Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang

Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang

Sampurasun ... Rampes.. Blog Mang Yono -  Di Kabupaten Subang, Bulan kemarin yaitu Desember 2013 adalah bulan dimulainya menanam padi,  sejumlah petani di beberapa kecamatan di wilayah Subang terutama di Kecamatan Pagaden Barat mempercepat masa tanam padi mereka termasuk saya juga ikut mulai menanam padi dengan cara Tanju, menanam padi sambil maju. sebelumnya saya sudah nulis juga tentang  Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat

Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang yang bertujuan untuk mempercepat masa panen, selain bertujuan memanfaatkan air hujan untuk membantu mengolah tanah, hal itu dilakukan untuk menghindari puso dan hama wereng.

Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang
Padi sawah umur 1 hari

Mempercepat tanam untuk menyelamatkan tanaman umur muda dari puso akibat musim penghujan yang rawan dengan genangan air hingga membuat sawah banjir, dan juga hama wereng coklat yang menyerang tanaman padi serangan hama wereng coklat sudah harus mulai diwaspadai, mengingat musim peralihan membuat hama wereng coklat cepat berkembang biak.

Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah
Pawinian / penyemaian benih padi siap tanam


Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang. Hal itu untuk menghindari musim kering pada musim tanam kering, khan repot kalau pas musim kemarau / musim kering kebetulan tanaman padi belum dipanen, dan akhirnya menggunakan pompa air, khan tambah biaya lagi jadinya.

Padi swah umur 1 bulan
Padi sawah umur 1 bulan

Kalau nanam padinya dilakukan Januari, maka panen baru akan terjadi pada April mendatang dan tanam padi musim kemaraunya jadi tanggung.
Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang Propinsi Jawa Barat
Irigasi untuk pengairan sawah mang Yono lancar dan terkendali


Bulan Desember 2013 merupakan tanam padi anjuran pemerintah kabupaten Subang, apalagi, percepat tanam saat ini ditunjang oleh ketersediaan air yang masih ada. Mengingat, suplai air di irigasi untuk area sawah di Subang masih cukup bagus. Karena itu, tak ada alasan bagi petani untuk menunda waktu tanam.
Sawah Mang Yono musim kemarau
Sawah Mang Yono musim kemarau

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar