Asal Usul Nama Subang di Kabupaten Subang, Jawa Barat

Sampurasun...

Asal Usul Nama Subang di Kabupaten Subang, Jawa Barat

MANGYONO.com - Saya sebagai urang Subang mau berbagi tentang Asal usul Nama Subang, Jawa Barat, ini bersumber dari ceritera rakyat serta tulisan-tulisan sejarah atau ingatan masyarakat Subang. Ada beberapa versi tentang asal usul nama Subang, menurut yang mamang baca dari berbagai sumber.

Sejarah Kabupaten Subang, Jawa Barat
 Sejarah Kabupaten Subang, Jawa Barat


Penduduk Subang pada umumnya adalah Suku Sunda, yang menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari. Namun di pesisir Utara  penduduknya menggunakan Bahasa Jawa Dialek Cirebon (Dermayon).

Asal Usul nama Subang, Mang Yono dan mertua
Mang Yono dan mertua


Berdasarkan pada ceritera rakyat yang berkembang di tengah masyarakat, kata Subang berasal dari nama seorang wanita dalam Babad Siliwangi, yakni Subanglarang atau Subangkarancang. kisah yang terdapat dalam Babad Pajajaran. 

Di kisahkan bahwa di daerah Karawang terdapat sebuah pesantren yang diasuh oleh Syeh Datuk Quro, pada waktu itu salah satu santri perempuan yang belajar di pesantren tersebut bernama Subanglarang atau Subangkarancang, yang merupakan putri dari Ki Jamajan Jati. 

Dengan berjalannya waktu putri Subanglarang dipersunting oleh Raden Pamanahrasa yang bergelar Prabu Siliwangi sebagai raja Pajajaran.


Silahkan Lihat Vidionya DISINI

Sisingaan Kesenian Kabupaten Subang
Sisingaan dalam Acara Khitanan Anak Mang Yono





Kabupaten Subang secara geografis terletak di bagian utara dari Propinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Subang berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, dengan Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Sumedang di sebelah timur, dengan Kabupaten Bandung di sebelah selatan, dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di sebelah barat. Sementara itu luas wilayah Kabupaten Subang adalah 1.888,79 kilometer persegi. Wilayah Subang 4,64% dari luas Propinsi Jawa Barat, yang bisa dipilah menjadi tiga bagian atau tiga kategori.



Daerah pantai di bagian utara meliputi Kecamatan Pamanukan, Kecamatan Pusakanagara Kecamatan Ciasem, Kecamatan Blanakan dan Kecamatan Legonkulon.


Daerah dataran di bagian tengah meliputi wilayah Kecamatan Subang, Kecamatan Kalijati, Kecamatan Cikaum, Kecamatan Cipeundeuy, Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Pabuaran, Kecamatan Pagaden, Kecamatan Pagaden Barat, Kecamatan Cipunagara, Kecamatan Compreng, Kecamatan Binong dan Kecamatan Cibogo.



Daerah dataran tinggi atau pegunungan di bagian selatan meliputi wilayah Kecamatan Cijambe, Kecamatan Jalancagak, Kecamatan Sagalaherang, Kecamatan Cisalak dan Kecamatan Tanjungsiang.


Secara umum daerah Kabupaten Subang memiliki iklim tropis. Iklim seperti ini dengan ditunjang adanya lahan yang subur dan banyaknya aliran sungai, menjadikan sebagian besar daerah Subang bertumpu pada sektor agraris atau pertanian. 
 




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar