logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa )

Sampurasun... Rampes... Blog Mang Yono kali ini mau mencoba menulis masih tentang tanaman di sekitar rumah setelah sebelumnya menulis tentang khasiat dan manfaat dari daun suji, mungkin banyak yang tidak tahu, tentang tanaman ini, coba hayo tebak tanaman apa ini?  Inilah yang namanya pohon GINSENG JAWA (SOM JAWA). Tanaman ini saya tanam di belakang rumah saya sejak 8 tahun yang lalu dengan tumbuh subur padahal tidak ada perawatan khusus dan sekarang saya mau berbagi sedikit tentang Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa )

Tanaman ini sangat berbeda dengan pohon ginseng yang terkenal itu, tanaman yang satu ini memiliki banyak cabang tingginya sekitar 40 cm bahkan bisa lebih tinggi dikit... hehehe. Tanaman ini mudah tumbuh dan sangat mudah menanamnya.


Memperbanyak tanaman ini bisa dengan biji atau stek batang, saking mudah dan gampangnya distek dan di tancapkan di tanah tanaman ini bisa tumbuh dan subur, bahkan saya pernah membabatnya habis karena pohonnya sudah tinggi dan tua, dan ternyata tuh pada keluar tunas dan batang yang terpotong yang tergeletak ditanah juga bisa tumbuh subur.. 
Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa )
Ginseng Jawa di belakang rumah Mang Yono


Hanya beberapa bulan saja tanaman ini bisa memenuhi kebun kitakarena biji yang jatuh langsung pada tumbuh, tanaman ginseng saya ini banyak yang minta loh, biasa dari tetangga – tetangga yang mengetahui khasiat dari tanaman ginseng jawa ini.

Kalu musim kemarau tiba dan tanaman ginseng ini mati, jangan kuatir nanti di musim penghujan pasti pada tumbuh lagi, tapi sebaiknya jangan sampai mati deh tanaman ini, kan banyak khasiatnya... eheheh.


Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa
Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa ), seluruh dari bagian tanaman ini bisa diolah menjadi bahan makanan, untuk daun dan batang muda saya sering menggunakannya sebagai sayuran lodeh, untuk campuran Mie goreng atau Mie rebus, spagetthi atau sayur bening. Rasanya enak berselaput terasa kenyal.

Akarnya yang menebal  membentuk  umbi. Warna keabu-abuan, katanya bisa menambah stamina kaum lelaki seperti kebanyakan pohon ginseng lainnya, sedangkan daunnya bisa dipergunakan sebagai suplemen penambah air susu ibu (ASI). Tanaman ini mengandung vitamin A. Katanya sob... katannya

Ginseng Jawa atau Som Jawa merupakan salah satu jenis tanaman yang dikelompokkan kedalam kelompok ginseng yang diyakini bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

38 komentar

Selamat Malam Mang Yono. ternyata selain ndah
Di taman Bunga Ginseng Jawa ini banyak manfaat nya
Yah Mang Yono. terimakasih sudah berbagi :)

Balas

Saya baru tau Mang klo tanaman itu namanya gingseng jawa, padahal dulu saya pernah nanam di depan rumah :)

Balas

Assalamualaikum Mang ... ini saya dengan blog saya yang lain, hehehe ....
Wah ternyata ada juga ginseng jawa ya, saya baru tahu nih, banyak juga manfaatnya ya, kalo disini sih nggak ada mang

Balas

saya malah hari ini baru tahu ada pohon ginseng jawa :D

Balas

Kirain cm ada gingseng korea aja mang

Balas

Saya taunya cuma akar dari gingseng itupun lihat di gambar

Balas

Iya kang selain rasannya enak bila dicampur dengan mie rebus atau mie goreng banyak manfaatnya juga

Balas

pernah nanam ya mas, berarti pernah makan juga ya hehehe

Balas

iya mbak, ini ginseng jawa dan mudah menanamnya di lempar ketanah saja langsung tumbuh meskipun di babat sampai habis juga nantinya muncul lagi, wah di jawa gak ada ya... terus ini ginseng apa dong hehehe

asik nih makin banyak aja blognya mbak hehehe.. kalau saya satu saja keteteran eheheh

Balas

iya Jeng ini bisa di buat campuran makannan juga

Balas

kalau di korea kan yang dikonsumsi cuma umbinya ya, kalau ini sampai pohon dan daunnya bisa di masak hehehe

Balas

kalau saya sudah tau dari semenjak pengantin bar, mbak jenx eheheh, dan baru saya tanam 8 tahun yang lalu karena saya baru punya lahan dan rumah pada tahun itu hehehe

Balas

Nah, kalau yang ini mah ada di sekitaran rumah saya...banyak pula, tapi baru tahu tuh kalau bisa di jadikan sayur hehehe :D

selama ini orang2 hanya mengambilnya sebagai obat :)
belum tahu pastinya juga buat obat apa..

Balas

ini dia. tapi kenapa kita malah bangganya sama ginseng korea ya Mang...

Balas

ternyata ada juga yaa dijawa, kirain di korea doang :D

Balas

oalah ternyata tumbuhan itu namanya gingseng Jawa, di belakan kantor banyak padahal tidak ada yang pernah merasa menanam, selama ini tanaman trsb saya babat saya buang, nanti sekali-sekali saya coba untuk memanfaatkannya

Balas

saya juga mau ikutan minta ah, lumayan dapet bibit gratis tinggal nanam langsung :D

Balas

saya juga pengen minta kalo deket mah mang haha :D

Balas

hah..bisa meningkatkan gairah..
terompet mang yono kan lagi basah tuh kebanyakan di tiup kan?
kalau sudah basah mana bisa kencang mang ?

Balas

Wah enak banget ya mang, bisa tumbuh tanpa perawatan khusus, cocok untuk yang suka bepergian alias merantau...

Balas

rumah baru dengan isi yang baru dan banyak dicari orang karena manfaat dan khasiat yang dibutuhin banyak orang sakit...keren-lah

Balas

Iya mbak, terus tadinya buat apaan tanaman ginsengnya?

Balas

biar keren mungkin mas...

nah betul kata mas agus ginseng punya om pacul heheeh

Balas

tapi lain loh samaginseng korea hehehe

Balas

nanti jangan di babat cak.. mendingan di buat sayur aja biar greng hehehe

Balas

nanti saya kirim ya mbak hehehe

Balas

tinggal nyebrang doang kang hehehe

Balas

hahah kan biar suarannya kenceng mas hehehe

Balas

iya mas tinggal digeletakin langsung tumbuh hehehe

Balas

biar jreng kang hehehe... rumahnya masih berantakan

Balas

kalau tanaman Ginseng jawa ini Biasanya saya gunakan untuk campuran jus, karna rasanya yang cenderung plain (tidak berasa&berbau) jadi tidak mbuat jus terasa aneh. Saya campur dengan Yoghurt dan buah-buahan segar.
Terima kasih banyak mang Yono atas Informasinya.
salam dari Jogja.

Balas

Salam, Bener mang kalau untuk campuran membuat mie rebus atau mie goreng cocok, rasanya juga pas, saya sering memasak bersama mie sebagai hijauannya
Trimakash

Balas

Rasanya seperti apa si mas gingseng ini hihi belom pernah coba saya

Balas

Berarti klo lagi musim kemarau mesti sering2 di siram ya ??
betul banget tuh, ginseng emang banyak manfaatnya.....

Thanks mang infonya :)

Balas

Hadeuh...
Baru tahu kalau itu masih keluarga ginseng.
Padahal di halaman rumah tumbuh subur meskipun tidak disiram.
Saya kira cuma tanaman hias biasa, karena bunganya unik.
Setelah tahu manfaat dan khasiatnya jadi ingin mencoba daun dan umbinya.
Thanks ya Mang atas infonya!

Balas

bagus lhoooo untuk kesehatan. sudah terbukti

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger