Cara merawat dan memperbanyak tanaman pohon Dollar

Cara merawat dan memperbanyak tanaman pohon Dollar

Sampurasun ... Rampes...  #Bunga, Pasti diantara sobat – sobat  ada yang sudah pernah melihat tanaman ini. Tanaman ini sudah mulai dikenal dan popular sejak beberapa tahun lalu. 

Daun-daun tumbuh sejajar dengan warna hijau berkilat membuat tanaman ini indah dan dapat menjadi salah satu pilihan tanaman di dalam rumah atau didalam ruangan.


Selain bisa tumbuh di dalam ruangan, tanaman ini bisa tumbuh juga di luar ruangan. Tanaman ini dikenal dengan nama Pohon Dollar. Cara merawat danmemperbanyak tanaman Pohon Dollar  ini agar tetap cantik dan menarik?.

Nama latin tanaman yang dikenal dengan tanaman Pohon Dollar kalau gak salah adalah Zamioculcas zamifolia. Berasal dari benua Afrika.  

Cara merawat dan memperbanyak tanaman Pohon Dollar
Pohon Dollar

Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air apabila kelebihan air dengan terus menerus akan mengalami pembusukan akar seperti Tanaman bunga Adenium..


Yang menarik dari Pohon Dollar ini adalah daunnya yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu daun tumbuh sejajar disepanjang batangnya dari bawah sampai ke atas pangkal dengan jarak yang agak jauh dari satu daun ke daun lainnya.

Ini salah satu alasan mengapa disebut dengan pohon dollar.

Daun berbentuk simetris, tebal karena mengandung banyak air, daun berwarna hijau tua mengkilap. Jumlah daun yang tumbuh tidak banyak. 

Daya tarik lain adalah pangkal batang yang dapat membesar sehingga membentuk bonggol yang unik.

Tanaman Dollar ini dapat tumbuh dan hidup di tempat yang minim sinar matahari. Untuk menghiasi ruangan, Anda bisa menempatkan tanaman ini dalam ruangan selama 2-4 hari. Setelah berada di dalam ruangan selama periode tersebut, siram dengan sedikit air dan biarkan terkena matahari selama 3 jam. Selanjutnya tanaman bisa diletakkan di dalam ruangan kembali... Gampang kan?.


Biasanya saya supaya daun terlihat menarik,  daunnya dengan menggunakan susu yang telah dibasahi pada tisu. Susu dapat membuat daun terlihat lebih mengkilap dan kinclong.


Kalau sobat berminat untuk menanamnya bisa menggunakan media tanam  Arang sekam padi ditambah tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Pilihan lain adalah menggunakan  atau juga bisa menggunakan media daun pakis sebagai media tanamnya.

Tanaman Pohon Dollar ini di dapat istri saya dari teman arisanya 5 tahun yang lalu dengan 1 pohon, lalu saya semai dengan menggunakan 3 cara, pertama Mang Yono  memotong Batang Pohon dollar menjadi tiga potong dengan panjang kira – kira 10 cm, terus daun – daunya juga di semai juga, soalnya sayah pernah denger katanya pohon dolar ini bisa di perbanyak dengan stek daun, stek batang dan dengan anakan, kalau sobat penasaran, ini mamang tulis cara memperbanyak pohon Dollar dengan 3 cara, dan ternyata berhasil tumbuh.

 (!). Dengan stek daun. Yaitu caranya daun ditanamkan sebagian ke dalam media tanam dengan posisi berdiri. Tunggu 1- 3 bulan, daun tersebut akan membentuk bonggol dan siap untuk dipindahkan dari persemaian ke pot tunggal.

(!!). Dengan stek batang. Potong batang bagian bawah  tanaman sepanjang 10 cm. Batang akan keluar akar dari pangkal bawah dan ditumbuhi daun-daun pada pangkal atasnya. 

(!!!). Dengan anakan/tunas. Nah cara ini lebih praktis dan lebih cepat tumbuh jika indukan sudah keluar anakan, tanaman dapat dibongkar dan pisahkan anakannya pada tempat lainnya.

Nah, mudah kan Cara merawat dan memperbanyak tanaman Pohon Dollar mudah – mudahan cara ini bisa untuk menambah keindahan taman, maupun penghias ruangan sobat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar