Skip to main content

Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis

Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis

Sampurasun... Rampes.. Setelah kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Cara Menanam  Anggrek Dengan Media Pot , kali ini saya mau sedikit berbagi tentang Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis ini merupakan janji saya pada tulisan sebelumnya.

Mudah – mudahan ini merupakan cara yang praktis karena cara ini menurut saya adalah cara yang simple karena dalam Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon tidak memerlukan media, karena medianya menggunakan pohon atau bisa juga dengan menggunakan papan pakis.

Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis
Menanam Anggrek dengan ditempel di pohon Palem
Yuk, kita simak Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis, ini adalah cara saya, mungkin ada perbedaan dengan cara para master atau pakar tanaman anggrek, dan orang – orang bilang katanya perbedaan itu indah... heheheh.
Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Palem


(i). Pilihlah tanaman anggrek yang tidak terlalu panjang batangnya dan tidak terlalu pendek, jadi yang sedang – sedang saja, ini bertujuan untuk menghindari patah batang. 

(ii). Tempelkan tanaman anggrek pada pohon atau bisa juga menggunakan papan pakis. Nah, pohon atau papan pakis inilah sebagai media tanamnya yang berfungsi untuk menempel akar-akar tanaman anggrek nantinya. 

(iii). Agar menempel kuat dan tidak goyang ikat batang anggrek tersebut pada pohon atau papan pakis dengan tali plastik / tali rapia atau tali ijuk, tetapi bisa juga menggunakan tambang kecil, benang nilon atau benang - benang yang lainnya  atau yang lainnya yang tidak berkarat. 

(iv). Setelah perakarannya menempel kuat pada pohon atau papan pakis, tali bisa dilepas dengan hati - hati. Tetapi kalau mau pakai pengikat lebih praktis tali pengikat diganti dengan kawat dengan panjang 5 – 8 cm dengan dibentuk  huruf U. Kawat ini di pungsikan untuk menjepit batang anggrek yang ditempelkan pada papan pakis atau pohon.

Dalam menanam Anggrek biasanya kita tidak menyadari cara yang sederhana ini, namun penting dalam penanaman anggrek. Baru menyadari ketika tanaman kurang bagus pertumbuhannya bahkan sampai mati. Mungkin posting diatas atau postingan sebelumnya dapat membantu anda para pecinta anggrek. Setidaknya menambah pengalaman dan sebagai pembanding apabila anda atau para master  mempunyai cara penanaman lainnya. Maklum saya bukan pakarnya dalam budidaya Anggrek, tetapi ini sekedar coba – coba dan ternyata saya sedikit berhasil dengan cara ini, meskipun bunga anggreknya tidak berbunga maksimal, maklum saya-nya jarang di rumah. 

Tetapi Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis ini ada juga yang menggunakan cara lain, yaitu tetap menggunakan media, yaitu media sabut kelapa untuk membantu menempelkan ke pohon.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar