logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis

Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis

Sampurasun... Rampes.. Setelah kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Cara Menanam  Anggrek Dengan Media Pot , kali ini saya mau sedikit berbagi tentang Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis ini merupakan janji saya pada tulisan sebelumnya.

Mudah – mudahan ini merupakan cara yang praktis karena cara ini menurut saya adalah cara yang simple karena dalam Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon tidak memerlukan media, karena medianya menggunakan pohon atau bisa juga dengan menggunakan papan pakis.

Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis
Menanam Anggrek dengan ditempel di pohon Palem
Yuk, kita simak Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis, ini adalah cara saya, mungkin ada perbedaan dengan cara para master atau pakar tanaman anggrek, dan orang – orang bilang katanya perbedaan itu indah... heheheh.
Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Palem


(i). Pilihlah tanaman anggrek yang tidak terlalu panjang batangnya dan tidak terlalu pendek, jadi yang sedang – sedang saja, ini bertujuan untuk menghindari patah batang. 

(ii). Tempelkan tanaman anggrek pada pohon atau bisa juga menggunakan papan pakis. Nah, pohon atau papan pakis inilah sebagai media tanamnya yang berfungsi untuk menempel akar-akar tanaman anggrek nantinya. 

(iii). Agar menempel kuat dan tidak goyang ikat batang anggrek tersebut pada pohon atau papan pakis dengan tali plastik / tali rapia atau tali ijuk, tetapi bisa juga menggunakan tambang kecil, benang nilon atau benang - benang yang lainnya  atau yang lainnya yang tidak berkarat. 

(iv). Setelah perakarannya menempel kuat pada pohon atau papan pakis, tali bisa dilepas dengan hati - hati. Tetapi kalau mau pakai pengikat lebih praktis tali pengikat diganti dengan kawat dengan panjang 5 – 8 cm dengan dibentuk  huruf U. Kawat ini di pungsikan untuk menjepit batang anggrek yang ditempelkan pada papan pakis atau pohon.

Dalam menanam Anggrek biasanya kita tidak menyadari cara yang sederhana ini, namun penting dalam penanaman anggrek. Baru menyadari ketika tanaman kurang bagus pertumbuhannya bahkan sampai mati. Mungkin posting diatas atau postingan sebelumnya dapat membantu anda para pecinta anggrek. Setidaknya menambah pengalaman dan sebagai pembanding apabila anda atau para master  mempunyai cara penanaman lainnya. Maklum saya bukan pakarnya dalam budidaya Anggrek, tetapi ini sekedar coba – coba dan ternyata saya sedikit berhasil dengan cara ini, meskipun bunga anggreknya tidak berbunga maksimal, maklum saya-nya jarang di rumah. 

Tetapi Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis ini ada juga yang menggunakan cara lain, yaitu tetap menggunakan media, yaitu media sabut kelapa untuk membantu menempelkan ke pohon.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

42 komentar

saya amankan PERTAMAXnya mang yono...

Balas

saya nyimak aja mang ..gak punya aggrek soalnya...thanks caranya

Balas

Kalau saya suka dengan menanam anggrek yang pakai media areng mang, Kalau di tempel di pohon sepertinya kurangsuka. he,, he,, e,,,

Salam

Balas

silahkan mbak mumpung masih ada pertamaxnya dan belum kena banjir hehehe

Balas

silahkan disimak mas, jangan berkedip ya

Balas

iya mas, karena kalau menanam anggrek ditempel di pohon harus ada pohonnya juga ya mas hehehe

Balas

papan pakis itu papannya pakies bukan, mang..?
jauh dong nyarinya kudu ke blitar... :D

Balas

heheh iya juga ya mas harus ke Bltar heheh...

Balas

saya sering liatnya yang pake serabut kelapa mang

Balas

kalau ditempel lebih banyak ke sabut kelapa ya mang

Balas

Kecuali kalau ada cewek lewat ..

Balas

Pohonnya jadi indah ya mang ditempeli anggrek, bisa jadi taman vertikal ya mang ..?

Balas

selamat pagi mang
apa lagi kita pasang diphon depan rumah
akan menambah keindahan juga ya mang
makasih mang Yono

Balas

Sayangnya di tempat saya sudah tidak adalagi pepohonan mas, tinggal Pot saja. jadi gak bisa nanam anggrek seperti itu lagi..

Balas

letaknya enaknya di timur phon atau di barat pohon mang, kan kalau kena sinar matahari terus gak baik gak subur

Balas

kalau ditempel di pohon apa juga masih perlu dipupuk Pak?

Balas

Papan Pakis tuh ada di Blitar Mang...

saya paling ogah menanam anggrek Mang, tapi suka banget dengan bunga anggrek...alasannya...ribedh dan susyaaah

Balas

kalau di tempat kami, pupuknya tuh dari micin (aji no moto) yang dicairkan trus disemprotkan di akarnya....

Balas

pegel no Mas...menek terus

Balas

o iya, gimana kabarnya Mang...tempat Mamang kebanjiran ndak? kalau kampung halamannya aman kan Mang?

Balas

eh iya, authornya kok cantik sih Mang?

Balas

saya nggak punya anggrek kang, trus gimana nih

Balas

Mang Yono seneng penekan kok mbak Khusna .. hehehe

Balas

Alhamdulillah gak banjir mbak KK tempat di Jakarta atau yang di kampung juga ndak, yang banjir daerah Subang utara tepatnya tetangga kecamatan.

hehehe harus di ganti sama yang ganteng ya hehehe

Balas

hehehe mas Isna bisa aja nih eheheh

Balas

seperti perangko ya hehehe

Balas

iya kang kebanyakan pakai sabut kelapa, berarti ini jarang dan langka ya kang hehehe

Balas

sayah ikut atuh
*asal diongkosin :D

Balas

betul mbak jenx yang ditempel langsung ke pohon atau papan pakis mungkin jarang yang berhasil ya heheheh.

Balas

Betul sekali Bang, biar tambah seger gituh kalau pagi memandang halaman ada anggreknya eheheh

Balas

iya mas mending di pot lebih praktis, tapi bisa juga di tanam atau ditempel pada pohon yang sudah mati

Balas

kalau saya malah suka di bagian barat mas, dan bisa di bedakan bagian timur dan barat yang lebih bagus dan berbunga lebat di bagian barat pohon, itu sesuai yang saya tempel mas, gak tau menurut para master hehehe

Balas

perlu di pupuk juga sob, meskipun menempel pada pohon...

tuh Mbak KK tau ... kalau saya pakai micin caca tapi masih sama micin ding hehehe , itu lebih bagus dari pupuk yang lain,

nah pupuk micin ini biasa saya gunakan juga untuk pupuk anggur, setelah melakukan pemangkasan daun, dengan cara ditaburkan di sekitar pohon anggur sekitar 1/4 kg.

Balas

iya mbak jauh banget ya ehhehe.

tapi kalau lagi berbunga seneg ya mbak hehehe... Bunganya awet

Balas

boleh main mas ke Mall taman anggrek, di jamin dah di mall ini gak ada anggreknya heheheh

Balas

wah Mang, nanam anggur juga ya...

memang keren si Mamang nih...mau buah apapun juga, tinggal petik di halaman

Balas

Bila ingin dipindahkan dari media pohon ke tempat lain membutuhkan waktu minimal harus berapa lama, Mang?

Balas

Berapa hari sehari nyemprot bunga anggreknya, Mas Yono?

Balas

Berapa hari sehari nyemprot bunga anggreknya, Mas Yono?

Balas

Emang bisa ya? Bukannya menempel (okulasi) harus pada tanaman yang sejenis ya?

Balas

Ijin nyimak Mas Yon...

Balas

Numpang komentar Mas Yono, saya menanam ada 4 macam Jenis Angrek, tapi namanya saya gak tau satu persatu, saya tanam dengan media papan pakis yang saya beli papan pakisnya 10 rb perlbr, Angrek saya ini berkembangnya 3 bulan sekali, yang mau saya tanya ke Mas Yono. pupuk apa yang cocok untuk tanaman angrek dengan media pakis, supaya subur dan berkembang terus

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger