Padi Mekongga Umur 52 HST sudah bunting besar dan keluar malai

Sampurasun ...

Padi Mekongga Umur 52 HST sudah bunting besar dan keluar malai

MANGYONOcom - Tanaman padi Mekongga saya ini sudah berumur 52 Hari setelah tanam dan sudah bunting besar malahan sudah keluar malai, lokasinya di sawah Tegalsungsang, Desa Bendungan Kecamatan Pagaden Barat Kabupaten subang, Jabar.

Perkembangan tanaman pada tahapan ini diawali dengan inisiasi bunga. Bakal malai terlihat berupa kerucut berbulu putih panjang 1,0-1,5 mm. Pertama kali muncul pada ruas buku utama kemudian pada anakan dengan pola tidak teratur. Ini akan berkembang hingga bentuk malai terllihat jelas sehingga bulir terlihat dan dapat dibedakan.

  Padi Mekongga Umur 52 HST sudah bunting besar dan keluar malai


Malai muda meningkat dalam ukuran dan berkembang ke atas di dalam pelepah daun bendera menyebabkan pelepah daun menggembung. Penggembungan daun bendera ini disebut bunting sebagi tahap kedua dari fase ini.

i. Tahap Bunting.
Bunting terlihat pertama kali pada ruas batang utama. Pada tahap bunting, ujung daun layu (menjadi tua dan mati) dan anakan non-produktif terlihat pada bagian dasar tanaman.

ii. Tahap Keluar Malai 
Tahap selanjutnya dari fase ini adalah tahap keluar malai. Heading ditandai dengan kemunculan ujung malai dari pelepah daun bendera. Malai terus berkembang sampai keluar seutuhnya dari pelepah daun.

Lihat vidio  Padi Mekongga Umur 52 HST sudah bunting besar dan keluar malai DI SINI
...

...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar