logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memperbanyak, menanam dan merawat bunga melati Belanda.

Cara memperbanyak, menanam dan merawat bunga melati Belanda.

Sampurasun... Rampess, #Bunga, Kalau sobat - sobat sedang berjalan-jalan pagi sambil cuci mata di perumahan pasti anda melihat berbagai jenis tanaman berbunga cantik merambat di pagar-pagar rumah atau pun di buat rangka kanopy buat rambatan tanaman bunga. 

Pasti sobat pernah melihat  pohon bunga yang merambat seperti di gambar di bawah, ini adalah tanaman Bunga Melati Belanda di Rumah Mang Yono, tapi mungkin sobat tidak tahu namanya atau pura – pura gak tahu atau pun lupa dengan nama bunga ini, ini adalah Bunga Melati Belanda, nah sekarang akan saya terangkan sedikit tentang Cara memperbanyak, menanam dan merawat bunga melati Belanda bisa dibaca sampai tuntas.

Cara memperbanyak, menanam da merawat bunga melati Belanda.
Bunga melati Belanda Mang Yono di depan pintu dapur
Tanaman bunga ini bagus untuk dirambatkan dipagar rumah, bunga ini mempunyai nama Melati Belanda ( Quisqualis indica). Tanaman ini juga sering disebut dengan nama Chinese Honeysuckle. Pohon bunga serta bunganya sangat menarik terutama pada saat berbunga karena kombinasi warna bunganya dalam setangkai  terdiri dari campuran warna merah,  pink, putih dan hijau. Campuran warna dalam setangkai ini terjadi karena, dalam tangkai yang sama terdapat banyak sekali kuntum bunga  yang mulai mekar bertahap yuk ikut menjaga bumi kita dengan menanam bunga melati belanda untuk menekan Global Warming atau pemanasan global.

Kuncup bunganya berwarna hijau segar, begitu mekar lalu keluar bunga yang berwarna merah, untuk berikutnya memudar berwarna pink lalu putih.


Kalau kita melintas di dekatnya, bukan saja kita melihat pemandangan yang cantik romantis, namun dari bunga yang berbentuk tabung mekar ini juga tercium wangi yang lembut dari sore sampai malam hari.  Sangat cocok dimanfaatkan  untuk mengundang kupu-kupu agar datang ke halaman rumah kita.


Cara merawat bunga melati Belanda.
Rambatan Bunga Melati Belanda di  Rumah Mang Yono
Yang jelas tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk mengoptimalkan keberhasilannya dalam memamerkan keindahan bunganya.  

Dan tentunya karena batangnya yang lemah dan tidak bisa berdiri sendiri, sebaiknya memang bunga Melati Belanda ini ditanam  dekat pagar atau dibantu tiang penyangga agar memiliki tempat bersandar.


Tanaman / pohon Melati belanda dapat diperbanyak dengan anakan, pohon ini tidak bisa tumbuh dengan stek atau cangkok, kalau tanaman Bunga Melati Belanda sudah besar atau sering berbunga, maka disekitan pohon melati belanda tumbuh anakan – anakan pohon Melati Belanda. awalnya saya dapatkan anakan pohon bunga melati belanda dari Bu RW tempat saya bekerja di Jakarta


Cara Tanam dan Rawat Bunga Melati Belanda:
Bunga Melati Belanda yang harum mewangi


Cara menanam Bunga Melati Belanda. Ambil bibit atau anakan pohon melati Belanda dari Induknya, di tukang bunga taman pasti ada lah, pohon melati belanda bisa di tanam di Pot atau ditanah langsung, tanaman Bunga Melatri usahakan selalu terkena sinar matahari  karena tanaman ini sangat baik jika terkena sinar matahari.




Cara merawat Bunga Melati Belanda : 

- Setelah selesai berbunga selalu pangkas agar pucuk muda tumbuh lagi dan berbunga lagi begitu seterusnya.


- Pupuk dengan menggunakan pupuk organik / pupuk NPK.

- Siapkan rambatan yg bagus dan kuat/kokoh untuk menopang Bunga Melati Belanda bunga mekar memenuhi tangkainya.


Yuk kita melakukan penghijauan di Rumahku Istanaku Rumahmu Istanamu

Untuk yang lebih lengkapnya silahkan sobat cari di Mbah Google dengan kata kunci 
" Bunga Melati Belanda"







Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

50 komentar

Bunga Melati Belanda... wahhh seumur hidup saya baru dengar nama ini...

Balas

gimana mau memperbanyak, wong bibitnya ge' ngga punya...bagi ih..

Balas

Yang saya tau Mang Yono Melati biasa saja yang ada di halaman
Depan Rumah saya yang bunga putih, lha ini ada yah Melati
Belanda ? baru denger namanya. menarik pengetahuan baru
Buat saya nih Mang Hatur nuhun deh Mang Yono :)

Balas

Pakai bibit Ubi kaya nya Bagus Gak yah Kang Cilembu..? hhhh

Balas

Ini kaya nya Mang Yono ketiduaran nih soale gak Muncul-muncul
Tuh Kang Cilembu pengen di Bibitan katanya Mang hhhhh

Balas

Bunga melati dengan cara membperbanak dan menanam seperti ini lebih ringan ya Mang, apalagi bila hal ini di lakukan dengan suka cita, aromanya akan menghiasi ruang lingkup sekeliling rumah menjadi wangi.

Salam,

Balas

Saya baru tahu mang ada bunga belati belanda segala, makasih tipsnya mang, kali aja saya nanti nemu bibitnya

Balas

Bukan nya ikut2an yah, tapi beneran baru kali ini liat melati tidak berwarna putih.. Cantik kali pulak tuh, hem saya suka saya sukaaa :)

Balas

ada juga yang seperti ini to....setau saya melati itu putih saja...dari namanya melati belanda malah baru dengar..

Balas

pakai bibit lele aja kang, nanti jadinya bagus lhooo

Balas

saya salut dengan keterbatasan waktu mang yono, masih sempat aja menanam bunga, menanam padi, memelihara ikan , bikin taman, keren sekali mang.
untuk melati belanda apakah wanginya sewangi melati pribumi mang ?
pasti harumnya seperti noni belanda ya? kayak asmirandah gituuuh....
wangi dan cantik alami

Balas

bunga yang tidak umum ini sepertinya

Balas

owalah yang kayak gitu tu namanya melati belada to Mang...baru tahu saya

Balas

iya bang itu wanginya seperti bunga melati, boleh di tanya ke mbah Google hehehe

Balas

nah bisa barter bibit Bunga Melati Belanda sama bibit ubi cilembu, tambah lele juga gak apa...

Balas

iya kang melati Belanda bagus tuh buat pohon peneduh canopy hidup, selain buat peneduh bungannya wangi sepanjang hari....

Balas

hehehe persiapan berangkat kejakarta kang, ini postingan dah diatur muncul sendiri, padahal sayahnya tidur hehehe

Balas

betul sekali mas, selain untuk tanaman atau bunga peneduh di depan rumah bunga ini wangi seperti bunga melati... melati harum dan mewangi

Balas

saya juga pas 3 tahun yang lalu bawa bibit ini gak tahu namanya mas, eh setelah saya tanam dan tumbuh serta berbunga, tetangga pada bilang bunga ini namanya Melati Belanda, dan saya gogling ke Mbah Google, eh ternyata betul juga namanya Melati belanda... tanaman ini susah tumbuhnya mas, dan apabila bila batangnya ketekuk sedikit batangnya langsung layu dan mati, tapi kalau yang biasa sih bisa juga ding

Balas

betul ini warnanya beraneka ragam yang masih kuncup bunganya berwarna hijau, sudah mekar warnanya pink, kalau mulai layu warnanya putih, yang menarik lagi bunganya banyak dalam satu tanggkainya. wangi lagi.... nanti saya kirim hehehe

Balas

iya umumnya bunga melati warnanya putih, ini namanya ada belandanya loh jenx, tapi bungannya lebih bagusan ini bila dibandingkan dengan melati biasa, bungannya banyak.

Balas

ini sambilan saja mas, kalau gak punya uang dan kesibukan lain sayah jarang jalan - jalan keluar ya ngurusin ginian aja, lumayan buat wisata keluarga saya sendiri heheheh.

wanginya sama dengan melati pribumi mas, cuma ini bungannya lebih banyak jadi wanginya angin- anginan.. sampai ke tetangga sebelah eheheh... nah mirp mungkin sama noni belanda wangi dan cantik menggelitik, sampai tak berkutik... tik... tik... hehehe

Balas

umum mas, dan banyak ditemui di perumahan - perumahan

Balas

bagus kan bungannya mbak KK... wangi lagi eheheh

Balas

emang umurnya kang ancis berapa gituh?

Balas

kang El : ngapain nungguin nemu...minta langsung azh atuh kang.

Balas

emangnya toilet umum...;o)

Balas

ternyata harus bener-bener dirawat ya master apabila kita menanam bunga melati. Kebetulan saya belum punya master bunga melati di rumah saya. Kapan-kapan akan syaa coba untuk mempraktekkan tips ini master :)

Balas

yang jelas lebih tua dari bunga melati belanda di tempat mang Yono kang Ci

Balas

banyakan mana bunganya melati belanda sama bunga tabungannya mang Yono ?

Balas

Wanginan mana ya, melati belanda sama puput melati ?

Balas

di belanda ada bunga melati juga ya....bagus ya bunganya. warnanya unik :)

Balas

pantesan mamang sering pulang ke subang

Balas

ternyata ada juga jenis melati belanda ya mang, tapi saya suka baunya melati Indonesia yg biasanya itu, hehehe :)
makasih infonya ^^

Balas

iya mbak master, apalagi ini melati belanda yang rewel pohonnya gak boleh ketekuk langsung mati, kalau melati biasa sih gampang, silahkan dicoba master

Balas

kayaknya wangian puput melati mas, boleh dicoba deh dengan noni belanda heheh

Balas

ini bunga melati punya noni Belanda kang, dulu mungkin pas main ke sini bungannya ketinggalan heheheeh

Balas

ada noni Belanda mas... ups, melati belanda hehe

Balas

iya mbak, ini bagus buat peneduh depan rumah dan juga wanginya hampir sama dan bunganya banyak... tapi sayangnya melati ini gak bisa dibuat campuran teh.

Balas

Yg minta bibit bunga melati belanda dari bu RW itu saia, mang.... hehehe

Balas

sekarang bunga melati belandanya idup ndak ya bu Joko ?. hehhe, nanti ambil saja disini hehehe

Balas

terima kasih info perawatannya pak, saya juga baru nanem bunga ini, gara2 info dari ibu mertua.. hehehe jadi ketularan hobi ibu mertua..semoga pohonnya bisa awet dan sehat seperti yang di foto rumah bapak.. hehehe

Balas

o iya pak, kalo daun melati belanda kena penyakit seperti karat daun itu, penangananny bagaimana ya?

Balas

Maaf saya cuma mau mebagi pegetahuan saya saja kepada teman teman klu pohon melati belanda bisa diperbanyak dengan stek dan cangkok dan saya sudah mencobanya selama 7 thn


Balas

Maaf mau nanya kl mau nyari bibit melati belanda dimana ya? Dan harganya sekitar berpapasan??terima kasih.,

Balas

Aku kemarin pasty (pusat satwa dan tanaman huas), dapet melati merah, tapi pejualnya bilang namanya melati tailand, alhamdulillah yg penting skr sdh ada bunga cantik ini di pondokanku, oh ya harganya kemarin 200 ribu tapi sdh berbunga banyak dan ada rambatannya alias sdh tinggi...

Balas

kalo melihat bunga ini, jadi teringat masa kecil di kampung saya dulu, tumbuh di antara semak, bunga nya banyak banget, kita petik buat mainan, dan hingga detik ini saya belum pernah liat lagi, rindu bangettt akan masa masa itu

Balas

Mang.. anakannya ciri2nya kayak gimana?

Balas

Mang Yono, punten mo nanya berapa lama antara anakan sampai berbunga

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger