logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mencari ikan di sawah” berani kotor itu baik !”

Sampuurasun.... Rampes... 

Kotor tidak selalu buruk, mencari ikan di sawah” berani kotor itu baik !”. Terutama saat anak – anak Anda menjelajahi lingkungan sekitar untuk mencari ikan di sawah, belajar, demi untuk mendapatkan pengalaman baru.  

 

 “Jangan, Yons... Gugum jangan dibolehin cari ikan disawah Mendingan suruh Corat - coret dan latihan menggambar saja di rumah. Nanti kulitnya jadi hitam. Nanti jatuh kesawah. Apa tidak bahaya main di sawah?” serentetan peringatan dari nenek dan kakeknya. Saya cuma tersenyum. Sudah saya duga pasti pada protes mendengar cucunya cari ikan disawah.



“Ibu terlalu khawatir. Gak tau mungkin dulu saya ini berpetualang dan mandi di kali setelah pulang sekolah sampai jam masuk sekolah madrasah bersama teman – teman, dengan terjun ke sungai sambil salto dan main Rarajaan dengan bugil... hehehe, karena anak jaman saya mandi dikali selalu bugil kalau anak sekarang gak ada yang begitu, karena gak ada anak yang suka mandi dikali, paling juga di kolam renang, tentunya dengan berpakaian renang tanpa bugil – bugilan eheheh ” 

“Apalagi Gugum anak cowok, perlu merasakan pengalaman yang berbeda. Beruntung saya punya sawah yang airnya tergenang terus dan banyak ikannya.

Gugum terlihat sumringah membawa jaring ikan. Ditemani Mita dan Mila anak cewek tetangga sebelah, berangkat ke sawah yang gak begitu jauh sekitar 200 meteran dari rumah saya. 

Mereka berbekal dua jaring dan satu ember utuk menampung ikan.


Saya jadi teringat  Saat mencari belut atau keong di sawah milik orang tua saya, maklum saya orang kampung yang sering bermain dan berpetualang di sawah, baju saya dan teman-teman basah dan berlumpur. Keong dan tutut sudah kami dapatkan sebanyak satu ember. Dan belutnya serentetan. kami memasak keongnya menjadi tumis keong. Dan belutnya di lemang dengan memakai ruas bambu. 


Kenangan ini begitu lekat di memori otak saya. Memori yang membuat saya merasa hidup ini adalah "milikku", saya bebas melakukan apapun. Apa yang saya lakukan membuat saya senang, teman-teman ceria dan orang tua tersenyum. Inilah rasanya telah menjadi pondasi yang kuat untuk kehidupan saya selanjutnya. Kepercayaan diri mengambil keputusan dan menikmati sumber daya yang saya miliki. Mempengaruhi orang lain dan berusaha menjadi pusat perhatian agar bisa merubah dan berbagi. 

Pada Gugum, saya terapkan hal yang sama. biarlah dia mendapatkan haknya membangun pondasi terkuat dalam hidupnya. Kebebasan memiliki dunianya, karena kelak dia akan hidup di zaman yang berbeda dari zaman yang saya hadapi sekarang ini. Sebagai orang tua saya bertugas memberikan kesempatan terindah tanpa kekangan.
Sepulang cari ikan, bajunya Gugum belepotan lumpur,  Ikan yang diperoleh dimasukkan dalam kolam di depan rumah. 

Untuk Pembelajaran berikutnya adalah perhatian dan kepedulian. Perhatian terhadap kehidupan ikan-ikannya dan peduli dengan kebersihan air kolamnya dengan teratur memberi makan ikan dan menguras air kolam. Hal ini terasa mudah karena adanya kolam di depan rumah adalah permintaan Gugum sendiri. 
Bawa ikan hasil untuk di pelihara di kolam depan Rumah



Tulisan mencari ikan di sawah” berani kotor itu baik !” tidak diikut sertakan dalam lomba .

Cuma berbagi pengalaman doang hehe...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

65 komentar

mandinya bugil, gak takut dipelototin lele?

Balas

Hahaha Kahade mang Bisi Pusakana Di Cantrok Ku Lele :D

Balas

mang, email abdi tos dibaca teu acan?

Balas

ikannya kok ga di foto juga mang? ikan juga pengen gaya donk di foto,hehehe

Balas

heheh dulu saya waktu kecil dan teman - teman, sampai kelas enam berani bugil, tapi jaman sekarang anak saya dari kelas 3 saja sudah gak berani bugil mandi di kali.... dulu lele juga gak ada lele besar/umbo, sekarang baru takut di santok lele, di kali sudah banyak lele jumbo heheeh

Balas

hapunten kang nembe di bales, maklum di lembur dinten minggu rada riweuh hehehe.. hatur nuhun kang undangannana

Balas

nanti di postingan berikutnya... maklum sayahnya gak ngikut ke sawah hehehe

Balas

sangat mengasikkan gan saya kecil juga sering main disawah, selain itu dekat dengan alam juga dapat menghilangkan stres.

Balas

Jadi teringat waktu, saya masih kecil kala itu masih kelas 3 SD Mang
Saya suka sekali, Gogo ikan di sungai sambil Angon Domba Mang
Sae artikel nah, Mang Sederhana namun penuh Makna, hatur nuhun
Mamang Yono. selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Balas

Kalau Ikanya dapet di goreng yah Mang, saya jangan lupa
Anterin hhhhh,. Kreatif deh Anak Mang Yono Jang Gugum, panginten nya Mang?

Balas

Bentangan sawahnya jadi ingat sawah saya ditempat jauh sana lengkap memang disawah ini ada padi,lumpur,dan ada ikannya :)

Balas

whaha...itu kerjaan saya waktu kecil mang, nyari ikan...

Balas

kalo kotor tinggal dicuci aja ya gan hehe....enak banget yah bisa cari ikan disawah

Balas

dulu waktu smp saya juga demen main disawah mas, nyari in belut, mancing pakai anak katak. Tapi kadang suka gregetan, soalnya banyak pacetnya sih, saya geli..

Balas

Alhamdulillah kalau WS sedari dulu ga pernah dicarek mang ku mamah kalau mau nyair ikan disawah hehe....
malah ketika diem terus atau cuma main game dirumah, disuruh main keluar supaya badannya gerak dan jadi sehat :D

Balas

ibu dimana-mana pasti begitu, khawatirnya suka berlebihan, wajar juga seh...soalnya kalau sakit, kotor dan lain-lain...kan ibu yang ngurus...bapak mah cuman ngliatin doang.
#padahal saya ge' ng'bebasin anak-anakmaen disawah...seru seh...;o)

Balas

wah, saya juga kayak nenek Gugum tuh Mang, kalau anak-anak sebaya Zaki pada menelusuri parit depan rumah, saya yang ribut teriak-teriak, apadahal mama-mama mereka mungkin tidak kawatir...sungguh terlalu. tapi alasan saya bukan karena kotornya, kalau kotor mah bisa mandi, tapi di parit depan rumah sering ada ular, nggak tanggung2 ularnya tuh kobra, bahkan sering nampak biawak...apa nggak bahaya tuh?

Nak, kalau besar nanti, acara nyari ikan di sawahnya diposting di blog ya...jangan kalah sama Papah-nya...oh iya, ikannya juga difoto-----ok Gugum!?

Balas

Beda dengan suasana kota yang identik dengan kemacetan ya mas. Di sawah udarannya masih segar apalagi sambi minum es kelapa muda.

Balas

Ini untuk mengenang masa kecil ndak jauh berbeda kan? Selamat hari sumpah pemuda juga sob

Balas

Hehe ikannya buat dipelihara di kolam kang, sekalian belajar disiplin dan ketelatenan. Sumuhun Jang Gugum hehe

Balas

Wah saya suka cari ikan gan tapi di waduk :D

Balas

kasih masukan aja Mang, ini memang mengasyikkan, tapi kalo bisa pake sepatu boot, antisipasi ular yang suka ada di sawah loh..

Balas

Asyik banget ya Mang, bisa mencari belut sama ikan di sawah, persis si bolang, hehehe :)
Pemandangannya benar2 sejuk dan indah mata, hmmm.... pasti senang sekali tuh si Gugum setiap hari bisa bermain di sawah ya mas... ayahnya pasti ikutan main, hehehe

Balas

nanti kalau lele dumbonya lompat gimana mang ?

Balas

Ikannya mana Mang ? Loncat apa masih di situ ?

Balas

pada umumnya ular disawah ular air mas,tidak ber bisa dan berbahaya.
tapi hati2 itu perlu juga,tidak menutup kemungkinan ular berbisa juga ada disawah....kebetulan lewat.

Balas

ingat masa kecil dulu,keaswah mancing belut,mancing ikan memang hobiku.
meski kadang nenek melarang,aku tetep pergi juga......asik sih.

Balas

wkwkwkkk.. jd ketawa baca tulisan mang yono yg bagian akhir..
"Tulisan mencari ikan disawah” berani kotor itu baik !” tidak diikut sertakan dalam lomba . Cuma berbagi pengalaman doang hehe..."

jd tersindir tuh.. coz tiap postinganku belakangan ini selalu tulisan untuk lomba2 blog.. :D

Btw, masih mending anaknya mang yono main disawah di bolehin...
lha itu, anaknya kang rawin aja.. mainan diselokan sm di got.. jg dibiarin aja kok.. :D

Balas

persis banget sama iklan detergen

Balas

Jadi Teringat Waktu saya Masi SD tapi Kalo saya Kgak Mencari Ikan Disawah Melainkan Main Bola Di sawah :D

Balas

mencari ikan itu hobi saya mang, dulu saya sering juga di gitukan nenek gugum, tapi saya lebih lihai dalam mengeles, mencari ikan terus sampai puas.
hehehehe

Balas

iya sob,.. dan kalau berada di sawah seperti damai banget dan lupa pada utang hehehe

Balas

main di sawahnya cuma hari minggu doang hari hari lainnya main di depan rumah piara ikan di kolam heheh....

Balas

ikannya tuh di dalam ember ... gak kelihatan ya mas?... nanti dikira ember kosong doang eheheh

Balas

yang lebih asik mancing belut ya mas... ditarik ulur... eheheh

Balas

hehehe padahal maksud saya ndak menyindir postingan Mbak Lina.. apun biung eheheh... dulu pernah nulis tentang mainan lumpur anak saya, eh dikira ikutan lomba, banyak ucapan selamat... semoga lombanya menang ... begitu ceritannya... hehehe

Itu juga Nenek dan kakeknya melarang, katanya takut kulitnya hitam, berhubung dekat dengan sawah ya mainnya kesawah kalau main ke Mall di tempat saya jauh sekali hehehe

Balas

tapi bukan iklan dan bukan lomba blog hehehe...

Balas

tentunya main bolanya setelah panen padi ya mas... kan di omelin kalau masih ada tanaman padinya hehehe

Balas

ternyata mas agus ahli dalam mengeles dari kecil hehehe... kalau gak begitu pasti ndak boleh ya, terus bilangnya mau kerja kelompok sama temen begitu ya mas ...hehehe

Balas

persis seperti saya waktu kwecil nih.. selepas pulang sekolah langsung ke sawah nyari ikan belut. pulang jam 5 sore.. muka udah hitam langsat bgt deh.. hehehe tapi asyiknya sampai sekarang masih keingetan terus... hehehe

Balas

Wah kalo hal yang seperti nie sih jangan ditanya saya mah kang, namanya juga orang kampung...dulu mah dah sering banget kang, nyari ikan di sawah sambil kotor-kotoran segala hehehe :D

Selain nyari ikan di sawah pernah oge milarian belut mun dilembur uing mah disebutna teh "ngurek bulet" hehehe :D

Balas

Ngurek belut maksudna, lain bulet hapunten nya mang salah ngetik eta :D

Balas

saya mau keongnya jga mang

Balas

jadi inget pas jaman SD :)

Balas

Kalo jaman sekarang mandi bugil dikali bisa-bisa ada di yutub..

Balas

pengalaman masuk ke sawah padi pastinya sangat menarik.. anak-anak elok diberikan pengalaman ini sejak kecil..

Balas

kalau sekarang gak pernah lagi ya mas ... hehe

Balas

iya sob.. kerena air sudah dekat hehe

Balas

jadi hitam manis ya mas hehe... nanti kan bisa diceritakan ke anak cucu... termasuk sahabat bloger hehe

Balas

emang bisa nyedotnya hehe... makan keong kan harus disedot hehe

Balas

mantap ikannya ata mantap kotornya hehe

Balas

kalau sama pacet dan lintah saya takut juga mas

Balas

bermain yang mengasikan ya sob

Balas

Dan ditonton seluruh dunia hehehe

Balas

betul Mizz, untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak

Balas

nah itu arang tua yang mantab kang... jarang jarang loh orang tua begitu hehehe

Balas

jadi melarang karena sayang ya kang... kalau saya ngebebasin karena sayang juga hehehehe

Balas

harusnya anak bermain di parit pakai sepatu boot biar aman, yang geli lagi kalau ada lintah atau pacet.

berhubung anak saya belum berminat pada blog, jadi tulisan ini buat kenang kenangan kalau dah gede hehehe

Balas

kalau di waduk malahan ikannya gede - gede ya, tapi resiko juga airnya pasti dalem

Balas

terimakasih masukannya mas, betul juga ya, tapi katanya kalau kita bawa magnit ular gak bakalan berani nyamperin...

tapi ular air giginya bisa tertinggal dan menancap di tubuh kita... katanya sih mas... katanya heheheh

Balas

kalau ngurek belut seneng narik ulurnya ya kang... kososot... senud... senud hehehe..

sawios kang da "u" sareng "e" mung tuker tempat doang hehehehe

Balas

jafi inget wktu kecil dikejar2 pak tani gara2 nyari ikan di sawah.. haha

Balas

Eta Jang Gugum masih mainan ikan terus, hati-hati Mang
Bisi asup angin,. sekarang ini cuacanya agak kurang bersahabat
Bilih murangkalih amengan di luar rumah, khilap ka waktos
Teua aya lepat na Mamang nyaram, salam sejahtera yah Mang?

Balas

bagus saya juga dari kecil dah maen ke sawah sama ua temen temen sambil main layangan ujan ujanan sambil mancing pokonyamah seneng sayah kesian sama anak kota tentang alam pada engga tau?ya paling seru kalau ngebedahin empang yg punya ua saya banyak ikanya pokonya masa kecil ga kesawah itu masa kecil yg suram wkwkwk

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger