logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat dan khasiat dari daun suji

Sampurasun ... Rampes... # Bunga dan Apotek hidup. Blog Mang Yono kali ini mau menulis tentang Manfaat dan khasiat dari daun suji, ini cuma belajar menulis saja, sambil menampilkan bunga atau tumbuhan di halaman rumah saya.

Coba tahukah sahabat – sahabit daun suji itu? beberapa orang tentu sudah tahu  dengan daun suji apalagi para ibu – ibu yang suka utak atik membuat kue karena kerap digunakan sebagai pewarna makanan dalam berbagai masakan. Itu dikarenakan daun suji mempunyai warna hijau yang pekat lebih dari daun Pandan wangi dan untuk mengetahui tentang pandan wangi silahkan baca Khasiat dan manfaat dari daun pandan wangi. Daun suji sangat efektif untuk dijadikan pewarna hijau pada makanan. Selain dari manfaat itu, daun suji ternyata menyimpan manfaat khusus  kesehatan tubuh manusia. Nah, daun suji ini sering disebut dengan nama panggilan pandan betawi, saya sih tidak tahu asal usulnya pohon ini disebut pandan betawi. 
Manfaat dan khasiat dari daun suji
Pohon Suji Taman Mang Yono

Pohon suji ini saya tanam  8 tahun yang lalu di halaman depan, pohon suji ini sudah setinggi 3 meter tapi saya potong biar tidak terlalu tinggi,dan tinggi yang saya pertahankan sekitar 1 meteran lebih dikit... hehehe. Dan ternyata pohon suji  ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh manusia,sesuai keterangan dari para tetangga yang sering minta daun suji ke saya, daun suji ini selain untuk pewarna makanan  atau kue ternyata memiliki khasiat yang lain yaitu:



(!). Daun Suji Sebagai Obat Disentri dan Beri-Beri


Cara Pembuatan obat tradisional tersebut adalah dengan cara mengambil daun suji yang masih segar secukupnya.

Cuci bersih dan tiriskan.

Didihkan air bersama dengan daun tersebut,

Setelah air mendidih dan menjadi setengah bagian,

saring dan dinginkan kemudian siap dinikmati.

Diminum dengan rutin satu gelas sehari.

(!!). Daun Suji Sebagai Obat Nyeri Haid 


Proses pengolahan daun suji ini sama seperti cara (!) diminum rutin satu gelas per hari.
Manfaat dan khasiat daun suji
Nah, itulah Manfaat dan khasiat dari daun suji  yang saya ketahui dari para orang tua atau tetangga. Obat tradisional memang tidak kalah dengan obat kimia dari kedokteran. Malah dengan mengkonsumsi obat tradisional akan meredam efek samping buruk yang ditimbulkan, 


Untuk cara menanamnya pun sangat gampang, tinggal potong pohon daun suji terus tancapkan di tanah atau halaman rumah dan tumbuh deh tentunya dengan disiram tiap hari. Atau bisa juga pohon suji setelah dipotong di letakan di ember atau media lain yang berisi air dan merendam bagian bawah pohon sekitar 10 cm sampai keluar akar dan setelah keluar akar bisa di tanam di tanah.

 



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

29 komentar

ela dalah Mang Yonoooooo, beberapa hari nggak mampir...sekarang sudah ganti rumah to...saya sampe pangling...

Balas

kebetulan di belakang rumah saya banyak banget daun suji, awalnya cuma 3 batang, tapi karena sering dipangkas, tumbuh tunas-tunas yang makin hari makin banyak. pernah sampai saya babat habis karena geram bersemak banget, eh tumbuh lagi...selama ini cuma untuk pewarna pudding jagung sama putu ayu sih Mang...setelah baca tulisan Mamang jadi tambah lagi ilmunya...besok-besok kalau mau membabat habis mikir 2 kali deh

Balas

makan klepon ternyata juga seperti makan obat ya mang, tentunya klepon yang pewarnanya dari daun suji :)

Balas

Ada khasiat nya buat pengobatan juga ya mang..gyang saya tau ya sebagai pewarna saja jadi sekarang tau deh

Balas

banyak juga ya kang manfaat daun suji, tapi aku ga pernah tau :D wkwkk mungkin kurang browsng aja kalee

Balas

makanan yang terbuat dari daun suji juga memiliki manfaat dan khasiat yang sama ya Mang. Jadi sangat terlihat jelas banhwa makanan tradisonal Indonesia yang terbuat dari tanaman daun suji ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Trims ya Mang.

Salam

Balas

wah... Saya hanya tahu 1 manfaat saja gan. 'sbgai pewarna makanan'

Balas

Daun Suji juga katanya dapat di buat obat batuk berlendir dan berdarah ya Mang? :)

Balas

Saya sering liat mang, cuma ga tahu namanya saja, ternyata daun suji namanya..dan ada khasiatnya juga ya mang buat diare dan nyeri haid...

Makasih inpona mang

Balas

bukannya daun suji buat masak juga bisa mang? apa salah yah aku? :D

Balas

ohh bisa buat disenrtri juga ya Mang. berarti sama dengan klepon ya
ehh

Balas

Daun suji dibikin obat
obat datang bulan
aku datang disaat tepat
karena dapat tips nyeri datang bulan

Balas

makasih mang infonya, bisa jadi referensi kalau saya kena disentri atau beri-beri, tapi tidak untuk nyeri haid, saya gak pernah soalnya ... hehehehe

Balas

Iya mbak KK kan mau tahun baru, jadi templatenya di ganti baru hehe.

Balas

Iya mbak KK nanti kalau mau nebang di pikir dulu ya, siapa tahu tetangga membutuhkannya.

Balas

sekali lagi dan lagi.. saya suka template ini............

Balas

dapat rasa kleponnya, dapat juga manfaat daun sujinya ya,kang?

Balas

hhmmmm... tambahan ilmu nih bagi saya
hah?

Balas

kalau bisa untuk haid juga, saingannya kunyit asem dong mang, tapi kan enak kunyit asem

Balas

Iya kang, cak.. Seperti pribahasa sambil menyelam makan klepon hehe

Balas

Iya mbak jenx saya juga tau dari tetangga hehe

Balas

ciee mang yono habis ganti template, ikut menyimak artikelnya yang bahas seputar khasiat dari daun suji..

Balas

ilmu baru ni buat saya mang.. trnyata bermanfaat sekali ya daun suji itu.. thnks mang... :D

Balas

ternyata banyak juga ya master manfaat daun suji ini. Saya kok belum pernah lihat nich daun suji :)

Balas

Daun suji, hem,...mungkin disini punya nama yang beda yah, kok kayak Tika gak tau, atau mungkin Tika nya kali yah yang gak gaul ma tanam-tanaman hehehe

salam silaturahmi Mang, terimakasih infonya Tika cari tau dulu deh gambar yang sesuai di sekitar rumah :)

Balas

saya dari kampung mas ngk tahu daun suji ditempat saya
tapi saya lihat dari pohonya kayak daun Pandan ya mas

Balas

gaknyangka bermanfaat sekali ya daun sujinya

Balas

daun suji entah kalau di daerah saya (makassar,apa namanya),tapi katanya mirip daun daun pandan wangi ya hehehe

Balas

Di rumah saya juga ada daun suji, yg mirip daun pandan :D
biasanya klo udah tinggi di potong trus di tanpe lagi di tanah biar tumbuh lagi :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger