Cara memperbanyak, menanam dan merawat bunga melati Belanda.

Cara memperbanyak, menanam dan merawat bunga melati Belanda.

Sampurasun... Rampess, #Bunga, Kalau sobat - sobat sedang berjalan-jalan pagi sambil cuci mata di perumahan pasti anda melihat berbagai jenis tanaman berbunga cantik merambat di pagar-pagar rumah atau pun di buat rangka kanopy buat rambatan tanaman bunga. 

Pasti sobat pernah melihat  pohon bunga yang merambat seperti di gambar di bawah, ini adalah tanaman Bunga Melati Belanda di Rumah Mang Yono, tapi mungkin sobat tidak tahu namanya atau pura – pura gak tahu atau pun lupa dengan nama bunga ini, ini adalah Bunga Melati Belanda, nah sekarang akan saya terangkan sedikit tentang Cara memperbanyak, menanam dan merawat bunga melati Belanda bisa dibaca sampai tuntas.

Cara memperbanyak, menanam da merawat bunga melati Belanda.
Bunga melati Belanda Mang Yono di depan pintu dapur
Tanaman bunga ini bagus untuk dirambatkan dipagar rumah, bunga ini mempunyai nama Melati Belanda ( Quisqualis indica). Tanaman ini juga sering disebut dengan nama Chinese Honeysuckle. Pohon bunga serta bunganya sangat menarik terutama pada saat berbunga karena kombinasi warna bunganya dalam setangkai  terdiri dari campuran warna merah,  pink, putih dan hijau. Campuran warna dalam setangkai ini terjadi karena, dalam tangkai yang sama terdapat banyak sekali kuntum bunga  yang mulai mekar bertahap yuk ikut menjaga bumi kita dengan menanam bunga melati belanda untuk menekan Global Warming atau pemanasan global.

Kuncup bunganya berwarna hijau segar, begitu mekar lalu keluar bunga yang berwarna merah, untuk berikutnya memudar berwarna pink lalu putih.


Kalau kita melintas di dekatnya, bukan saja kita melihat pemandangan yang cantik romantis, namun dari bunga yang berbentuk tabung mekar ini juga tercium wangi yang lembut dari sore sampai malam hari.  Sangat cocok dimanfaatkan  untuk mengundang kupu-kupu agar datang ke halaman rumah kita.


Cara merawat bunga melati Belanda.
Rambatan Bunga Melati Belanda di  Rumah Mang Yono
Yang jelas tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk mengoptimalkan keberhasilannya dalam memamerkan keindahan bunganya.  

Dan tentunya karena batangnya yang lemah dan tidak bisa berdiri sendiri, sebaiknya memang bunga Melati Belanda ini ditanam  dekat pagar atau dibantu tiang penyangga agar memiliki tempat bersandar.


Tanaman / pohon Melati belanda dapat diperbanyak dengan anakan, pohon ini tidak bisa tumbuh dengan stek atau cangkok, kalau tanaman Bunga Melati Belanda sudah besar atau sering berbunga, maka disekitan pohon melati belanda tumbuh anakan – anakan pohon Melati Belanda. awalnya saya dapatkan anakan pohon bunga melati belanda dari Bu RW tempat saya bekerja di Jakarta


Cara Tanam dan Rawat Bunga Melati Belanda:
Bunga Melati Belanda yang harum mewangi


Cara menanam Bunga Melati Belanda. Ambil bibit atau anakan pohon melati Belanda dari Induknya, di tukang bunga taman pasti ada lah, pohon melati belanda bisa di tanam di Pot atau ditanah langsung, tanaman Bunga Melatri usahakan selalu terkena sinar matahari  karena tanaman ini sangat baik jika terkena sinar matahari.




Cara merawat Bunga Melati Belanda : 

- Setelah selesai berbunga selalu pangkas agar pucuk muda tumbuh lagi dan berbunga lagi begitu seterusnya.


- Pupuk dengan menggunakan pupuk organik / pupuk NPK.

- Siapkan rambatan yg bagus dan kuat/kokoh untuk menopang Bunga Melati Belanda bunga mekar memenuhi tangkainya.


Yuk kita melakukan penghijauan di Rumahku Istanaku Rumahmu Istanamu

Untuk yang lebih lengkapnya silahkan sobat cari di Mbah Google dengan kata kunci 
" Bunga Melati Belanda"






Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar