Skip to main content

Cara merawat anggrek agar rajin berbunga

Cara merawat anggrek  agar rajin berbunga

Sampurasun ... Rampes...  Masih tentang Menanam Anggrek, dalam tulisan kali ini Blog Mang Yono mau sedikit berbagi tentang  Cara Merawat Anggrek agar Rajin Berbunga  meskipun saya bukan ahli dalam menanam / merawat bunga khususnya anggrek, tetapi saya  akan memberikan beberapa perawatan agar anggrek kita selalu berbunga, setelah sebelumnya saya menuliskan juga tenteng Cara Menanam  Anggrek Dengan Media Pot, Cara menanam anggrek dengan di tempel di pohon atau pada tulisan yang lawas tentang Mari menanam Anggrek dengan media pot,  Memilih pot untuk tanaman anggrek

Berikut ini cara merawatnya sesuai yang saya lakukan, mungkin ini adalah cara nyeleneh saya yang tidak sesuai dengan cara para master atau para ahli membudidayakan anggrek, tapi tidak apa – apa khan?. Ini untuk perbandingan saja ya.

Cara merawat anggrek  agar rajin berbunga
Anggrek  Mang Yono

(i). Anggrek tidak membutuhkan sinar matahari penuh, hanya 20% saja. Sehingga tanaman anggrek  perlu naungan. Naungan bisa dengan paranet ataudi pohon, seperti tanaman anggrek saya yang disimpan di bawah pohon anggur yang merambat.

 (ii). Sirkulasi udara sangat dibutuhkan. Artinya hembusan angin cukup baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek . Semakin baik sirkulasi udara dalam nursery, pertumbuhan tanaman anggrek akan semakin bagus.bahkan sebagian orang yang master tentang budidaya anggrek ada yang memasang kipas angin. Fungsi sirkulasi udara ini untuk meratakan temperatur dan kelembaban.

(iii). Penyiraman dilakukan dua kali sehari, untuk waktu penyiraman yang baik yaitu sekitar jam 07.00 ~ 09.00 dan sore harinya 16.00 ~ 18.00. Penyiraman sebaiknya langsung kearah akar dan menggunakan air yang bersih, tidak tercemar limbah kimia apalagi menggunakan air kopi panas, nanti bisa bahaya terhadap tanaman anggreknya hehehe.

(iv). Untuk  menjaga serangan hama dan penyakit, perlu dilakukan penyemprotan insektisida dan fungisida seminggu sekali. Nah untuk Penyemprotan sebaiknya dilakukan sore hari.

(v). Karena Tumbuhan juga perlu makan seperti kita – kita ini, jadi kasih deh tanaman anggrek dengan makanan dan nutrisi yaitu dengan melalui cara pemupukan yang teratur. Pupuk yang dibutuhkan adalah pupuk yang kaya akan kandungan kalsium (Ca), Phospor (P), dan Kalium (K) untuk merk dan jenis pupuknya silahkan cari sendiri di Google ya ... hehehe. Pemberian pupuk dilakukan rutin dua minggu sekali. Pemberian pupuk dengan cara pupuk dilarutkan dahulu dengan air kemudian disiramkan.

Nah apabila sobat mempunyai cara lain silahkan ditulis di kolom komentar ya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar