Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah

Sampurasun.... Rampes... 

Ngomong – ngomong soal mangga, sekarang kan musimnya mangga berbuah, kok tau mang?. Ya tau dong, kan sayah punya pohon mangga di belakang rumah, Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah.

Meskipun cuma satu dua pohon, di sebut satu dua pohon karena 1 pohon terdri 2 jenis mangga, yaitu pohonnya  mangga si mana lagi termasuk satu cabang dan cabang lainnya ada jenis mangga goleknya dengan memakai tehnik stek tunas satu mata, hebat khan mamang... hehehe.

Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah
Mangga Manalagi


Awalnya mangga golek sayah ambil dari pohon mangga golek yang agak jauh dari rumah sayah, tapi masih punya sayah pohonnya.

Ciri – ciri mangga golek dan mangga manalagi kalau gak salah seperti ini:

(!). Mangga Golek. 

Jenis mangga yang satu ini mudah dikenali karena bentuknya yang khas. Ia tidak bulat buah seperti mangga lainnya. Si golek ini justru terlihat sedikit lain dari pada yang lain.

Buah mangga golek bentuknya panjang, ujungnya meruncing.
Mangga Golek mamang
Warna buah muda hijau, sedangkan yang tua berwarna kuning pada pangkalnya dan kehijauan pada ujungnya. Kulit tidak begitu tebal, halus dan terdapat bintik -bintik kelenjar yang berwarna putih kehijauan dan berubah menjadi cokelat setelah buah tua, seperti terlihat pada poto di bawah ini, anak sayah paling suka makan mangga ini. 


Daging buah tebal, berwarna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika diiris tidak banyak mengeluarkan air. Rasanya sangat manis dan aromanya harum tajam. 

Panjang buahnya kira – kira 15 cm, dan kebetulan pada musim mangga sekarang ini berbuah lebat dan tengkulak berani membeli 1 juta mangga golek mamang yang terlihat gambar di atas dengan sistim borong di pohon.

(!!). Mangga Manalagi

Mangga Manalagi Mamang
Mangga yang satu ini memiliki rasa yang serupa dengan perpaduan mangga golek dan mangga arumanis. 

Ketinggian pohon mangga manalagi punya sayah sekitar 2,5 meter. Buah ini saat masih muda memiliki kulit hijau muda sedangkan pada saat matang, kulit tersebit hijau tua dan dilapisi lilin sehingga terlihat kelabu. 
Jenis mangga manalagi mempunyai bintik-bintik putih pada  kulit buahnya, anak sayah tidak suka jenis mangga ini, katanya gak berasa makan mangga... hehehe.
Mangga Manalagi masih muda

(!!!). Mangga Mertua

Nah kalau yang ini mamang gak tau namanya mangga apa coba?, sayah biasa menyebut dengan mangga mertua, karena pohon mangga ini punya mertua sayah... hehehe.
Mangga Mertua / Mangga Colong

Tapi kalau melihat seperti di photo ini adalah mangga colong, karena ada anak yang mau nyolong mangga hehehe.. 

Pohonnya kira - kira 1 meter, orang – orang biasa menyebutnya dengan Mangga Fa Lan ini mangga indi berasal dari negeri seberang, memiliki rasa manis renyah. Bentuknya panjang sedikit meruncing dan berwarna hijau.

Mangga Mertua atau mangga Colong ini menurut sayah adalah mangga paling enak, karena tidak menanam tidak memelihara tapi ikut makan mangga, enak kan?.... hehehe.

Terimakasih pada pembaca yang membaca Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah sampai habis atau baca judulnya doang...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar