Skip to main content

Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar

Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar

Sampurasun..... Rampes..... Mungkin sahabat – sahabit sudah tahu kan pohon palem, itu tuh yang pohonnya mirip pohon kelapa atau pinang, kalau yang masih bingung juga boleh deh sayah kasih potonya deng... deng..

Nah kalau dah jelas, kali ini Blog Mang Yono mau nulis tentang Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar, ini sesuai pengalaman mamang dan sudah dua kali di praktekan. 


Pertama 6 tahun yang lalu dan sekarang pohonnya dah tinggi, sudah berbuah lagi, tetangga mamang juga minta dan sekarang sudah tinggi dan berbuah juga.

Kedua mamang lakukan penyemaian 5 bulan yang lalu bijinya di peroleh dari pohon palem punya sayah yang berbuah dan sekarang sudah dipindah ke tanah langsung, palemnya mamang tanam di perbatasan tanah.
Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar
Palem mamang yang ditanam sudah berumur 6 Tahun
 
Pembibitan waktu 6 tahun yang lalu, biji palemnya mamang ambil di taman komplek perumahan tempat mamang bekerja, panjat aja tuh pohonnya atau ngambilin yang berjatuhan

Tapi yang manjat bukan sayah ding, tapi tukang kebersihan komplek perumahan, tapi biasanya  kalau biji palem yang sudah mateng, pasti pada berjatuhan dan berserakan di bawah pohon.
 
Buah Palem - Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar
Palem mamang sudah berbuah
Mungkin bisa saja caranya berbeda dengan pakar palem atau master bibit palem, tapi dengan cara ini palem semaian sayah bertunas dalam 3 minggu, tapi mungkin juga kurang dari 3 minggu, soalnya sayah kan taunya pas hari minggu ke tiga baru ngelihat palem bertunas, maklum sayah merantau ke Jakarta.

Mulai nyemai biji hari minggu langsung atasnya ditutup pakai pelastik biar air di media semai tidak menguap, terus minggu pertama dan kedua belum keluar tunas dan baru kelihatan minggu ke tiga. 

Ya sudah kurang dikit tidak apa lah yang penting 3 minggu sudah keluar tunas, padahal orang lain nyemai palem dari biji memakan waktu sebulan lebih... berarti keren kan sayah hehehe.

(!). Pertama ambil biji yang matang di pohon ( yang matang berwarna merah atau kuning kemerahan) terus tuh biji palem kupas serabut / kulit lunaknya, terus kalau sudah selesai biji palem tersebut direndam selama 2 hari lebih dikit juga boleh misalnya 3 hari .... hehehe.

(!!). Semai biji palem di wadah persemaian / pot semai dengan media tanah di campur pupuk kandang dan arang sekam padi, untuk cara membuat arang sekam padi boleh baca pada artikel caranya membuat arang sekam padi, media ini dengan perbandingan 1 tanah : 1pupuk kandang : 1arang sekam padi.

(!!!).  siram tiap hari sekali ini bagi yang ada dirumah terus, tapi mamang kan kuli pulangnya juga seminggu sekali boleh dengan cara mamang nih, siram semaian biji di wadah / pot semai sampai basah terus atasnya tutup dengan pelastik biar air tidak menguap selama 2 minggu tidak perlu disiram, nah kalau dalam 2 minggu akar sudah tumbuh.

(!V) minggu ke 3 tunas sudah tumbuh dan boleh dipindah ke pot atau ke polibag dengan 1 pot/  polibag 1 pohon bibit  tunas palem dengan media tanah, pupuk kandang, arang sekam padi dan pasir dengan perbandingan 1:1:1:1  dan lakukan penyiraman seminggu 2 kali.

( V) Setelah tinggi batang palem  30 cm bibit siap boleh dipindah ke tanah langsung, kalau mamang pohon palem ini di pakai untuk perbatasan tanah atau untuk hiasan depan rumah juga bagus tuh.
 
Bibit Palem - Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar
Bibit palem siap dipindahkan ke tanah langsung

Selamat mencoba.... mohon ma’af mamang tidak menerima pesanan bibit palem, maklum ini baru coba – coba dan belum ada niat untuk mengembangkan cara ini, 

Tapi tetangga ada juga yang beli ke mamang ding, tapi mohon maaf lagi sampai tulisan ini terbit, bibit yang tersedia di mamang sudah habis ... hehehe.

Bibit palem banyak yang nyari dan banyak yang suka, jadi kepada sahabat – sahabit yang telaten dan mempunyai banyak waktu , coba deh usaha bibit ini di kembangkan... 

Mudah – mudahan Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar berhasil ya .....



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar