Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa )

Sampurasun... Rampes... Blog Mang Yono kali ini mau mencoba menulis masih tentang tanaman di sekitar rumah setelah sebelumnya menulis tentang khasiat dan manfaat dari daun suji, mungkin banyak yang tidak tahu, tentang tanaman ini, coba hayo tebak tanaman apa ini?  Inilah yang namanya pohon GINSENG JAWA (SOM JAWA). Tanaman ini saya tanam di belakang rumah saya sejak 8 tahun yang lalu dengan tumbuh subur padahal tidak ada perawatan khusus dan sekarang saya mau berbagi sedikit tentang Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa )

Tanaman ini sangat berbeda dengan pohon ginseng yang terkenal itu, tanaman yang satu ini memiliki banyak cabang tingginya sekitar 40 cm bahkan bisa lebih tinggi dikit... hehehe. Tanaman ini mudah tumbuh dan sangat mudah menanamnya.


Memperbanyak tanaman ini bisa dengan biji atau stek batang, saking mudah dan gampangnya distek dan di tancapkan di tanah tanaman ini bisa tumbuh dan subur, bahkan saya pernah membabatnya habis karena pohonnya sudah tinggi dan tua, dan ternyata tuh pada keluar tunas dan batang yang terpotong yang tergeletak ditanah juga bisa tumbuh subur.. 
Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa )
Ginseng Jawa di belakang rumah Mang Yono


Hanya beberapa bulan saja tanaman ini bisa memenuhi kebun kitakarena biji yang jatuh langsung pada tumbuh, tanaman ginseng saya ini banyak yang minta loh, biasa dari tetangga – tetangga yang mengetahui khasiat dari tanaman ginseng jawa ini.

Kalu musim kemarau tiba dan tanaman ginseng ini mati, jangan kuatir nanti di musim penghujan pasti pada tumbuh lagi, tapi sebaiknya jangan sampai mati deh tanaman ini, kan banyak khasiatnya... eheheh.


Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa
Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa ), seluruh dari bagian tanaman ini bisa diolah menjadi bahan makanan, untuk daun dan batang muda saya sering menggunakannya sebagai sayuran lodeh, untuk campuran Mie goreng atau Mie rebus, spagetthi atau sayur bening. Rasanya enak berselaput terasa kenyal.

Akarnya yang menebal  membentuk  umbi. Warna keabu-abuan, katanya bisa menambah stamina kaum lelaki seperti kebanyakan pohon ginseng lainnya, sedangkan daunnya bisa dipergunakan sebagai suplemen penambah air susu ibu (ASI). Tanaman ini mengandung vitamin A. Katanya sob... katannya

Ginseng Jawa atau Som Jawa merupakan salah satu jenis tanaman yang dikelompokkan kedalam kelompok ginseng yang diyakini bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar