logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mencari lalapan gunda di sawah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com  - Kalau orang sunda ... Apa sih yang gak bisa di buat lalapan... Dari daun sampai buah mentah juga bisa di buat lalapan. Seperti tumbuhan Gunda yang pahit - pahit enak ini. 

Tumbuhan Gunda dapat dijumpai di sawah – sawah, Gunda adalah gulma disawah yang bisa  dikonsumsi bisa di buat lalapan mentah atau lalapan matang alias seupan / dikukus.

Mencari lalapan gunda di sawah
FOTO : Saya sedang memetik gunda disawah 

Mungkin sebagian orang merasa asing dengan lalapan yang satu ini, tetapi bagi masyarakat di daerah sunda atau tepatnya di daerah saya gunda ini sudah tidak asing lagi bahkan kalau saya pulang kampung suka menyempatkan untuk mencari lalapan gunda di sawah. Gunda bisa untuk pecel, dibuat urap atau lalapan mentah.
 
Gunda sering di konsumsi oleh masyarakat di kampung saya sebagai lauk-pauk pelengkap nasi.Tanaman ini tumbuh liar di daerah pesawahan, jadi tumbuhan gunda ini tidak ditanam, gunda merupakan gulma pengganggu tanaman padi dan musuh para petani.

FOTO: Tumbuhan Gunda di antara rumpun padi di sawah.
FOTO: Tumbuhan Gunda di antara rumpun padi di sawah.

Pohon Gunda biasanya tumbuh di sawah di antara tanaman padi yang berumur 2 bulan, biasanya gak lebih dari umur tanaman padi segitu. Karena lewat dari umur padi segitu otomatis yang punya sawah tersebut akan melakukan penyiangan dengan cara dirambet, digurul untuk menghilangkan gulma dan rumput tersebut.

Baca : Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi

FOTO : Nenek saya sedang ngundeur gunda untuk lalapan saya ... Heheheh
FOTO : Nenek saya sedang ngundeur gunda untuk lalapan saya ... Heheheh

Cara untuk mengambil gunda ini cukup mudah yaitu dengan cara dipetik atau dicabut dengan akarnya.... Tapi gampangan dipetik sih ... Hehehe.

FOTO : Cara mengambil pohon Gunda dengan cara dipetik
FOTO : Cara mengambil pohon Gunda dengan cara dipetik, meskipun pengambilan dengan cara dipetik tanpa dipotong dengan pisau atau sejenisnya pohon gunda ini gampang sekali, pohonnya tidak alot

Rasa dari lalapan gunda, yaitu rasanya pahit – pahit enak gimana ... gimana ... gituh ... hehehe. Seperti mengkonsumsi daun pepaya, tapi lebih pahitan daun pepaya ding ... hehehe.

FOTO : Pohon gunda untuk lalapan teman makan nasi saya ... Hehehe.
FOTO : Pohon gunda untuk lalapan teman makan nasi saya ... Hehehe.

Baca juga :  
Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi dan banyak manfaatnya

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

Berarti lalapan ini sebagai gulma bagi tanaman padi, mas?

Balas

Selain dapat membersih kan padi ternyata juga dapat digunakan sebagai lalapan ya mang..

Balas

Kalo saya dulu mencari rumput yang mirip padi mang di sawah untuk di kasih makanan sapi..
Jadi pengen ke sawah lagi nih...

Balas

Baru tau kalau tumbuhan ini namanya gunda... bisa dimakan pula...

Balas

Saya pernah ngerasaknya mang, rasanya agak pahit tapi enak kalau di rebus atau dimemarkan gitu....mantap nih...sayang udah lama banget ga pernah makan lagi

Balas

nama didaerah saya bukan gunda nih kang.
tp lupa juga nih namanya.
memang enak buat lalapan,saya juga suka

Balas

aduh mang...minta maaf baru kali ini berkunjung lagi...
oh ya...masalah tumbuhan gunda yang tumbuh di sawah di kalimantan juga ada, tapi banyak orang menganggap kalau itu cuma pengganggu, makanya saya sering panen gunda buat dijadikan sayur...kadang kalau lagi rajin bisa sampai satu kantong plastik besar mang. itulah yang saya bingung, kok orang kalimantan gak tau kalau itu sebenarnya sayur.

Balas

mungkin saya geh pernah makannya mang, tapi ga tahu namanya

Balas

gimana rasanya ya apa sama dengan kayak sawi

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger