logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang

Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang

Sampurasun ... Rampes.. Blog Mang Yono -  Di Kabupaten Subang, Bulan kemarin yaitu Desember 2013 adalah bulan dimulainya menanam padi,  sejumlah petani di beberapa kecamatan di wilayah Subang terutama di Kecamatan Pagaden Barat mempercepat masa tanam padi mereka termasuk saya juga ikut mulai menanam padi dengan cara Tanju, menanam padi sambil maju. sebelumnya saya sudah nulis juga tentang  Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat

Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang yang bertujuan untuk mempercepat masa panen, selain bertujuan memanfaatkan air hujan untuk membantu mengolah tanah, hal itu dilakukan untuk menghindari puso dan hama wereng.

Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang
Padi sawah umur 1 hari

Mempercepat tanam untuk menyelamatkan tanaman umur muda dari puso akibat musim penghujan yang rawan dengan genangan air hingga membuat sawah banjir, dan juga hama wereng coklat yang menyerang tanaman padi serangan hama wereng coklat sudah harus mulai diwaspadai, mengingat musim peralihan membuat hama wereng coklat cepat berkembang biak.

Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah
Pawinian / penyemaian benih padi siap tanam


Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang. Hal itu untuk menghindari musim kering pada musim tanam kering, khan repot kalau pas musim kemarau / musim kering kebetulan tanaman padi belum dipanen, dan akhirnya menggunakan pompa air, khan tambah biaya lagi jadinya.

Padi swah umur 1 bulan
Padi sawah umur 1 bulan

Kalau nanam padinya dilakukan Januari, maka panen baru akan terjadi pada April mendatang dan tanam padi musim kemaraunya jadi tanggung.
Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang Propinsi Jawa Barat
Irigasi untuk pengairan sawah mang Yono lancar dan terkendali


Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang, apalagi, percepat tanam saat ini ditunjang oleh ketersediaan air yang masih ada. Mengingat, suplai air di irigasi untuk area sawah di Subang masih cukup bagus. Karena itu, tak ada alasan bagi petani untuk menunda waktu tanam.
Sawah Mang Yono musim kemarau
Sawah Mang Yono musim kemarau


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

Sorry Ye Pak Ibu Om Tante semuanya
Saya Pertamax

Iyesssssssssssss

Balas

Kalau ada PADI kan biasanya ada jadual Tanam nya ya. Gitu juga dengan jadual PANEN nya. Saya pernah dengar kalau ada kota di Jawa yang kalau musim PANEN tiba saatnya musim KAWIN hiehiehiheie. Kota apa ya hiheihee Nda mau ah disebut

Balas

kalau didaerah sya tnamnya pada blan Oktober mas

Balas

semoga padinya tumbuh subur dan hasil panen melimpah ya mang, amin :)

Balas

Nyimak artikelnya Mang Yono, semoga tanaman
Padinya bagus dan sukses nanti panen nya :)

Balas

Wow Pak Asep dapat Pertamax. selamat deh Pak salam sukses :)

Balas

Petani sejati nih hehe (y)

Balas

di tempat saya juga sedang musim pak. sedang asyik tanem padai sekarang ini

Balas

iya, biar kita bisa ekspor beras ke negara lain

Balas

pagi - pagi pertamax dah habis hehehe

Balas

hehehe kalau musim PACEKLIK berarti musim CERAI ya mas hehehe... kalau di tempat saya pas musim PANEN biasanya banyak hajatan entah itu hajatan sunatan, perkawinan, atau pesta panen, kalau musim PACEKLIK gak ada yang hajatan, kalau kalau ada yang hajatan pas musim peceklik nanti malah disambitin panci hehehehe

Balas

oooh begitu ya mas, itu 2 kali panen ya mas, kalau di tempat saya 3 kali panen mas

Balas

Amiin...betul sekali mbak, panen yang melimpah itu harapan saya dan para petani

Balas

betul kang, mudah - mudahan begitu ya, dantentunya gak terkena banjir

Balas

sejati dan melangkah dengan pasti hehehe

Balas

berarti hampir sama dong ya mas, mudah - mudahan bagus ya nanti panennya

Balas

betul sob, mudah - mudahan swasembada pangan dapat dialami seperti yang dahulu pernah dialami

Balas

bulan yang cocok dengan curahan hujan yang lumayan untuk mengaliri sawah ya mang

Balas

Dalam setahun bisa 3x ya mang...biasanya kalau pada milih padi yang sedang paling 2x saja ....

Balas

semestinya emang gitu pake sistem tanam serentak biar si monyong tidak merajalela. dulu ikus ga terlalu jadi masalah, soalnya masih banyak predator alaminya. jadi salah siapa ular sawah suka diburu..?

Balas

Anjuran pemerintah mengenai waktu tanam padi merupakan perwujudan perhatian pemerintah terhadap petani, salut .. sepanjang pengetahuan saya, di tempat saya gak ada seperti itu ..

Balas

anjurannya untuk mengantisipasi air dan hama juga ya mang? tapi masalah musim sekarang tidak bs ditebak mang, musim hujan ini bisa saja sepanjang tahun atau musim keringnya bisa saja lebih lama. semoga tetep panen mang

Balas

saya sekarang ini gk mengikuti perkembangan padi nih mang hehe :D

Balas

nanti pas panen paketin beras nya ya mang *jegerrr

Balas

Wah .. ngeliat sawah-sawah itu, saya jadi inget dengan desa saya ... :(

Balas

tanam padi serentak di bulan desember ya mang :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger