Skip to main content

Cara menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya

Sampurasun... Rampes ... Blog Mang Yono kali ini mau berbagi tentang Cara menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya. Sobat suka makan daun pepaya?. Entah itu direbus, ditumis atau dioseng – oseng tergantung selera, enak kan rasanya. 

Tapi daun pepaya rasanya pahit karena mempunyai getah yang cukup banyak. Kalau tidak terbiasa pasti rasa ini dapat menurunkan untuk mengkonsumsi olahan daun pepaya ini, nah untuk menurunkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya, sebenarnya ada beberapa cara yang sangat sederhana, berikut penuturan ibu – ibu yang suka membuatkan olahan daun pepaya untuk keluargannya:
Cara menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya
Pohon pepaya di belakang rumah Mang Yono

(!). Dengan taneuh angir ( tanah liat)
Tanah ini di daerah saya disebut tanah angir, karena jaman dahulu tanah ini suka di pakai buat mencuci rambut atau sampoan. Nah untuk menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya caranya dengan merebus daun pepaya atau bunga pepaya dengan mencampur tanah liat. Setelah empuk, cuci rebusan daun pepaya tersebut sampai tidak tersisa tanah liatnya.

Daun atau bunga pepaya  di belakang rumah Mang Yono
(!!). Dengan daun jambu biji, daun jambu mete, daun singkong
Caranya pilih salah satu daun pencampurnya, silahkan mau pilih yang mana daun jambu biji, daun jambu mete atau daun singkong, Rebus sampai mendidih dan angkat pisahkan dengan daun pencampur lalu cuci bersih dengan air bersih.

(!!!). Dengan batu bata
Caranya hampir sama dengan bahan pencampur yang diatas, yaitu merebus dengan menambahkan potongan batu bata, ambil satu potong batu bata derus rebus bersama daun pepaya, tapi ingat jangan memakai semen dan pasir ya, nanti malah dikira mau bikin bangunan ... # Semprul eheheh.

Nah cara diatas cuma yang saya ketahui, mungkin cara – cara lain masih banyak.

Pohon pepaya  di belakang rumah Mang Yono

Tulisan Cara menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya ini diterbitkan karena kemarin istri saya masak oseng – oseng daun dan bunga pepaya, daun dan bunga pepayannya saya ambil dari belakang rumah saya, yaitu pepaya gandul, pepaya ini tidak berbuah cuma kembang doang, ya sudah saya ambil saja buat dimasak.

Lalapan daun pepaya mentah
Tapi saya sudah terbiasa dengan pahit ketirnya dunia, termasuk lalapan juga suka yang pahit, lebih menantang sepertinya kalau makan yang pahit - pahit, seperti lalapan dalam poto dokumen Mang Yono ini, lalapan daun pepaya, kemangi, daun jambu mete, tapi tidak termasuk daun pintu dan daun jendela ... # Semprul hehehe
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar