logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara merawat anggrek agar rajin berbunga

Cara merawat anggrek  agar rajin berbunga

Sampurasun ... Rampes...  Masih tentang Menanam Anggrek, dalam tulisan kali ini Blog Mang Yono mau sedikit berbagi tentang  Cara Merawat Anggrek agar Rajin Berbunga  meskipun saya bukan ahli dalam menanam / merawat bunga khususnya anggrek, tetapi saya  akan memberikan beberapa perawatan agar anggrek kita selalu berbunga, setelah sebelumnya saya menuliskan juga tenteng Cara Menanam  Anggrek Dengan Media Pot, Cara menanam anggrek dengan di tempel di pohon atau pada tulisan yang lawas tentang Mari menanam Anggrek dengan media pot,  Memilih pot untuk tanaman anggrek

Berikut ini cara merawatnya sesuai yang saya lakukan, mungkin ini adalah cara nyeleneh saya yang tidak sesuai dengan cara para master atau para ahli membudidayakan anggrek, tapi tidak apa – apa khan?. Ini untuk perbandingan saja ya.

Cara merawat anggrek  agar rajin berbunga
Anggrek  Mang Yono

(i). Anggrek tidak membutuhkan sinar matahari penuh, hanya 20% saja. Sehingga tanaman anggrek  perlu naungan. Naungan bisa dengan paranet ataudi pohon, seperti tanaman anggrek saya yang disimpan di bawah pohon anggur yang merambat.

 (ii). Sirkulasi udara sangat dibutuhkan. Artinya hembusan angin cukup baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek . Semakin baik sirkulasi udara dalam nursery, pertumbuhan tanaman anggrek akan semakin bagus.bahkan sebagian orang yang master tentang budidaya anggrek ada yang memasang kipas angin. Fungsi sirkulasi udara ini untuk meratakan temperatur dan kelembaban.

(iii). Penyiraman dilakukan dua kali sehari, untuk waktu penyiraman yang baik yaitu sekitar jam 07.00 ~ 09.00 dan sore harinya 16.00 ~ 18.00. Penyiraman sebaiknya langsung kearah akar dan menggunakan air yang bersih, tidak tercemar limbah kimia apalagi menggunakan air kopi panas, nanti bisa bahaya terhadap tanaman anggreknya hehehe.

(iv). Untuk  menjaga serangan hama dan penyakit, perlu dilakukan penyemprotan insektisida dan fungisida seminggu sekali. Nah untuk Penyemprotan sebaiknya dilakukan sore hari.

(v). Karena Tumbuhan juga perlu makan seperti kita – kita ini, jadi kasih deh tanaman anggrek dengan makanan dan nutrisi yaitu dengan melalui cara pemupukan yang teratur. Pupuk yang dibutuhkan adalah pupuk yang kaya akan kandungan kalsium (Ca), Phospor (P), dan Kalium (K) untuk merk dan jenis pupuknya silahkan cari sendiri di Google ya ... hehehe. Pemberian pupuk dilakukan rutin dua minggu sekali. Pemberian pupuk dengan cara pupuk dilarutkan dahulu dengan air kemudian disiramkan.

Nah apabila sobat mempunyai cara lain silahkan ditulis di kolom komentar ya

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

58 komentar

saya nyimak aja mang .. gk punya anggrek soalnya

Balas

nunggu pnya anggrek dlu mas bru sy cba

Balas

Hebap(t), Mang Yono mah cocok kali jadi menteri pertanian...

Balas

sudah saya lakukan tapi yang semprot insektisida yang belum mang patut ya tidak rajin berbunga
makasih mang

Balas

ada nggak tutorial cara merawat tabungan agar rajin berbunga, mang?

Balas

ternyata bunga anggrek bisa rajin dan juga bisa malas ya master. Luar biasa master. saya malah baru tahu hehehe :D

Balas

Nah, masalah itu saya juga nunggu postingan dari mang Yono mas Budi .. hehehe

Balas

Anggrek tidak suka matahari langsung ya mang ? mungkin takut item ya .. hehehe

Balas

itu buat jenis anggrek apa aja mang? cuma buat jenis anggrek tertentu kah? atau semua jenis anggrek?

Balas

saya pingin nanam anggrek, tapi belum keturutan..hehehe
kapan-kapan saya mau beli.

Balas

Kalau saya yang tanam anggreknya,mungkin akan saya kasih makan makanan 4 sehat 5 sempurna,hehehe....

Balas

aku mah gagap soal perbungaan, mang
sukanya sama bunga desa doang...

Balas

tapi lebih baik punya bunga desa dulu mas hehehe

Balas

hehehe cuma sedikit tau saja tentang bunga, kebanyakan gak taunya, Mbak Tika

Balas

iya mbak jenx itu buat mencengah hama aja, untuk pupuk bisa juga menggunakan micin dilarutkan

Balas

wah kalau itu saya juga lagi mencari - cari mas, tapi belum nemu hehehe

Balas

iya mbak master itu tergantung pemeliharaan dan didikan tentunya hehehe

Balas

sepertinya begitu mas, harus selalu memakai tabir surya eheheh

Balas

dulu saya punya mang, anggrek banyak tapi sekarang habis saya kasihkan saudara2 krn saya capek nyirami, hehehe :D akhirnya skrg saya pingin punya anggrek lagi, hmmm :)

Balas

jadi semangat lagi ya mbak. owh ya bang apa nggak kasian pohon yang di tumpangi itu bang

Balas

dah, mamang yang nanam aja deh, biar saya yang menikmati cantiknya si bunga anggrek lewat postingan..hehe (siapa tahu besok mamang pasang galeri foto bunga anggrek koleksi beliau)

Balas

daerah saya panas,,,, bsa tanam anggrek g ya mang?

Balas

Mmpir bntar d rmah'y Mang Yono, sejuk rasanya Mang..

Balas

Perawatan yang Baik Pasti akan Membuahkan Hasil yang Baik Juga yah kang ^_^ Dan makasii nih atas Ilmu Barunya :)

Balas

pokok anggrk itu seperti pokok orkid.. terima kasih share cara untuk merawatnya agar berbunga.. tentu ia mengeluarkan bunga yang cantik..

Balas

Pake payung saja mang ..

Balas

Konangan biyen gaweane njajah desa milang kenya ya ... hehehe

Balas

intensitas pemupukan di musim hujan dan kemarau masing2 berapa kali seminggu Mang. Matur nuwun.

Balas

om tanya,, anggrek saya ada hama bekicotnya.... tiap pagi musti ngambilin tuh bekicot banyak yang makanin akar anggrekku om.... gmn y om cara ngatasinnya??? matur nuwun ^_^

Balas

Saya bnyak merawat anggrek nih om..
Klo berbunganya jg lama bgt..
trus gmpang layu..
Saya sistem pot..
klo penyiraman rutin tp cuma di sore hari saja...
Itu biar lebih cpat berbunga gmn ya om..?

Balas

sepertinya untuk semua anggrek juga bisa sob, maklum saya cuma punya 2 jenis anggrek hehe

Balas

silahkan dicoba sob, awalnya saya juga dapet minta satu pohon dan selama 5 tahun lebih jadi banyak hehehe

Balas

iya mas, jangan lupa anggreknya suruh cuci tangan dan gosok gigi heheh

Balas

waw mantab tuh mas Raw...

malah saya gagap soal bahasa Mas Is hehehe

Balas

Iya mbak Indri, anggrek itu bagus pas berbungannya heheeh.

kasihan sih - kasihan tapi gak membuat mati pohonnya mas hehehe

Balas

Iya deh mbak, mendingan lihat di postingan aja, khan gak cape nyiramin hehehe

Balas

biasanya kalau didaerah panas menggunakan Ram atau net bisa juga di tanam di bawah kanopi atau bawah pohon yang rindang.

Balas

silahkan mas, apalagi sambil seruput es kelapa muda ya heheheh

Balas

betul sekali, kalau gak dirawat dengan baik, nati anggreknya marah dan nangis hehehe... semoga bermanfaat.

Balas

oooh sama ya Mizz, malah saya tidak tahu pokok Orkid hehehe.

betul sakali kalau anggrek pas berbunga, rasanya adem melihatnya hehehe

Balas

kalau yang saya lakukan penyiramannya seminggu sekali sedangkan pemupukan 1 bulan sekali, mungkin menurut para master yang dilakukan oleh saya ini kurang maksimal ehheeh

Balas

kalau untuk Bekicot kalau sedikit cukup diambil dan dibunuh. Tapi kalau banyak ya perlu dibasmi menggunakan pestisida. Atau dijebak obat Metadeks dalam dedak halus dan dicampur dengan air secukupnya, campuran ini lalu ditaruh di tempat-tempat yang sering dilewati bekicot, biasanya bekicot beraksi dimalam hari

mungkin yang memakan akar anggrek adalah Kumbang Penggerek Akar, biasanya saya menggunakan kapur ajaib dengan menggaariskan di sekeliling pot anggrek, ini untuk mengusir semut juga hehehe, tapi gak tau kalau menurut masternya Anggrek apa cara saya ini salah hehehe

Balas

Untuk mempercepat keluar bunga, mungkin sesuai yang saya alami dan saya praktekan

Bisa juga dari udara yang baik untuk menstabilkan suhu apabila terlalu panas bisa meletakan air di bawah anggrek yang digantung, karena penguapan air dapat melembabkannya

Untuk penyiraman yang saya lakukan biasanya pada waktu pagi.

Menurut para master harus diberi pupuk dengan kandungan kalium tinggi,
secara teratur 3hari sekali, katanya dalam waktu 2 bulan saja akan muncul tangkai bunga.

dan Tips terakhir dari saya mungkin dengan cinta dan perhatian
anggrek akan bisa tumbuh dengan sehat dan berbunga indah. Karena anggrek makluk hidup juga khan eheheheh

Balas

Wah asyik nih, sekali kali mampir ke rumah mang yono liat anggrekmya sambil seruput daun mudanya, eeh kelapa mudanya.

Balas

Mang,, boleh nanyak kan. Sayabaru nanam anggrek, saya tanam dalam pot ygng saya beri arang, supaya sianggrek sehat dan rajin berbunga gmn ya caranya? Apa benar anggrek harus diberi makan tomat/mecin (a...o..t.)?

Balas

betul sob, itu sesuai yang saya lakukan, saya suka kasih anggrek dengan mecin yang di encerkan, asal jangan keserngan disiram aja ya hehehe

Balas

Pagi pak yono,saya mau tanya saya ada 3 anggrek saya tanam dalam satu pot panjang terbuat dari semen tapi lama kelamaan anggrek saya hanya tumbuh tunas tunas baru dan daunnya sedikit.untuk media tanamnya lebih baik pakai apa yah pak supaya anggrek saya tumbuh sehat

Balas

Silahkan mas boleh dilihat anggreknya, sambil bawa bingkisan kalau mau main kerumah saya hehehe

Balas

media tanam boleh menggunakan kayu pakis, arang atau sabut kelapa, untuk pemupukannya kalau saya biasa menggunakan Micin ( bumbu masak ) dilarutkan dalam air terus disiram ke akar anggrek

Balas

Mang Yono, tolong infonya untuk dosis micin dan air perbandingannya berapa? terima kasih.

Balas

Kalau menyirami anggrek dengan menggunakan air cucian beras itu bagus tidak ya Mang Yono? Apa ada efek sampingnya buat tanaman anggrek? Terima kasih.

Balas

Saya bru saja beli anggrek,tp lama kelamaan dunnya gugur, alias menguning, gimna cara mengatasinya

Balas

Bisa juga ya mas,, pakai micin.. soalnya saya jg lagi koleksi anggrek...?

Balas

susah jg ya memelihara bunga anggrek gan

Balas

merek ap yg bagus untuk tanaman anggrek

Balas

Sore mas yono,di tmpat sy kerja tiap bulan beli aggrek bulan dn t8ap bln lbih 10anggrek layu di buang..syg ;t sy coba r@wat tp g bisa berbunga mlh mati..apkah bisa berbunga lagi anggrek. Sudah layu itu mhn saran cepi.prihatin@gmail.com

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger