--> Skip to main content

Kumis Kucing Yang Banyak Khasiatnya

Apotek Hidup.

Kumis Kucing Yang Banyak Khasiatnya

MANGYONO.com - Tanaman kumis kucing tumbuh tegak, dengan ketinggian antara 50-150 cm. Batangnya berkayu, berbentuk segi empat agak beralur, beruas, bercabang, berambut pendek atau gundul, berakar kuat.

Daunnya tunggal, bulat telur, elips atau memanjang, berambut halus, tepi bergerigi, ujung dan pangkal runcing, tipis, panjang 2-10 cm, lebar 1-5 cm, warnanya hijau.

Sedangkan bunganya majemuk dalam tandan yang keluar di ujung percabangan, berwarna ungu pucat atau putih, benang sari lebih panjang dari tabung bunga.

Kumis Kucing Yang Banyak Khasiatnya
Kumis Kucing Yang Banyak Khasiatnya

Buahnya berupa buah kotak, bulat telur, masih muda berwarna hijau, setelah tua berwarna hitam.

Untuk memperbanyak Kumis kucing dapat dilakukan dengan biji ataupun dengan setek batang.

Meski terlihat sepele dan terbengkelai, biasanya diabaikan ketika tidak dibutuhkan, kumis kucing ternyata memiliki khasiat yang begitu hebat untuk pengobatan.

Karena itulah secara tradisional, masyarakat Indonesia telah mengenal tanaman kumis kucing ini sebagai salah satu tanaman obat yang sangat bermanfaat.

Mereka biasanya memanfaatkan kumis kucing untuk mengobati penyakit-penyakit “berat”.
Jika dirasakan, kumis kucing akan terasa manis sedikit pahit, namun sifatnya sejuk.

Kumis kucing sangat berkhasiat untuk pengobatan, dalam ramuan herbal indoensia, kumis kucing sering digunakan untuk pengobatan yang bisa didapatkan dari kumis kucing antara lain adalah untuk penyakit-penyakit berikut :
- Infeksi ginjal, baik yang akut dan kronis
- Infeksi kandung kencing
- Penyakit Kencing batu
- Sembab karena timbunan cairan di jaringan
- Penyakit Kencing manis
- Penyakit Tekanan darah tinggi
- Penyakit Rematik


Pada pembuatan ramuan obat tradsional, bagian tanaman kumis kucing yang paling sering digunakan adalah terutama pada bagian daunnya, baik dalam kondisi segar ataupun yang telah telah dikeringkan.

Lihat vidionya DI SINI

...

...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments