Cara menanam atau semai Anggur dengan stek

Sampurasun..... Rampes.....

Blog Mang Yono. Masih tentang Tanaman nih, Kali ini Blog Mang Yono mau nulis tentang Cara menanam atau semai Anggur dengan stek.

Menyemai atau menanam anggur dapat dilakukan dengan dua cara yaitu stek dan biji, kalau cara semai biji sayah belum pernah, tapi kalau cara semai stek sudah pernah, tidak terlalu sering sih, tapi minimal ngerti lah caranya ... hehehe. Baca Cara dan Tips menanam pohon anggur di halaman rumah.

Cara menanam atau semai Anggur dari stek

Tadi ada yang nanya dari akun facebook  namanya bu Guru Yuli asli Yogyakarta dan mengajar di SMPN 3 Subang. 

Menanyakan tentang Cara menanam atau semai Anggur dengan stek, ya sudah mamang kasih gambarannya saja, kalau ingin jelas tinggal cari saja di Mbah Google ya bu?... hehehe.


Nah untuk caranya, yuk kita mulai, langkah pertama biasa siapkan gula plus kopi  terus diseduh pakai air panas, ini untuk menemani semai stek anggur, biar tidak ngantuk ... sob... hehehe.


Cara menanam atau semai Anggur dari stek

Tadi ada yang nanya dari akun facebook  namanya bu Guru Yuli asli Yogyakarta dan mengajar di SMPN 3 Subang.

Menanyakan tentang Cara menanam atau semai Anggur dengan stek, ya sudah mamang kasih gambarannya saja, kalau ingin jelas tinggal cari saja di Mbah Google ya bu?... hehehe.

Nah untuk caranya, yuk kita mulai, langkah pertama biasa siapkan gula plus kopi  terus diseduh pakai air panas, ini untuk menemani semai stek anggur, biar tidak ngantuk ... sob... hehehe.

(!). Ambil batang bibit Anggur dari pohon Indukan dengan panjang kira – kira 20 Cm.

(!!). Terus siapkan media tanam berupa arang sekam padi, pasir, dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1:1. Disini sayah tidak memakai tanah, diganti dengan pasir, karena pasir mudah ditembus oleh akar tersebut, untuk pemilihan pupuk kanadang jangan menggunakan kotoran kambing yang masih baru, tapi menggunakan kotoran kambing, kelinci, yang sudah dipermentasikan.

(!!!). Siapkan juga pot ukuran 10 Cm atau polybag untuk tempat penyemaian stek batang anggur.

(!V) Tancapkan batang stek dalam media tanam tersebut secara perlahan dan hati-hati. Jangan lupa padatkan media tanam supaya batang stek tertanam kokoh.

(V). Siapkanlah plastik transparan untuk digunakan sebagai tutup batang stek. Dan usahakan semua batang stek terbungkus. Agar kelembaban pada batang stek Anggur dapat terjaga.

(V!). Siram dengan air hingga seluruh media tanam basah. Namun jangan sampai menggenang, karena akan memicu pembusukan pada batang stek. Dan letakkan semaian stek batang tersebut di tempat yang teduh jangan terkena sinar matahari.

(V!!). Apabila mata tunas sudah tumbuh dengan panjang 1 cm maka  lepaslah pelastik penutup batang stek tersebut agar pertumbuhan tunas tidak terganggu.

 (V!!!).  Apabila tunas telah mencapai panjang 8 atau 10cm , maka pindahkan bibit ke tempat yang terkena sinar matahari pagi. Sampai jam 9 pagi, dan jangan terkena mata hari siang karena akan mengakibatkan kelayuan pada stek Anggur.  

 


Nah, apabila tunas telah mencapai 20atau 25 Cm pindahkan ke  lahan tanah pekarangan rumah atau  kebun.

Siapkan tempat rambatan bisa menggunakan tambang yang dibentangkan menyilang atau kawat yang dibentangkan ataupun bisa juga dengan belahan – benahan bambu yang dianyam dengan kotak 20 Cm x 20 Cm, kalau ini tergantung selera masing – masing... eheheh.

Untuk mempercepat tumbuh buah yaitu pemangkasan pada ranting dan dari pangkasan itu akan keluar bunga.


Pemangkasan hanya dilakukan pada cabang tersier dengan mata tunas menonjol. Pemangkasan ini dilakukan pada ruas keempat atau kelima dari pangkal cabang.



Tanaman anggur mamang tuh yang sebelah kiri di atas kandang burung
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar