Skip to main content

Apakah ini Jambu air Citra atau jambu air Apel?

Sampurasun... Rampes.... 

Jambu Air mamang ini berbuah lagi padahal dua bulan sebelumnya baru selesai berbuah, jambu air mamang ini ada yang bilang namanya jambu air Citra ada juga yang bilang jambu air Apel . Ia memiliki warna buah merah tua dan bentuknya seperti lonceng kecil. Entah dari mana asal jambu air ini.   Ia didominasi jenis yang tak berbiji dan mulai berbuah setelah 2 tahun masa penanaman mungkin bisa berbeda – beda ding.... sampai saat ini sayah belum tau nama asli jambu air Apakah ini Jambu air Citra atau jambu air Apel?..... hehehe.



Pohon jambu sayah ini gak begitu tinggi sekitar 2,5 Meter, karena setiap selesai berbuah dilakukan pemanggkasan dahan dan cabang yang  meninggi, bibitnya dari Jakarta dan hasil mencangkok sayah sendiri dari Rumah sebelah kantor tempat sayah bekerja.



Jambu Air mang

Kalau berminat dengan budidaya jambu air boleh dlihat Cara menanam jambu air, waktu penanaman pohon jambu ini dilakukan dua kali pindah tempat, kok bisa mang, awalnya sayah tanam pohon jambu ini di depan rumah, berhubung banyak kambing tetangga yang lewat dan memakan daunnya, sayah pindahkan pohon jambu ini ke samping rumah waktu dipindahkan pohonnya sudah tinggi 1 meter, padahal waktu bawa dari Jakarta pohonnya cuma  sejengkal cuma batang dan akar doang / tanpa daun, tetangga sih pada ketawa melihat bibit jambu air yang sayah bawa, dan pada bilang.

“ hahaha.. ndak mungkin tumbuh tuh cangkokannya mang masa cumu se jengkal, kayak bikin patok perbatasan tanah aja”. 

Setahun kemudian eh itu pohon jambu udah kelihatan bentuknya seperti pohon jambu beneran, gak seperti patok perbatasan lahan dan... hehehe. 

Berhubung di samping rumah  mau di pakai tungku masak pas hajatan kehitannan anak sayah, jadi pohon jambunya dipindah lagi ke belakang rumah untungnya tuh pohon jambu gak marah dan putus asa untuk hidup hehehe.


Setelah 2 tahun lebih dikit pohon jambu sayah ini mulai berbuah dengan bentuk dan warna buah yang sedikit berbeda dengan buah jambu tetangga.

Bila masih muda warnanya agak hijau kemerahan bila mencoba memakannya terasa sepet, bila sudah tua warnanya merah tua dan rasanya seperti apel.

Jambu air ini menurut orang – orang tidak cocok dibuat rujak, tapi menurut sayah ya cocok – cocok aja, gak ada masalah, daripada gak ada untuk rujakan... kalau yang belum tau cara membuat bumbu rujak boleh baca tentang sambal rujak coel jambu air ..... heheeh.

Kalau sayah paling suka rujak entah itu rujak jambu air, jambu monyet yang gak ada monyetnya, jambu biji, belimbing, cereme, mangga muda, asem, ubi dan masih banyak lagi, pokonya yang bisa di buat rujak ajah sayah pasti suka, apalagi pas istri sayah ngidam, tuh rujakan hampir tiap hari, meskipun cuaca mendung itu rujakan dan makan rujak harus tetap di lakukan, tapi yang ngerujak dan makan rujaknya cuma sayah doang, istri sayah yang ngidamnya cuma melihat sayah makan rujak doang... Keren kan?... eheheh.

daripada yang baca dan berkunjung kesinih bingung juga Ini jambu air Citra atau jambu air Apel dan sedikit ngeces, ya sudah sayah lemparin sajah jambunya.... !!..


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar