--> Skip to main content

Satelit TELKOM 1 Terganggu, Sejumlah ATM Tidak Dapat Beroperasi

Jakarta...

Satelit TELKOM 1 Terganggu, Sejumlah ATM Tidak Dapat Beroperasi.

MANGYONO.com -  Mesin-mesin anjungan tunai mandiri ( ATM) beberapa bank mengalami gangguan layanan pada akhir pekan lalu. Permasalahan tersebut disebabkan adanya gangguan pada satelit Telkom-1.

Dengan adanya dampak pada satelit tersebut yang membuat banyak mesin ATM tidak dapat beroperasi.

Letak Satelit Telkom 1 ada di atas Selat Karimata dekat Pontianak, Kalimantan Barat. Sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM) milik perbankan mengalami masalah dalam beberapa hari belakangan. Ternyata gangguan tersebut disebabkan oleh pergeseran pointing antena satelit Telkom 1.


Satelit TELKOM 1 Terganggu, Sejumlah ATM Tidak Dapat Beroperasi


Gangguan pada Satelit Telkom 1 karena faktor umur satelit yang sudah tua, sudah mencapai 18 tahun. Satelit Telkom 1  diluncurkan untuk menggantikan Palapa B2R, 18 tahun yang lalu  pada 4 Agustus 1999 di Guyana, Perancis. Masa operasi satelit ini sekitar 15 tahun. Namun  dapat terus berfungsi hingga beberapa tahun setelah masa operasi berakhir.

Telkom saat ini melakukan perbaikan layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah klien ke satelit Telkom 3S dan lainnya.

Beberapa mesin ATM bank yang terkena dampak antara lain Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA) dan beberapa ATM Bang Rakyat Indonesia (BRI).


Baca juga : Satelit TELKOM 1 Terganggu, BRI akan percepat migrasi ke satelit BRISat


 
Hari Rabu, 30 Agustus 2017 kebetulan saya sedang belanja keperluan proyek Biogas Kalimantan Selatan di Glodok dan Mangga Besar Jakarta. Otomatis saya harus mengambil sejumlah uang dari tabungan transferan dari PT tempat saya bekerja... Dan apa yang terjadi semua ATM di Glodok tidak bisa melakukan tarik tunai. Untungnya ada ATM di LTC Glodok yaitu Bank BCA yang bisa tarik tunai.


Belanja Plat dan Pipa Stainless Steel untuk proyek Biogas Kalimantan Selatan.
Belanja Plat dan Pipa Stainless Steel 
untuk proyek Biogas Kalimantan Selatan.


Semoga saja ini menjadi pelajaran bagi Telkom atau Bank - Bank untuk dikemudian hari agar tak terulang lagi kejadian seperti ini.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments