Belajar Menanam Anggrek Dengan Media Pot

Belajar Menanam Anggrek Dengan Media Pot

Sampurasun... Rampes..Yuk Belajar Menanam Anggrek. Pertumbuhan  Anggrek dihabitat aslinya, hanya ada dua tempat tumbuh tanaman anggrek.

Pertama yaitu tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain tetapi tidak mengganggu tanaman yang ditempeli yang disebut dengan anggrek epiphyt..

Kedua tanaman anggrek yang hidup ditanah. Biasanya hidup pada tanah berhumus yang subur. Jenis ini disebut anggrek Terrestris atau anggrek tanah.

Belajar Menanam Anggrek
Belajar Menanam Anggrek

Dalam tulisan Blog Mang Yono tentang Belajar Menanam Anggrek Dengan Media Pot kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menanam anggrek epiphyt sesuai pengalaman saya, kalau mau menanam atau sekedar ingin tahu bagai mana caranya menanam jenis anggrek tanah atau anggrek Terrestris silahkan baca di Cara menanam Anggrek dengan media tanah.  meskipun saya tidak ahli tapi saya sedikit tahu.


Ada dua cara menanam anggrek epiphyt, yaitu:
(i). Ditanam pada pot
(ii). Ditempel pada pohon atau papan pakis.

Sebenarnya kata para master – master Anggrek, menanam anggrek itu sangat mudah dan sederhana, namun diperlukan kesabaran, ketelatenan dan fokus. Nah yang terpenting pada penanaman anggrek menurut saya adalah perakaran Anggrek tidak rusak, apa bila akarnya rusak dan busuk maka anggrek tidak akan tumbuh dan berkembang, tanaman tidak goyang dan draenase lancar makanya dalam penanaman anggrek di pot, di perlukan pot yang banyak lubang di bawah dan penempatan atau penyimpanan pot anggrek harus benar untuk memberikan pertumbuhan tanaman yang bagus dan bunga yang indah.

Maklum saya kurang memahami penanaman anggrek, Belajar Menanam Anggrek Dengan Media Pot cuma ini yang bisa saya lakukan dan akhirnya banyak kasus penanaman anggrek pada daerah yang kurang sesuai sehingga pertumbuhan dan bunga yang dihasilkan juga tidak maksimal.


Penanaman dengan pot.
Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menanam dipot adalah :

1. Penanaman Anggrek dengan media Pot Plastik, Pot Tanah dan Pot Semen.
Pot yang akan dipakai sebaiknya pot baru tapi bisa jua menggunakan pot bekas namun harus dengan perlakuan terlebih dahulu. Pot bekas biasanya ditumbuhi lumut, jamur bahkan mungkin bakteri. Dan mungkin pot telah asam. Untuk itu harus dibersihkan sampai betul-betul bersih. 

2. Tiang penahan batang tanaman.
Lebih baik dibuat dari kawat dengan diameter 2~4 mm. Disamping kokoh juga tahan lama. Fungsi dari tiang ini adalah untuk menyangga tanaman agar tidak goyang saat penyiraman atau perlakuan lainnya. Sehingga pertumbuhan akar tidak terganggu. Tiang penyangga dapat dilepas bila tanaman sudah menempel kuat pada pot.

3. Media tanam.
Media tanam yang saya ketahui untuk menanam anggrek yaitu, potongan pakis, arang kayu, sabut kelapa. 
Pot Anggrek di tempel didinding


Cara menanam Anggrek dengan memakai Pot caranya

 (i). Pasang tiang penahan sampai menyentuh dasar pot.

(ii). Kemudian masukkan media arang kayu atau potongan atu bisa juga dengan sabut kelapa.

(iii). Setelah itu tanaman anggrek diletakkan diatas media dan akar diatur supaya menyebar rata. Jangan lupa batang tanaman diikat pada tiang penyangga. 

(iv). Yang terakhir diatas akar ditambah media lagi secukupnya. Perlu diingat, jangan sampai batang tanaman tertimbun oleh media. Ups, ada tambahan nih, buat yang memakai media Pot Pelastik bagian dasar pot Isi pot dengan pecahan batu bata atau genteng secukupnya, bisa sampai 1/3 tinggi pot. Ini untuk memperberat pot dan untuk penyaring juga  

Nah untuk Cara Menanam Anggrek dengan ditempel di pohon akan saya lanjutkan nanti ya..
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar