Skip to main content

Pembelajaran perhatian dan kepedulian untuk anak dengan memelihara ikan di Kolam

Sampurasun... Rampes..  

Anak Mamang Selain bermain di sawah Gugum suka sekali pelihara  ikan di kolam depan rumah, termasuk ikan yang ditangkap disawah hari minggu kemarin yang sama saya di tulis juga Mencari ikan disawah” berani kotor itu baik !”

Pembelajaran perhatian dan kepedulian untuk anak  dengan memelihara ikan  di Kolam  . Perhatian terhadap kehidupan ikan-ikannya dan peduli dengan kebersihan air kolamnya dengan teratur memberi makan ikan – ikan peliharaannya dan menguras air kolam seminggu 2 kali . 


 Dari berbagai ikan yang ditangkap Gugum paling suka pelihara ikan sepat yang pipih dan rona badannya yang berkilau, Ikan ini banyak dikenal dengan nama-nama lokal seperti sepat sawah, sepat jawa, sepat biru, sepat ronggeng . 


Dalam perdagangan ikan hias terdapat pula varian-varian hiasnya yang berwarna menarik, yang populer sebagai ikan akuarium. Ikan ini hidup di rawa-rawa, danau, aliran-aliran air yang tenang, termasuk sawah-sawah serta saluran irigasi. Di saat musim banjir, penyebarannya meluas mengikuti aliran banjir. Sepat rawa memangsa zooplankton, krustasea kecil dan aneka larva serangga lainnya.


Sepat rawa termasuk tahan dan mudah dipelihara dalam akuarium atau kolam ikan di depan Rumah.

Ikan sepat jantan dapat dibedakan dengan ikan sepat betina. 
Caranya dengan melihat panjang dan bentuk ikannya. Jika sirip pungugnya membulat dan pendek sehinga tidak mencapai dasar pagkal sirip ekor bisa di pastikan bahwa ikan tersebut betina. 

Namun jika sirip punggung panjang sehinga mencapai dasar pangkal sirip ekor dan di tambah lagi dengan bentuk tubuhnya yang lancip seperti sirip punggung ikan gurami maka pastikanlah tanpa ragu- ragulagi bahwa ikan itu memiliki kelamin jantan. 

Selain bentuk sirip punggung biasanya juga bisa di lihat dari warna tubuh atau tinggi badanya. Ikan betina biasanya lebih bersih . Sedangkan tinggi badan ikan jantan biasanya lebih tinggi jika di banding ikan betina. 

Kalu membedakan Kepala cacing dan ekornya kan gampang. Caranya tinggal di klikitik aja perut cacing tersebut dan gak lama cacingnya tertawa kegelian... hehehe... #Semprul..

Ikan sepat menyimpan telur-telurnya dalam sebuah sarang busa yang dijagai oleh si jantan. Setelah menetas, anak-anak sepat diasuh oleh bapaknya itu hingga dapat mencari makanan sendiri. 

Tapi ikan bethok/bethik juga dipelihara ding. Ikan bethok/bethik sama seperti  ikan gabus dan lele, yaitu memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Ikan ini katanya memiliki organ labirin  di kepalanya. Fungsi dari alat ini sangat berguna manakala ikan mengalami kekeringan dan harus berpindah ke tempat lain yang masih berair. Betok mampu merayap naik dan berjalan di daratan dengan menggunakan tutup insang yang dapat dimekarkan.

 
Pembelajaran perhatian dan kepedulianuntuk anak  dengan memelihara ikan  di Kolam kedua jenis ikan hasil tangkapan Gugum sekarang dipelihara di Kolam depan rumah dan sisanya dimasak hehehehe.

Karena terlalu banyak ikan Sepatnya maka sebagian di goreng ... hehehe
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar