--> Skip to main content

Ketupat Sayur dan Salam - Salaman Idul Fitri

IDUL FITRI

Ketupat Sayur dan Salam - Salaman Idul Fitri

MANGYONO.com - Ketupat sayur merupakan salah satu menu wajib yang dihidangkan di hari raya Idul Fitri. Rasanya yang gurih dan manis terasa lezat untuk dinikmati selepas salat Idul Fitri usai. 

Ketupat yang sering disantap bersamaan dengan opor ayam ini ternyata mempunyai makna filosofis yang dalam tentang islam. Menurut yang saya kutip dari beberapa sumber, “ketupat” dalam bahasa Jawa ternyata merupakan singkatan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat.

Ketupat Sayur dan Salam - Salaman Idul Fitri
Ketupat Sayur dan Salam - Salaman Idul Fitri

Ngaku lepat mempunyai arti mengakui kesalahan. Hal ini dilakukan dengan tradisi sungkeman atau bersimpuh di hadapan orang tua untuk memohon maaf atas kesalahan yang telah dilakukan atau saling meamaafkan dengan tetangga kerabat dan saudara. 

Lebaran bermakna usai atau berakhirnya bulan suci Ramadhan. Luberan berarti luber atau melimpahnya sedekah umat islam yang ditandai dengan membayar zakat fitrah. Leburan berarti habis dan melebur, yang dimaknai dengan dosa-dosa yang akan melebur karena kita sudah saling meminta maaf akan kesalahan masing-masing. 

Silahkan lihat Vidionya DI SINI

...

...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments