Kesenian Calung Ratu Galuh, Majalengka

Sampurasun ...

Kesenian Calung Ratu Galuh, Majalengka

MANGYONO.com - Calung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang terdiri dari deretan tabung bambu yang disusun berurutan dengan tangga nada pentatonik dan dimainkan dengan cara memukul bagian bilah atau tabungnya. Bambu yang dipakai untuk membuat alat musik calung berasal dari jenis awi temen, Secara etimologi, Kata calung berasal dari “caca cici sing kurulung” yang berarti suara bilah bambu yang dipukul.

Kesenian Calung Ratu Galuh, Majalengka
Paguyuban Seni Calung Ratu Galuh, 
Pimpinan Ibu Hj. Udin Suyatna, 
Cikawedukan, Rajagaluh, Majalengka
Foto by Adhe Allya


Seiring perkembangan zaman kesenian calung ini sudah tidak terdengar boleh di bilang hampir punah, mungkin sudah tidak ada lagi orang yang mau melestarikan kesenian calung ini.
  
Namun di Cikawedukan, Kecamatan Rajagaluh, kabupaten Majalengka ada sebuah perkumpulan ibu - ibu yang membangkitkan kembali kesenian calung ini, RATU GALUH itulah nama grup calung ini, menurut saya ini sedikit unik karena sebagian personilnya perempuan, Calung ratu galuh ini di bentuk tahun 2016 dan di pimpin oleh ibu Hj. Udin Suyatna jumlah personilnya 12 orang.

 Seni Calung Ratu Galuh sedang pentas.
 Seni Calung Ratu Galuh sedang pentas. 
Personilnya berjumlah 12 Orang. Semuanya Perempuan
Foto by Adhe Allya

Tujuan di bentuknya grup calung RATU GALUH ini adalah membangkitkan kembali kesenian sunda yang ada di Jawa Barat khususnya di kabupaten Majalengka yaitu kesenian calung. Dan berharap agar pemerintah lebih memperhatikan lebih serius terhadap kesenian - kesnian sunda yang ada di Jawa Barat agar tetap ada dan lestari.

Penulis : Adhe Allya, Majalengka

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar