Skip to main content

Tujuan Pemangkasan Pada Tanaman Pisang

Sampurasun ...

Tujuan Pemangkasan Pada Tanaman Pisang

MANGYONO.com - Tanaman pisang meskipun gak dipelihara dengan baik tetap saja berbuah, apalagi kalau dirawat dengan baik. Terlebih lagi kalau dipelihara dengan baik maka akan mampu menghasilkan buah minimal 30 kg/tandan, kira-kira satu setengah sampai dua kali lipat dari tanaman yang tidak dirawat. Kalau harga tiap kilo misal Rp. 2000,- maka dapat menghasilkan Rp. 60.000,- pertandan. Nah, kegiatan perawatan/pemeliharaan salah satunya pemangkasan pada daun kering. 

Tujuan Pemangkasan Pada Tanaman Pisang
Tujuan Pemangkasan Pada Tanaman Pisang

Pemangkasan daun kering ini bertujuan untuk pencegahan penularan penyakit, mencegah daun-daun yang tua menutupi anakan dan melindungi buah dari goresan daun. Saat pembungaan setidaknya ada sekitar 8 daun sehat, agar perkembangan buah menjadi maksimal. Setelah pemangkasan bunga jantan dilakukan sebaiknya tidak dilakukan pemangkasan daun lagi, daun bekas pangkasan dari tanaman sakit dikumpulkan dan kemudian dibakar. Untuk alat pemangkasan sebaiknya disterilkan dengan bayclean atau alkohol.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar