Manfaat dan khasiat dari daun suji

Sampurasun ... Rampes... # Bunga dan Apotek hidup. Blog Mang Yono kali ini mau menulis tentang Manfaat dan khasiat dari daun suji, ini cuma belajar menulis saja, sambil menampilkan bunga atau tumbuhan di halaman rumah saya.

Coba tahukah sahabat – sahabit daun suji itu? beberapa orang tentu sudah tahu  dengan daun suji apalagi para ibu – ibu yang suka utak atik membuat kue karena kerap digunakan sebagai pewarna makanan dalam berbagai masakan. Itu dikarenakan daun suji mempunyai warna hijau yang pekat lebih dari daun Pandan wangi dan untuk mengetahui tentang pandan wangi silahkan baca Khasiat dan manfaat dari daun pandan wangi. Daun suji sangat efektif untuk dijadikan pewarna hijau pada makanan. Selain dari manfaat itu, daun suji ternyata menyimpan manfaat khusus  kesehatan tubuh manusia. Nah, daun suji ini sering disebut dengan nama panggilan pandan betawi, saya sih tidak tahu asal usulnya pohon ini disebut pandan betawi. 
Manfaat dan khasiat dari daun suji
Pohon Suji Taman Mang Yono

Pohon suji ini saya tanam  8 tahun yang lalu di halaman depan, pohon suji ini sudah setinggi 3 meter tapi saya potong biar tidak terlalu tinggi,dan tinggi yang saya pertahankan sekitar 1 meteran lebih dikit... hehehe. Dan ternyata pohon suji  ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh manusia,sesuai keterangan dari para tetangga yang sering minta daun suji ke saya, daun suji ini selain untuk pewarna makanan  atau kue ternyata memiliki khasiat yang lain yaitu:



(!). Daun Suji Sebagai Obat Disentri dan Beri-Beri


Cara Pembuatan obat tradisional tersebut adalah dengan cara mengambil daun suji yang masih segar secukupnya.

Cuci bersih dan tiriskan.

Didihkan air bersama dengan daun tersebut,

Setelah air mendidih dan menjadi setengah bagian,

saring dan dinginkan kemudian siap dinikmati.

Diminum dengan rutin satu gelas sehari.

(!!). Daun Suji Sebagai Obat Nyeri Haid 


Proses pengolahan daun suji ini sama seperti cara (!) diminum rutin satu gelas per hari.
Manfaat dan khasiat daun suji
Nah, itulah Manfaat dan khasiat dari daun suji  yang saya ketahui dari para orang tua atau tetangga. Obat tradisional memang tidak kalah dengan obat kimia dari kedokteran. Malah dengan mengkonsumsi obat tradisional akan meredam efek samping buruk yang ditimbulkan, 


Untuk cara menanamnya pun sangat gampang, tinggal potong pohon daun suji terus tancapkan di tanah atau halaman rumah dan tumbuh deh tentunya dengan disiram tiap hari. Atau bisa juga pohon suji setelah dipotong di letakan di ember atau media lain yang berisi air dan merendam bagian bawah pohon sekitar 10 cm sampai keluar akar dan setelah keluar akar bisa di tanam di tanah.

 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar