logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Asal Usul Nama Subang di Kabupaten Subang, Jawa Barat

Assalamu 'alaikum... Sampurasun... Rampes..  

Mamang sebagai urang Subang mau berbagi tentang Asal usul Nama Subang, Jawa Barat, ini bersumber dari ceritera rakyat serta tulisan-tulisan sejarah atau ingatan masyarakat Subang. Ada beberapa versi tentang asal usul nama Subang, menurut yang mamang baca dari berbagai sumber.

Penduduk Subang pada umumnya adalah Suku Sunda, yang menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari. Namun di pesisir Utara  penduduknya menggunakan Bahasa Jawa Dialek Cirebon (Dermayon).

Asal Usul nama Subang
Mang Yono dan mertua


Berdasarkan pada ceritera rakyat yang berkembang di tengah masyarakat, kata Subang berasal dari nama seorang wanita dalam Babad Siliwangi, yakni Subanglarang atau Subangkarancang. kisah yang terdapat dalam Babad Pajajaran. Di kisahkan bahwa di daerah Karawang terdapat sebuah pesantren yang diasuh oleh Syeh Datuk Quro, pada waktu itu salah satu santri perempuan yang belajar di pesantren tersebut bernama Subanglarang atau Subangkarancang, yang merupakan putri dari Ki Jamajan Jati. Dengan berjalannya waktu putri Subanglarang dipersunting oleh Raden Pamanahrasa yang bergelar Prabu Siliwangi sebagai raja Pajajaran, dari hasil perkawinan tersebut lahir dua orang anak yang diberi nama Raden Walangsungsang dan Ratu Rarasantang.


Sisingaan Kesenian Kabupaten Subang
Sisingaan dalam Acara Khitanan Anak Mang Yono
Versi lain dari ceritera rakyat mengatakan bahwa kata Subang berasal dari kata Suweng. Suweng merupakan istilah untuk menyebut perhiasan yang dipakai wanita di daun telinganya, atau biasa disebut juga dengan kata anting. Sementara itu ada yang berpendapat bahwa kata Subang berasal dari kata Kubang, berdasarkan pada ceritera rakyat dikisahkan bahwa di daerah Subang tepatnya di daerah Rawabadak terdapat kubangan atau rawa tempat mandi badak. Kemungkinan adanya hewan badak di daerah Subang secara ilmiah belum ada bukti yang ditemukan, namun di masa Subang purba hal tersebut mungkin saja terjadi. 

Kabupaten Subang secara geografis terletak di bagian utara dari Propinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Subang berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, dengan Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Sumedang di sebelah timur, dengan Kabupaten Bandung di sebelah selatan, dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di sebelah barat. Sementara itu luas wilayah Kabupaten Subang adalah 1.888,79 kilometer persegi. Wilayah Subang 4,64% dari luas Propinsi Jawa Barat, yang bisa dipilah menjadi tiga bagian atau tiga kategori.


Daerah pantai di bagian utara meliputi Kecamatan Pamanukan, Kecamatan Pusakanagara Kecamatan Ciasem, Kecamatan Blanakan dan Kecamatan Legonkulon.

Daerah dataran di bagian tengah meliputi wilayah Kecamatan Subang, Kecamatan Kalijati, Kecamatan Cikaum, Kecamatan Cipeundeuy, Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Pabuaran, Kecamatan Pagaden, Kecamatan Pagaden Barat, Kecamatan Cipunagara, Kecamatan Compreng, Kecamatan Binong dan Kecamatan Cibogo.

Daerah dataran tinggi atau pegunungan di bagian selatan meliputi wilayah Kecamatan Cijambe, Kecamatan Jalancagak, Kecamatan Sagalaherang, Kecamatan Cisalak dan Kecamatan Tanjungsiang.

Secara umum daerah Kabupaten Subang memiliki iklim tropis Iklim seperti ini dengan ditunjang adanya lahan yang subur dan banyaknya aliran sungai, menjadikan sebagian besar daerah Subang bertumpu pada sektor agraris atau pertanian. Bahkan menurut kabar Kelompok agribisnis China-Malaysia dan perusahaan Pribumi tengah berupaya membangun lahan persawahan dan proyek pengolahan terpadu pada November mendatang di Indonesia tepatnya di Kabupaten Subang. Perusahaan China ini berharap bisa memasuki pasar berkembang di tanah air sekaligus memenuhi pasokan beras domestik. Tapi masih pro dan kontra. 

Mang Yono Naik Sisingaan
Mang Yono Naik Sisingaan, tapi bukan mau di Sunat lagi
Kalau kesenian Kabupaten Subang yaitu Kesenian Sisingaan adalah jenis kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Subang, kesenian ini mempunyai ciri khas atau identitas sepasang patung sisingaan atau binatang yang menyerupai singa.

Sisingaan Subang mulai muncul pada saat kaum penjajah menguasai Subang, yakni pada masa pemerintahan Belanda tahun 1812. Subang pada saat itu dikenal dengan Doble Bestuur, dan dijadikan kawasan perkebunan di bawah perusahaan P & T Lands (Pamanoekan en Tjiasemlanden). Pada saat Subang di bawah kekuasaan Belanda, masyarakat setempat mulai diperkenalkan dengan lambang negara Belanda yakni crown atau mahkota kerajaan. Dalam waktu yang bersamaan daerah Subang juga di bawah kekuasaan Inggris, yang memperkenalkan lambang negaranya yakni singa. Sehingga secara administratif daerah Subang terbagi dalam dua bagian, yakni secara politis dikuasai oleh Belanda dan secara ekonomi dikuasai oleh Inggris. Dan masih ada lagi kesenian – kesenian masyarakat Subang yaitu Gembyung, Mapag Dewi Sri, Nadran, Ruwatan Bumi, Toleat 

Sumber:  id. wikipedia.org, www.subang.go.id


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

60 komentar

Saya senang melihat kesenian tradisional seperti dalam photo-photo tersebut Kang, apalagi sekalian di ulas mengenai asal usul nama daerahnya. jadi lebih mengena. Enak kali ya kalau naik macan-macanan seperti itu ya Kang. he,,he,, he,,,

Salam,

Balas

Waktu kegiatan International Youth Conference tahun 2009 lalu delegasi sekitar 400 pemuda se Asia mampir ke Puncak. Kami bersantap di resto RINDANG ALAM di Puncak. Konon info yang saya terima waktu itu kawasan PUNCAK itu masuk Kabupaten SUBANG. Bukan BOGOR. Benarkah?

Balas

subang suweng kubang.

Balas

hmm, begitu to mang ceritanya...boleh thu, yang daerah pengrajin pisau terkenal itu subang atau sukabumi y ?

Balas

Memang setiap daerah atau nama kampung selalu ada sejarahnya... tapi koq untuk daerah Subang ini bisa banyak versi ya?

Balas

Kang Asep, setahu saya PUNCAK masuk dalam wilayah perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. tapi ndak tau dalam wilayah hukumnya eheheh...

Balas

banyak versi... tapi entah mana yang pasti belum tau heheeh

Balas

oh...jadi begitu ya Mang sejarahnya. jadi sedikit tahu nih tentang Subang

Balas

Kalau pengrajin Pisau yang terkenal seperti golok, atau pisau komando ... di Desa Cibatu, Sukabumi desa ini terkenal sejak pendudukan Jepang.

Balas

malahan masih banyak lagi versi - versi lainnya Bang... heheheh

Balas

iya kang begitulah cerita tentang Subang hehehe....

Balas

Ini nih yang saya sejak dulu masih bingung. Sebenarnya yg ngasih nama daerah-daerah itu sp yak? Soalnya kan sering kita temui nama desanya sama padahal wilayah atau propinsinya berjauhan...

Balas

kayanya cerita yang pertama deh yang logis, hidup kecamatan Subang haha :D

Balas

ya Mizz... terimakasih sudah singgah

Balas

saya juga bingung mas, dulu gak ada internet kok bisa tersebar begitu dan tenar ya eheheh

Balas

heheheh orang subang mah pasti tau hehehe....

Balas

Wahhh Ternyata ada Sejarahnya yah haha saya Baru tahu :D
#Maklum Bukan Orang Subang hihi Makasii yah mang ats Infonya

Balas

Setiap tempat pasti ada sejarahnya.

Balas

di Malaysia pown ada Subang.... Lapangan Terbang Antarabangsa Subang, Kuala Lumpur

Balas

Ya begitulah sejarahnya

Balas

Betul sekali kawan.

Balas

Ada tiga versi penamaan subang, tapi kira kira yang shahih yang mana ya mang...

Maksih mang, nambah ilmu

Balas

Mungkin sejarah lapangan terbang Subang ada pula ya.

Balas

trimakasih mang, sy sdang cari 2 senjata untuk kurban yg bagus... :)

Balas

Ternyata asal usul nama subang seperti itu ya mang, saya malah baru tahu mang hehe :D Soalnya jarang baca pelajaran sejarah sih hehehe :D Thanks master atas informasinya ya :)

Balas

jelas dan ngga usah diraguin kalau mamang ini emang pribumi subang, detail banget penjelasan tentang Subang nya....#ngga liat sumbernya

istrina yang pake jilbab ya mang?

Balas

oh jadi begitu yah mang asal usul nama kota Subang, meskipun belum terbukti kepastiannya tapi paling tidak salah satu dari cerita tersebut merupakan awal mula nya nama Subang yah mang, sip mang :)

Balas

mungkin semuanya bener mang hehe...

Balas

wah baru tau saya kang
sayangnya di jaman sekarang ini, hal hal seperti ini sepertinya menjadi sesuatu yang asing :(

Balas

Nah, kalau ada yg tanya asal-usul nama Subang, saya bisa jawabnya. Tapi itu kalau masih bisa ingat, hehe....

Balas

jadi yang bener yang mana ini mang? mamang kok tinggi amat yak? heuheuehu..

Balas

apik bacanya mang.
mangtap (y)

Balas

MANTAP SOB.. JGN LUPA KUNJUNGAN BALIK :)

Balas

yang pertama mas hehe...

Balas

sekarang harus mulai baca sejarah mbak master... besok ada UAS sejarah hehe....

Balas

ya kang, kalau gak dicantumkan sumbernya nanti marah hehe, saya kan bukan penemu yang pertama versi cerita ini hehe

yang pakai jilbab itu mertua saya kang... istri saya yang pakai kebaya merah hehe

Balas

ya begitu sesuai yang tersebar di warga subang....

Balas

ya sob... sekarang identik dengan singkatan ya
SU = sungai
BANG= kubangan

SUBANG = Kubangan sungai / danau ... hehe

Balas

kalau gak ingat tinggal buka blog Mang Yono aja sob... hehe

Balas

sepertinya yang pertama hehe....

kalau tinggi gampang pasang lampu listrik di rumah... tapi harus merunduk kalau lewat pintu ... tinggi saya kan 2 Meter kurang dikit... hehe

Balas

mantap kan... maklum saya kan orang subang hehe

Balas

nah kunjungan balik memang mantabb... ok

Balas

met sore juga mbak.... ups sekarang dah pagi ding ... hehe

Balas

kirain dari kata susu si abang..

Balas

Sae Mang Artikelna Mengangkat, kota kelahiran tercinta
Sukses terus yah Mang, Rakyat Subang Gotong Royong
Subang - Maju, mung sakedik hanjakal pembangunan di Subang
Teh teu acan Merata,. mugi-mugi Kapayeuna pemerentah Urang sadaya
Sing Peduli, da Subang Luas, di bagian Pantura Pasisian Laut Pantai
Utara tepatna Tempat Linggih sim kuring, masih banyak Bangunan yang
Terbengkalai, terutama bagian Perbaikan Jalan. terima kasih Mang atas infonya

Balas

Kuring ges 3kali nulis komentar, geuning teu tampil wae, kunaon nya?

Balas

Sampurasun mang yono, iyeu kuring mang juhro, bagea bisa nganjang ka mang yono, , ,

Hade tah artikel teh, ngan kudu diapdet deui, da pamekaran kacamatan teh lain pagaden barat wungkul, aya keneh nu sejen.

Haturnuhun mang, ke kuring nganjang deui ah, siapkeun weh opieunana, hehhe. . ...

Balas

komentarnya masuk pos satpam mungkin hehe

Balas

Mang jurhro kunjungi artikel saya tentang kecamatan di subang atau desa disubang atuh hehe, khan admin tinggal di pagaden barat atuh mang

Balas

Kalau aku mau kesubang dari surabaya naik kereta turunya dimana ya.?? Dan klo via bus turunya dimana juga??

Balas

Klo dari surabaya mau ke subang turunya di mana kang..? Kalau via bis dimana .kalau via kereta dimana??

Balas

Yah. Cuman etu aja
Lebih detil sih kang

Balas

Alhamdulilah saya jadi tau asal usul subang.

Balas

Alhamdulilah saya jadi tau asal usul subang.

Balas

Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

Balas

Wilujeng sonten, mang yono. Saurna mah aya subang oge caket ka kota kuningan. Kumaha cik sejarahna sareng kota subang?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger