logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Belajar Menanam Anggrek Dengan Media Pot

Belajar Menanam Anggrek Dengan Media Pot

Sampurasun... Rampes..Yuk Belajar Menanam Anggrek. Pertumbuhan  Anggrek dihabitat aslinya, hanya ada dua tempat tumbuh tanaman anggrek.

Pertama yaitu tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain tetapi tidak mengganggu tanaman yang ditempeli yang disebut dengan anggrek epiphyt..

Kedua tanaman anggrek yang hidup ditanah. Biasanya hidup pada tanah berhumus yang subur. Jenis ini disebut anggrek Terrestris atau anggrek tanah.

Belajar Menanam Anggrek
Belajar Menanam Anggrek

Dalam tulisan Blog Mang Yono tentang Belajar Menanam Anggrek Dengan Media Pot kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menanam anggrek epiphyt sesuai pengalaman saya, kalau mau menanam atau sekedar ingin tahu bagai mana caranya menanam jenis anggrek tanah atau anggrek Terrestris silahkan baca di Cara menanam Anggrek dengan media tanah.  meskipun saya tidak ahli tapi saya sedikit tahu.


Ada dua cara menanam anggrek epiphyt, yaitu:
(i). Ditanam pada pot
(ii). Ditempel pada pohon atau papan pakis.

Sebenarnya kata para master – master Anggrek, menanam anggrek itu sangat mudah dan sederhana, namun diperlukan kesabaran, ketelatenan dan fokus. Nah yang terpenting pada penanaman anggrek menurut saya adalah perakaran Anggrek tidak rusak, apa bila akarnya rusak dan busuk maka anggrek tidak akan tumbuh dan berkembang, tanaman tidak goyang dan draenase lancar makanya dalam penanaman anggrek di pot, di perlukan pot yang banyak lubang di bawah dan penempatan atau penyimpanan pot anggrek harus benar untuk memberikan pertumbuhan tanaman yang bagus dan bunga yang indah.

Maklum saya kurang memahami penanaman anggrek, Belajar Menanam Anggrek Dengan Media Pot cuma ini yang bisa saya lakukan dan akhirnya banyak kasus penanaman anggrek pada daerah yang kurang sesuai sehingga pertumbuhan dan bunga yang dihasilkan juga tidak maksimal.


Penanaman dengan pot.
Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menanam dipot adalah :

1. Penanaman Anggrek dengan media Pot Plastik, Pot Tanah dan Pot Semen.
Pot yang akan dipakai sebaiknya pot baru tapi bisa jua menggunakan pot bekas namun harus dengan perlakuan terlebih dahulu. Pot bekas biasanya ditumbuhi lumut, jamur bahkan mungkin bakteri. Dan mungkin pot telah asam. Untuk itu harus dibersihkan sampai betul-betul bersih. 

2. Tiang penahan batang tanaman.
Lebih baik dibuat dari kawat dengan diameter 2~4 mm. Disamping kokoh juga tahan lama. Fungsi dari tiang ini adalah untuk menyangga tanaman agar tidak goyang saat penyiraman atau perlakuan lainnya. Sehingga pertumbuhan akar tidak terganggu. Tiang penyangga dapat dilepas bila tanaman sudah menempel kuat pada pot.

3. Media tanam.
Media tanam yang saya ketahui untuk menanam anggrek yaitu, potongan pakis, arang kayu, sabut kelapa. 
Pot Anggrek di tempel didinding


Cara menanam Anggrek dengan memakai Pot caranya

 (i). Pasang tiang penahan sampai menyentuh dasar pot.

(ii). Kemudian masukkan media arang kayu atau potongan atu bisa juga dengan sabut kelapa.

(iii). Setelah itu tanaman anggrek diletakkan diatas media dan akar diatur supaya menyebar rata. Jangan lupa batang tanaman diikat pada tiang penyangga. 

(iv). Yang terakhir diatas akar ditambah media lagi secukupnya. Perlu diingat, jangan sampai batang tanaman tertimbun oleh media. Ups, ada tambahan nih, buat yang memakai media Pot Pelastik bagian dasar pot Isi pot dengan pecahan batu bata atau genteng secukupnya, bisa sampai 1/3 tinggi pot. Ini untuk memperberat pot dan untuk penyaring juga  

Nah untuk Cara Menanam Anggrek dengan ditempel di pohon akan saya lanjutkan nanti ya..

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

44 komentar

Belajar menanam angrek itu memang mengasyikan ya Mang.

Salam

Balas

Tanaman anggrek bunganya bagus dan tahan lama ya mang, drainase harus baik apa anggrek memang gak terlalu tahan air ya mang ..?

Balas

Jadi teringat tanteku, yang hobbi sekali pelihara anggrek.. Berapapun harganya, pasti di embat tu anggrek ckckck

Tapi dgn begitu, pekarangan dia jadi saaangat indah.. Anggreknya pun macem2.. Hem jadi cerita ni Mang :)

Balas

Kira-kira kalo tanaman anggrek ini ribet g ya mas perawatannya, biasanya kan ada perlakuan khusus gitu mas supaya bunga yang dihasilkan juga maksimal.

Balas

ternyata gak terlalu sulit ya mang ..klo untk rwatny rbet gk

Balas

boleh cuba nanti mas...

Balas

mang ditempat syaa banya sekali anggrek yang cantik2 tapi ngk dibudidayakan

Balas

Kalau ANgrek Hitam apa juga dibudidayakan ya sama Mang Yono?

Balas

wah perlu dicoba praktekin cara menanam anggreknya, makasi mang atas sharing infonya :)

Balas

bunga anggrek ini bisa bertahan berapa tahun ya mang kok depan rumah ini nggak berbunga

Balas

semuanya itu emang mudah kok mang, lah wong barang kelihatan saja kok, masalahnya itu malas melakukannya.
hehehe

Balas

bunga yang cantik....

Balas

selamat malam Mas... seumur umur saya belum pernah mencoba untuk menanam Anggrek Mas. Kalau melihat anggrek sudah sering...kalau nanti saya mau belajar menanam Anggrek saya Pasti mencari Artikel ini Mangyono...

Balas

betul sekali mas, apalagi kalau anggreknya berbunga senang dan asik rasanya heheheh

Balas

betul sekali mas anggrek awet bunganya dan tahan lama bisa ber hari - hari, kalau kebanyakan air akan membusuk bagian akarnya mas apalagi bagian bawah pot tidak ada drainasenya

Balas

Saya jadi inget ada teman yang usaha anggrek, tapi ditanamnya di kebun sendiri, dikirim ke bali, kalau gak salah jenis anggreknya douglas. sukses dia sekarang.

Balas

Anggrek bulan..... weh tambah keren nih blog, mantap mang maaf saya jarang kemari akhir2 ini. salam sukses mang

Balas

iya nih mas Mas Ratno jarang kesini eheheh ... saya juga jarang berkunjung ke tempat mas hehehe

Balas

silahkan mas, dan pada saat berbunga anggrek sangat bagus mas, selain itu bunganya awat ber hari hari

Balas

cantik dan menawan hati hehehe

Balas

nah itu mas kendalanya cuma satu ya... malas melakukannya eheheh

Balas

bisa bertahun tahun mbak, tapi bunga anggrek itu cuma sekali berbunga dalam tiap pohonnya dan digantikan oleh tunas - tunas yang tumbuh atau anakan baru..

Balas

silahkan kang .. semoga telaten ya eheheh

Balas

saya belum coba anggrek itu kang, maklum belum pernah beli anggreknya ini juga dapet minta hehehee

Balas

coba kalau dikirim kesini bang pasti deh saya senang menerimanya hehehe

Balas

iya mas gak sulit kok tapi yang sulit prakteknya mas hehehe

Balas

iya mbak saya juga kalau pas lihat anggrek berbunga jadi gimana gituh... tapi saya belum pernah beli anggrek maklum gak punya uang untuk belinya hehehe

Balas

menurut saya sih gampang - gampang susah mas tapi kalau untuk memaksimalkan saya belum pernah coba mas, jadi bunganya juga belum maksimal.. maklum saya jarang dirumah eheheh

Balas

Tidak bisa dibohongi tanaman yang cantik..dan banyak sekali peminatnya untuk hobi yang satu ini..thx sharenya mas...

Balas

lebih seringnya melihat tanaman anggrek ditanam pada media pakis atau serabut kelapa..unik juga memakai media pot dan tanah..

Balas

cara ngembang biakkan nya bgaimana ya mang,,susah ga???
barokallohufiikum,makasih

Balas

mas,klo tanaman anggreknya kehujanan trs(krn musim hujan) apa perlu dipindahkan (spy tdk tll lembab...?? klo anggrek bulan sy pindahkan mas...betul bgtu ya?? mohon sarannya, makasih....

Balas

membantu sekali artikelnya..

Balas

mas cara penanaman anggrek itu apa semua daerah bisa mas,soalnya ditempat saya daerahnya dingin mas,anggrek seperti apa yang cocok untuk daerah dingin mas?

Balas

gimana ya saya pingin bisa nih tanam anggrek ,... pembiakannya gimana ya?

Balas

gampang - gampang susah mas... asal lukun pasti berhasil :)

Balas

Betul sekali sob... tanaman anggrek yangan terlalu lembab... lihat aja di tempat budidaya anggrek, biasanya memakai paranet supaya air hujan dan sinar matahari tersaring

Balas

Menurut yang saya ketahui sih kalau di Indonesia semua daerah cocok mas asal tau Trik dan caranya aja...

Balas

Semua orang itu pasti bisa melakukannya mas... La wong barang kelihatan... tergantung sabar dan telatennya aja hehehe... Kadang malas melakukannya :) ... Untuk pembiakan bisa dengan tunas... batang ... dan buah

Balas

wah mantap bang..buat nambah wawasan dan emang ada rencana untuk menanam anggrek di samping rumah :-)

Balas

bisa buat ngajarin anak cucu nih tips nya gan.. kwkwk

Balas

Kalo di daerah dingin bisa bagus gak ya kalo anggreknya berbunga?

Balas

Saya penggemar anggrek, dah sering mencoba menanam anggrek, tetapi kenapa ya anggrek saya sering ga subur dan daunnya menguning. Bunganya juga mulai rontok. Sedihnya

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger