--> Skip to main content

Tanam Padi Genjah TRISAKTI Untuk MT2 - Umur 75 HST Panen

Sampurasun ...

Tanam Padi Genjah TRISAKTI Untuk MT2 - Umur 75 HST Panen

MANGYONO.com - Musim tanam kedua (MT2) di tahun 2017 saya menanam kembali jenis padi yang memiliki keistimewaan. Di sawah Irigasi Tegalsungsang, Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang, Jabar. Padi TRISAKTI merupakan padi genjah yang ditemukan dengan tidak sengaja oleh formulator mikroba google Dr Ali.

Tanam Padi Genjah TRISAKTI Untuk MT2
Tanam Padi Genjah TRISAKTI Untuk MT2 
Padi TRISAKTI Umur 75 HST Panen


Padi Trisakti saya tanam pada hari Minggu, 04 Juni 2017. Tak ada perlakuan khusus untuk lahan. Pengolahan tanah dilakukan seperti pada umumnya petani di daerah kami. Tanaman padi di sawah Tegalsungsang yang pada musim tanam pertama pertanaman padi di sini diserbu hama wereng dan Klowor/kerdil rumput. Tapi tanaman padi TRISAKTI saya selamat dari serangan hama wereng dan Klowor/kerdil rumput.

Pada hari minggu ini semaian/bibit padi TRISAKTI umur 17 HSS, benih padi sudah terlihat tumbuh menjadi bibit siap tanam. Oleh karena itu bibit segera dipindahtanamkan pada umur 17 HSS. Hal tersebut juga didasarkan atas pertimbangan bahwa padi trisakti memiliki umur genjah, oleh karena itu untuk menghindari berkurangnya umur vegetatif yang terlalu banyak maka pada umur 17 HSS segera dilakukan pindah tanam.



Semaian/bibit padi TRISAKTI umur 17 HSS 
tingginya sekitar 20 cm

Pencabutan benih padi sebaiknya digenang air, ini untuk memudahkan pencabutan benih dan pencucian tanah pada akar benih. Pencucian tanah ini dilakukan dengan cara dikopyok.


Melakukan pencabutan / Babut benih padi TRISAKTI umur 17 HSS
Melakukan pencabutan / Babut benih padi TRISAKTI umur 17 HSS

Setelah dicuci akar benih padi selanjutnya diikat, besar ikatan seukuran genggaman tangan. Hal ini dilakukan agar mudah untuk pemindahan benih padi ke tengah sawah.


Benih benih padi TRISAKTI setelah dicabut lalu diikat,

Benih benih padi TRISAKTI setelah dicabut lalu diikat, 
ikatan sebesar genggaman tangan


Saya pun melakukan penyemprotan dengan Bentan 45 WP pada hama keong mas, karena padi TRISAKTI ini sangat disukai oleh hama keong mas. Baca Bentan 45 WP ( MOLUSKISIDA ) Pengendali Keong Mas Pada Tanaman Padi


Penyemprotan hama keong mas pada tanaman padi Trisakti
Penyemprotan hama keong mas pada tanaman padi Trisakti

Penyemprotan hama keong mas
Penyemprotan hama keong mas 


Pola tanam atau sistem tanam dilakukan dengan metode jajar legowo 8:1 tanpa sisipan dengan jarak 27 cm dan legowo 54 cm. Setiap lubang tanam diberi bibit 3 batang.


Pola tanam jajar legowo 8:1. Penanaman 3 bibit per rumpun
Pola tanam jajar legowo 8:1. Penanaman 3 bibit per rumpun.

Tanam Padi TRISAKTI untuk MT2 disawah Tegalsungsang
 Tanam Padi TRISAKTI untuk MT2 disawah Tegalsungsang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments