logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah.

Sampurasun .... Rampes .

MANGYONO.com - Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi  utuk pecel, dibuat urap atau lalapan mentah. Mungkin sebagian orang merasa asing dengan lalapan yang satu ini, tetapi bagi masyarakat di daerah sunda atau tepatnya di daerah saya gunda ini sudah biasa dikonsumsi. 

Gunda adalah gulma disawah yang bisa  dikonsumsi utuk pecel / lotek atau lalapan mentah. Gunda sering di konsumsi oleh masyarakat di kampung saya sebagai lauk-pauk pelengkap nasi.Tanaman ini tumbuh liar di daerah pesawahan, jadi tumbuhan gunda ini tidak ditanam, gunda merupakan gulma pengganggu tanaman padi.

Gunda adalah gulma disawah yang bisa  dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah. 
Pohon gunda diantara rumpun padi

Kalau saya mengkonsumsi Gunda ini kadang suka waktu masih mentah, kalau istri saya sering membuat pecel gunda, untuk pembuatannya hampir sama seperti pecel, pecel lainnya yaitu dikukus dan dikasih bumbu kacang, atau gunda ini bisa dibuat oseng – oseng atau dikukus / direbus dulu dan di colek pada sambal ... hehehe. 

sambal dicolek pakai rebus gunda
 Rebus Gunda pas mantab dicolek ke sambel

Rasa dari lalapan gunda, yaitu rasanya pahit – pahit enak hehehe. Seperti mengkonsumsi daun pepaya, tapi lebih pahitan daun pepaya ding ... hehehe.

Pohon Gunda biasanya tumbuh di sawah di antara tanaman padi yang berumur 2 bulan, biasanya gak lebih dari umur tanaman padi segitu, karena umur padi dua bulan merupakan waktunya penyiangan, ngarambet atau ngagurul, jadi gundanya juga ikut dicabut, kadang pas waktu penyiangan itu gunda – gunda dipisahkan untuk lalapan atau dibuat masakan lainnya.

Pohon gunda bentuknya hampir sama dengan kangkung biji. Cara untuk menambul gunda ini cukup gampang yaitu dengan cara dipetik atau dicabut dengan akarnya. Berhubung ditempat saya ada
penjual lotek keliling , jadi Blog mang Yono sekarang berani menuliskan cara membuat lotek, karena sering melihat racikan lotek ... hehehe

Cara membuat lotek gunda :
Siapkan Gunda secukupnya boleh juga ditambah kacang panjang, kol atau toge, kalau saya lebih suka gunda saja, tampa dicampur dengan sayuran yang lainnya.

Bahan bumbu lotek  :
(1).  Kacang tanah goreng secukupnya
(2). Bawang putih sesuai selera.
(3).  Cabai rawit merah sesuai selera
(4). Gula merah secukupnya
(5). Garam secukupnya
(6). Asam jawa secukupnya
(7). Kencur secukupnya

Cara membuat lotek
(i).  Pertama rebus Gunda dan sayuran lainya.
(ii). Buat sambal bumbu yaitu dengan mencampurkan bahan nomor 3,4,5,6 dan no. 7 semua bahan haluskan dengan ulekan  lalu campurkan sayuran dengan bumbu dengan cara diulek sambil diaduk supaya bumbu tercampur merata. . 


Baca : Mencari lalapan gunda di sawah




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

Penggangu tanaman tapi bisa du jadiin panganan mengasyikan ya mang... :)

Balas

Saya juga suka tuh Mang dengan daun gunda
Ibu saya dulu suka masak gunda di buat rumbah

Balas

gunda ini dikampung saya disebut gundo mang, biasanya hidup di persawahan :D
enak sekali ya mang jika dijadikan kulup pecel, hehehe ;)

Balas

gunda ini sama dengan krokot nggak sih Mang? kalau saya sih taunya rumput krokot, yang memang enak dimakan ...daunnya juga kecil bulat kayak gitu.

Balas

Rebus Gunda memang cocoknya dibuat pecel sama lotek.... Mantap Mang jadi ngiler nih he..

Balas

iya mas, jadinya kalau mau ngambil Gunda seperti pribahasa sambil menyelam minum air hehe

Balas

wah ada nama lainnya masakan Rumbah apa itu kang?

Balas

betul mbak nama tiap daerah mungkin berbeda, kalau sunda Gunda, Jakarta Gunde, dan di tempat mbak Indri gundo ... tapi bentuk dan rasanya pasti sama ya ehehhe

Balas

Gunda dengan Krokot lain mbak KK, kalau gunda rasanya pahit dikit, kalau krokot ada kecut - kecut atau asem dikit, kalau ditempatsaya krokot biasa disebut tumbuhan Gelang ... tapi bukan gelang sepatu gelang.... gelang sirama - rama ya hehehe

Balas

betul kang hujan - hujan begini enaknya makan lotek/pecel gunda yang anget - anget hehehe

Balas

Gunda kalau di daerah saya namanya apa ya mang ..? kayaknya namanya aneh di telinga saya. Kalau dibikin pecel enak ya kang ..? pengin nyoba, tapi cari gundanya dimana ..?

Balas

Sambelnya pecel enak tuh walau dikit pahit

Balas

kayaknya saya belum pernah makan nie, enak sepertinya

Balas

saya sangat suka dengan lalapan yang seperti ini mang hehe

Balas

Ini kalau dikampung namanya gundo kali ya kang, yang daunnya lembut.

Uenak tenan kalau di jadikan campuran pecel

Balas

Mungkin dikarenakan saya yang kurang suka sayur jadinya masih asing dengan sayur ini mang

Balas

Kalau di daerah lain gunda di sebut apa ya mang.. Soalnya saya baru denger nih mang ada tumbuhan bernama gunda.. Hehehe genjer bukan ya.?

Balas

Sy tinggal di pandeglang, terakhir makan gunda sebelum menikah dgn orang jawa tahun 2004, dan setiap mau pulang selalu nitip sama ortu atau saudara tetapi tdk pernah dapat krn selain jarang ditemukan di pasar, kalaupun ada selalu cepat habis, jadi momentnya jg selalu tdk tepat, hingga tgl. 3 Mei 2014 kemarin sy ditelpon kalo sdh disediakan daun gunda, sy pun langsung cabut pulkam dgn keluarga, akhirnya bisa makan gunda sepuasnya, makan begitu nikmat luar biasa, bahkan pas mau pulang dibeliin lagi hampir setengah karung, krn takut ga kemakan sy bagi dgn saudara yg lain, sy bawa 10 ikat dan habis hanya dalam 3 hari. Sy simpan dikulkas dibungkus plastik biar awet, Gunda is the best lalapan

Balas

paling banyak di bali terutama di daerah tabanan disini bahkan di budidayakan

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger