Ngahiras Ngarakrak Leuit - Gotong Royong Membongkar Lumbung Padi

Tradisi ..

Ngahiras Ngarakrak Leuit - Gotong Royong Membongkar Lumbung Padi

MANGYONO.com - Indonesia merupakan Negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa, karsa manusia yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia. Begitu banyak maam – macam kebudayaan, dari mulai kebudayaan sosial, politik, organisasi, dan budaya masyarakat. Termasuk dalam hal in adalah masyarakat sunda.

Kebudayaan merupakan suatu kekayaan yang sangat bernilai, karena selain meruapakan ciri khas dari suatu daerah juga menjadi lambang dari kepribadian suatu bangsa atau daerah.

Masyarakat sunda (Jawa Barat) terkenal dengan bermacam-macam kebudayaan-Nya, dilihat dari segi bahasa, perilaku masyarakat sunda, adat istiadat, seni, dan masih banyak lagi keanekaragaman budaya masyarakat sunda.

Masyarakat sunda terkenal dengan perilaku masyarakat-nya yang ramah dan sopan. Masyarakat sunda sangat mengutamakan perilaku yang sopan, ramah, serta selalu menggunakan tutur bahasa yang halus, dan  ramah. Masyarakat sunda menjujnjung tinggi asas kekeluargaan, terlihat dari segi bermasyarakat yang damai, suka bergotong royong.

Ngahiras Ngarakrak Leuit - Gotong Royong Membongkar Lumbung Padi
Ngahiras Ngarakrak Leuit /
Gotong Royong Membongkar Lumbung Padi


Tradisi Gotong royong ini sudah menjadi kebiasaan dan berlaku bagi semua warga, tak membedakan si kaya dan si miskin, tua - muda. Bujang - perawan, duda - janda, jomblo semuanya dilakukan dengan kebersamaan, bergotong royong bersama warga sekitar dari dusun Gardu. Tradisi Gotong Royong di daerah saya ini, tanpa di tunggangi unsur politik dan partai politik dari manapun, ini adalah murni dari hati nurani warga dusun Gardu.

Keunikan dari gotong royong ini yaitu pada acara makan, yaitu makan bersama – sama sambil ngariung / berkumpul, walaupun makannya seadanya, ikan asin, lalapan dari berbagai jenis, seupan, sayur sambal dan nasi pulen ( karena ditempat saya ini semua warga mengkonsumsi nasi pulen semua, maklum khan padinya nanam sendiri ) makan jadi serasa nikmat.

 Acara ngariung ala ibu - ibu
 Acara ngariung ala ibu - ibu



Lihat vidionya DI SINI


...

...

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar