 7 tahunan.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar