logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman Bunga Bakung ( lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya

Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya

Ketemu lagi dengan Blog Mang Yono, bagai mana kabarnya sahabat – sahabit Bloger ?.  Syukur Alhamdulillah  kalau pada sehat.

Masih tentang tanaman, kali ini saya mau nulis tentang Tanaman Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya, tanaman ini saya temukan di pinggiran sungai dekat rumah nenek saya, mungkin hanyut dan terdampar.... kasihan terlantar kalau tidak ditanam, meskipun sayah tadinya tidak tau nama dan asal usul tanaman ini, sayah tanya juga ke tanaman ini gak jawab, dan membisu sejuta kata ... hahah semprul


Tanaman seperti gambar di samping adalah tanaman Bakung dan ini merupakan keluarga dari genus Lilium, yang mempunyai nama Inggris Lily.



Tanaman Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya

Tanaman Bunga Bakung ini bisa tinggal di pegunung, di rawa, tapi sekarang tanaman ini hidup di halaman depan Rumah Mang Yono bahkan ada juga yang hidup di perkotaan, hotel – hotel mewah dan perkantoran gedung bertingkat... hebat ya tanaman ini hehehe.

Tanaman Bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh. Kebanyakan bakung membentuk umbi bawah tanah

Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya1
Bunga Bakung Mang Yono

Bunga bakung yang besar memiliki tiga daun bunga, wangi. 

Bunga lily berbentuk corong dan biasanya berwarna putih, tapi dengan adanya perkembangan teknologi maka sudah banyak dilakukan mutasi gen, sehingga bunga lily bisa menampilkan warna yang lebih beragam. Karena keindahannya, bunga lili Lilium formosanum seringkali ditanam sebagai tanaman hias atau bunga potong..

Lili adalah tumbuhan yang aslinya berasal dari Tiongkok atau Jepang. Bunga lili memiliki khasiat obat.. katanya. 

Tanaman Bakung bisa di jadikan sebagai obat batuk, bengkak dan bisul, amandel, radang saluran nafas, radang paru-paru, asma, sakit lambung, diare kronis, sakit perut setelah melahirkan, jerawat.

Untuk cara meraciknya silahkan cari di Mbah Google, mamang cuma nulis tentang Tanaman Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya... heheheh



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

52 komentar

di daerah saya banyak tanaman ini mang, bahkan sangking banyaknya, sampai di buat nama desa

Balas

Wah Pertama..................................x

Balas

aduh skalau didesa saya jarang banget ini tanaman

Balas

banyak ya mas, kalau begitu kirim kesayah aja mas ehheeh....

Silahkan pertamaxnya.... Anda beruntung dan dapat hadiah 1 buah payung... eheheh

Balas

Ini juga dapet mungut mas, adayang terdampar hanyut terbawa arus sungai heheh

Balas

wah iya ya mang, banyak khasiatnya. kapan saya bisa mencobanya?

Balas

Wah Mang Yono bisa aja yah, tanaman di sekitar Rumah nya Bisa jadi
Bahan untuk berbagi salaut saya Mang, sangat bermanfaat infonya
Bagaiman cara pengolahanya Mang agar Bakung tersebut bisa bermanfaat?

Balas

Di Daerah saya banyak sekali tanaman bunga Bakung/Lily
Cuma gak pada tau tuh Kegunaanya, dan Manfaat bunga ini

Balas

Kalau nggak salah di sini juga ada :D

Balas

kapan - kapan aja mas, caranya lihat di Mbah Google hehe

Balas

iya kang ini gak sengaja bibitnya saya temukan di pinggir sungai, tergeletak lemas, saya coba tanam saja, kalau untuk cara meraciknya saya belum pernah kang, coba aja tengok ke Google hehehe

Balas

Iya mas, tanaman ini banyak jenisnya juga, tapi ditempat saya jarang mas

Balas

Oooo....itu ya rupanya yang namanya bunga bakung, Mang? jadi tahu sekarang...thanks ya, Mang, nice shared! Juga baru tahu kalau punya khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.....

Balas

genus Lilium apa sama dengan sejenis tanaman lidah buaya yahh ??

Balas

oh bunga lili itu nama lainnya bunga bakung yah mang, saya sering lihat sih bunga lili putih, tapi kalau yang kuning-kuning di tengahnya itu kena tangan susah ngilanginnya yah mang...

Balas

wah mas Karysta mulai tertarik nih sama bunga bakung hehe...

Balas

Tanaman ini kalau disearch dari google manfaat kesehatannya pasti ada karena setiap tanaman yang tumbuh selalu mempunyai manfaat masing-masing.

Balas

wah ternyata tanaman bakung juga banyak manfaatnya yah mang, saya malah baru tau.. cara meraciknya gimana nih mang direbus ato di goreng :D hehehe

Balas

saya sering liat tanaman ini mang tapi ga tau kalo ternyata bisa di jadikan sebagai obat batuk, bengkak dan bisul, amandel, radang saluran nafas, radang paru-paru, asma, sakit lambung, diare kronis, sakit perut setelah melahirkan, jerawat.

Balas

sudah lama tak jumpa tanaman bakung mang, blogging terus jadi jarang main keluar hehe

Balas

ada berapa jenis lily mang????
padahal yang tau tentang bunga lily adalah termasuk bunga yg mahal

Balas

di depan rumah saya ada mang... tapi baru tau kalo bakung ternyata punya banyak khasiat, hehe....

Balas

begitu berkasiatnya bunga lili untuk pengobatan penyakit, sayangnya belom ada diantara kita yang berminat untuk budidaya agar bisa jadi pengusaha obat herbal dari bunga lili ini ya mang....kita berdua bikin yu ah

Balas

nah tuh kan kang karris sekarang tau....mau gimana coba kalau udah gituh?

Balas

saya baru tau nih bunga Mang. tak amat-amatin dulu mang bunganya..hehe

Balas

Di SD saya dulu banyak tumbuh dengan liar. Jika baunya di hirup jadi pusing mang

Suer dah

Balas

iya kang bunga ini mempunyai banyak jenisnya. tapi saya cuma punya satu jenis bunga bakung heheeh

Balas

saya pernah melihat tanaman bunga ini.. dulu pernah saya tanam di depan rumah..

Balas

Di Jakarta agak sulit Mang, menemukan tanaman ibunga bakung lily ini. Apalagi kalau di lihat tanaman bakung lily ini memiliki fungsi hasiat yang banyak untuk kesehatan dan pengobatan ya Mang. Terimakasih atas sharingnya Mang.

Salam,

Balas

Ini bunga bakung? Saya taunya cuma bakung (daun bawang) hehe

Balas

lain sob... ini sejenis berdaun pandan, tapi jenis bunga bakung ini banyak jenisnya

Balas

iya mas sehat... ini Bunga di sukain bahkan bunganya sering dipakai bunga potong.... tapi pakai sabun dan pasir cepet hilangnya mas...

Balas

betul sob, tapi maksud sayah cara meraciknya kalau ingin jelas cari di gooogle, kalau sayah yang nulis disini saya belum pernah meracik untuk obat herbal... nanti dikira menyebarkan kebohongan.... betul tidak?

Balas

betul mas, mungkin terobosan baru di goreng mas kalau direbus kan sudah biasa, kalau biar awet ya dikasih di garam terus di jemur heheheh

Balas

iya sob banyak manfaatnya, tapi sayang sayah belum pernah mencobanya, bahkan bisa dijadikan obat juga baru tau, tadinya cuma kasihan saja terlantar di bantaran sungai dengan lemah lunglai hehehehe

Balas

wah hebat kang di dalam rumah terus ya, kalau sayh keluyuran terus tapi sambil bloging kan di Jakarta sinyal modem menjangkau ke tiap pelosok hehehe

Balas

sayah cari di mbah google lebih dari 90 jenis bunga lily...

iya jenx bunga ini bagus di jadikan bunga potong dan di simpan di jambangan...

Balas

wah ternyata teh Hana punya juga ya, warna bungannya bagai mana teh?

sayah juga baru tahu, kemarin - kemarin belum tahu masih tempe.... hehehe

Balas

iya kang, banyak kasiatnya, kalau jadi pengusaha obat herbal sayah belum ada waktu kang, waktunya masih buat blog - blogan hehehehe

Balas

silahkan bli... biar jelas potonya di cetak dulu ke tukang photo hehehe

Balas

wah banyak ya kang, di hirupnya jangan lama - lama, wah bahaya nih nanti malah di pakai buat ngelem heheheh

Balas

ternyata sudah punya ya Mizz, warna apa bungannya ?

Balas

Tapi di Jakarta Barat banyak Mas, tuh di Taman - taman Gedung perkantoran di dekat Gedung Indosiar juga ada hehehehe

Balas

hehhehe bakung bawang... bawang daun ya ... bakung ini gak enak buat bumbu masakan, tapi gak tau juga, siapa tau bisa hehehehe

Balas

klo nemuin bunga bank atau bunga desa jangan lupa kasih tau saya ya, mang.

Balas

pak yono tidak bertanggung jawab deh.... ayo dilanjutkan lagi postingannya mengenai cara meracik tanaman lily utk dijadiin obat

#provokator muncul

Balas

wah jangan-jangan mang ubi mau bikin usaha ekspor bunga bakung nih

Balas

Mas Budy... nanti deh kalau sayah sudah mencobanya, kalau belum mencoba, pas ada yang nanya kan bingung jawabnya... eheheh

Balas

kalau itu gak usah diracik ya mas hehehe

Balas

katanya mau buka usaha sampingan kang...

Balas

kalau bunga bakung ini saya sering melihatnya di tetangga ada yang punya. Ternyata banyak sekali ya master manfaatnya. Luar biasa master ^^

Balas

kalau bunga bakung yang ini saya juga punya.
nih daunnya bisa buat obat terkilir, biasanya di panggang dulu baru di balutin ke bagian yg terkilir.
bunganya warna putih, n yang warna pink juga banyak disini.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger