logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pembelajaran perhatian dan kepedulian untuk anak dengan memelihara ikan di Kolam

Sampurasun... Rampes..  

Anak Mamang Selain bermain di sawah Gugum suka sekali pelihara  ikan di kolam depan rumah, termasuk ikan yang ditangkap disawah hari minggu kemarin yang sama saya di tulis juga Mencari ikan disawah” berani kotor itu baik !”

Pembelajaran perhatian dan kepedulian untuk anak  dengan memelihara ikan  di Kolam  . Perhatian terhadap kehidupan ikan-ikannya dan peduli dengan kebersihan air kolamnya dengan teratur memberi makan ikan – ikan peliharaannya dan menguras air kolam seminggu 2 kali . 


 Dari berbagai ikan yang ditangkap Gugum paling suka pelihara ikan sepat yang pipih dan rona badannya yang berkilau, Ikan ini banyak dikenal dengan nama-nama lokal seperti sepat sawah, sepat jawa, sepat biru, sepat ronggeng . 


Dalam perdagangan ikan hias terdapat pula varian-varian hiasnya yang berwarna menarik, yang populer sebagai ikan akuarium. Ikan ini hidup di rawa-rawa, danau, aliran-aliran air yang tenang, termasuk sawah-sawah serta saluran irigasi. Di saat musim banjir, penyebarannya meluas mengikuti aliran banjir. Sepat rawa memangsa zooplankton, krustasea kecil dan aneka larva serangga lainnya.


Sepat rawa termasuk tahan dan mudah dipelihara dalam akuarium atau kolam ikan di depan Rumah.

Ikan sepat jantan dapat dibedakan dengan ikan sepat betina. 
Caranya dengan melihat panjang dan bentuk ikannya. Jika sirip pungugnya membulat dan pendek sehinga tidak mencapai dasar pagkal sirip ekor bisa di pastikan bahwa ikan tersebut betina. 

Namun jika sirip punggung panjang sehinga mencapai dasar pangkal sirip ekor dan di tambah lagi dengan bentuk tubuhnya yang lancip seperti sirip punggung ikan gurami maka pastikanlah tanpa ragu- ragulagi bahwa ikan itu memiliki kelamin jantan. 

Selain bentuk sirip punggung biasanya juga bisa di lihat dari warna tubuh atau tinggi badanya. Ikan betina biasanya lebih bersih . Sedangkan tinggi badan ikan jantan biasanya lebih tinggi jika di banding ikan betina. 

Kalu membedakan Kepala cacing dan ekornya kan gampang. Caranya tinggal di klikitik aja perut cacing tersebut dan gak lama cacingnya tertawa kegelian... hehehe... #Semprul..

Ikan sepat menyimpan telur-telurnya dalam sebuah sarang busa yang dijagai oleh si jantan. Setelah menetas, anak-anak sepat diasuh oleh bapaknya itu hingga dapat mencari makanan sendiri. 

Tapi ikan bethok/bethik juga dipelihara ding. Ikan bethok/bethik sama seperti  ikan gabus dan lele, yaitu memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Ikan ini katanya memiliki organ labirin  di kepalanya. Fungsi dari alat ini sangat berguna manakala ikan mengalami kekeringan dan harus berpindah ke tempat lain yang masih berair. Betok mampu merayap naik dan berjalan di daratan dengan menggunakan tutup insang yang dapat dimekarkan.

 
Pembelajaran perhatian dan kepedulianuntuk anak  dengan memelihara ikan  di Kolam kedua jenis ikan hasil tangkapan Gugum sekarang dipelihara di Kolam depan rumah dan sisanya dimasak hehehehe.

Karena terlalu banyak ikan Sepatnya maka sebagian di goreng ... hehehe

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

46 komentar

kalau melihara kodok di kolam gimana Mang? pasti lebih mantap ya..hehe

Balas

Trims informsinya dan salam kenal :)

Balas

kalau melihara kodok di kolam tiap malam bagus suaranya desa banget hehehe

Balas

sama - sama sob... dan salam kenal juga

Balas

wah, lumayan gede-gede ikannya...hebat bener nih Dik Gugum...!!!

bagi Gugum, dapat ikan sebanyak itu tentu seneng, puas dan bangga ya...jerih payahnya mendapatkan hasil...bahkan Mama Papanya ikut menikmati olahannya.

Balas

Melihara ikan bisa belajar telaten ya mang, gimana ngasih makan dan menjaga ikan agar tidak pada mati....

Balas

kalo makan ikan yang di kolam, suka nggak tega Mang..

Balas

kl membedakan kepala cacing sih, tinggal kasih helm aja, mang. nanti mana yg dipake... :)

Balas

kayaknya enak tuh mang ikan sepat gorengnya,hehehe
ga melihara ikan arwana mang?hehehe

Balas

saya juga melihara ikan, tapi ikan khusus sayah mah kang.

Balas

Kalo bedain cacing cowok dan cewek gimana, mang..?

Balas

kok ikannya ikan sepat mang ....?

Balas

baru tahu, ternyata lauk sepat bisa dibedakan dengan siripnya ya mang, hoho :D kumaha kalo lauk betok mang?

Balas

itu dapet bertiga mbak...

malahan minggu depan saya suruh cari ikan lagi hehehe

Balas

iya mas menanamkan kedisiplinan sejak dini

Balas

iya mas, makanya ini sebelum di piara di kolam dimasak sisanya dipelihara hehe

Balas

hehehe bisa juga begitu mas hehe

Balas

iya mbak pedas - pedas gurih hehe

kalau ikan arwana harus satu kalau dua bisa berantem...

Balas

ikan yang pakai anting ya...

Balas

di kasih lipstik dan korek api siapa yang milih korek api itu yang cowok hehe

Balas

iya ikan rawa.. ya ikan sepat dan betok...kalau ikan gabus gak mungkin dapet sama anak - anak

Balas

jantan dan betina ikan betok dapat dibedakan dari tanda tubuhnya. Tanda induk betina :
tubuh memanjang warna agak kusam perut agak gendut gerakan lamban lubang kelamin membulat.

Tanda induk jantan : tubuh membulat; warna cerah; gerakan lincah, lubang kelamin memanjang.
tah kitu kang

Balas

wah ternyata ikan sepat dapat di bedakan mana betina dan mana jantan to mang.. saya baru tau hehehehe... yang susah di bedain itu ikan wader mang.. hehehe

Balas

Wahh.. pakar perikanan juga nih kawan..

Balas

Post mang yono oke slalu,,
nice share,,

mampir di http://nawayhac.blogspot.com

Balas

tentu bisa dong mas, kan berpasang - pasangan maka harus bisa biar dapat di perbanyak hehe

ikan wader ikan apa mas?

Balas

hehe cuma sedikit tau aja sob, yang lainnya belum tau hehe

Balas

terimakasih mas... mas juga oke tuh

Balas

Jadi kangen mancing disawah dapet sepat XD

Balas

mang yono habis ngintip ikan sepat ya, kok tau laki laki apa perempuan, hehehe
kalau dulu saya nyari ikan, paling saya hidari adalah iwak sepat mang, rasanya pahit. hehehe dagingya tipis

Balas

yuk bernostalgia mancing di sawah sob... hehehe

Balas

Taunya pas masuk toilet umum mas, kan ada khusus pria dan wanita hehe

Balas

wah mantap, jelas pisan, ternyata betok jantan lebih lincahnya :) hehe

Balas

ngorek ngorek tetblung ya

Balas

jadi inget dulu pas masih kecil, saya punya kolam di halaman rumah. Kolam itu dihuni oleh ikan sapu-sapu dan kura-kura, hehe....

Balas

Rajin juga yah Mang De Gugum, calon Sarjana Zigana mah Mang?
Ikan Sepat sejenis Ikan Betrik bukan yah Mang? kalau saya mah
Taunya dulu Eny Beatrick...hhhhh salam sejahtera Mang Yono.

Balas

mencari ikan juga menyenangkan lho.

Balas

Pas banget kalau lagi musim hujan, suasana kampung berasa banget ya mang....

Balas

tumben nih artikelnya masih maenin ikan.
selamat sibuk dan salam sehat selalu mang

Balas

Wahhhh., keren mangg,. tapi kira2 kalau makan ikan, yang dirawat dari kecill, tega gak yah., hehehe

Balas

anak-anak bisa betah di rumah dengan adanya kolam ikan ya mang, jd mainan ikan terus.

Balas

terdengar sanduh.... lalala.. yeyeye.. lalala.. yeyeye

Balas

Kalau kura - kura suka naik keatas kolam dan kabur hehe

Balas

Cita - citanya pengen jadi tukang insinyur, ikan sepat mungkin masih kerabat sama ikan bethik hehe

Balas

Saya belum sempet baca postingan sepenuhnya mang, cuma mata saya langsung tertuju sama hidangannya tuh, nikmat pisan jigana mah ditambah aya lalapan na deui tinggal dicocol sareng sambel tarasi...hmmm patuangan uing jadi dangdutan yeuh hoyong dahar, tos lila mang tara ngadahar nasi liwet teu jiga kapungkur samasa SMP mah sering pisan ngaliwet hehehe :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger