logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.

Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.

Sampurasun ...... Rampes.... Banyak orang menanam pohon anggur dihalaman Rumah, selain untuk peneduh bisa juga untuk meredam Global Warming hehehe, pohonnya subur dan nampak sehat tapi mengapa tidak berbuah, itu lah yang saya belum tahu dan Itulah yang menjadi bahan pertanyaan banyak orang termasuk saya sendiri bertanya pada diri sendiri heheh.

Terus bagai mana supaya Pohon Anggur yang kita tanam di halaman rumah atau kebun kita berbuah rutin setelah pemangkasan.


Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.
Ini Buah anggur saya yang ditanam di depan Rumah
Sebelumnya saya sudah pernah nulis di Blog Mang Yono tentang Cara menanam atau semai Anggur dengan stek.


Nah, kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Cara Agar Pohon Anggur Selalu berbuah. Tapi kalau ada kekurangan mohon ditambahkan ya, maklum saya bukan ahli dalam berkebun apalagi dalam budidaya anggur.


Bagi Sobat yang sudah mempraktekan Tip – tip atau Cara Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin, tetapi hasilnya nihil, itu sama dengan yang pernah saya alami selama ini, eit itu yang saya lakukan di Jakarta loh, lain lagi kalau saya lakukan pada pohon Anggur di depan Rumah saya, hasilnya sedikit terhibur hehehe, meskipun buahnya tidak terlalu banyak, tapi lumayan lah selalu ada terus buahnya setelah melakukan cara / tip ini. Mungkin di Jakarta cuacanya tidak cocok ya.


Nah, bagi sahabat yang ingin tahu tips atau Cara Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin, yuk kita simak caranya:
Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.
Buah anggur saya yang ditanam di depan Rumah sudah terlihat ada yang merah


1. Siram pohon anggur 2 kali sehari karena anggur sangat butuh kelembaban tinggi, kalau tanahnya basah ini tidak perlu dilakukan, atau pada musim hujan penyiraman tidak boleh dilakukan, apalagi pas hujan turun sambil bawa payung, nanti malah diketawain sama orang yang melihat heheh.

Pohon Anggur saya meskipun musim hujan tetap berbuah walau tidak lebat
Pohon Anggur saya meskipun musim hujan tetap berbuah walau tidak lebat

2. Setelah pohon anggurnya nampak subur, puasakan atau hentikan menyiram selama 7 hari atau selama 1 minggu berturut - turut.
Pohon Anggur Saya Berbuah Rutin.
Pohon Anggur Merah sedang berbuah kalau mentah warnanya hijau kalau matang merah tua


3.Terus siram lagi 1 kali sehari dan dipupuk dengan menggunakan  NPK dan KCL dengan perbandingan 1 : 1 atau saya biasa menggunakan pupuk micin ( ini bukan pupuk tapi bumbu masak )


4. Setelah disiram 4 hari, pangkas atau potonglah semua daun dan ranting atau cabang tidak sehat. usahakan jangan ada daun yang tersisa, daun harus di buang semua, ini untuk merangsang tumbuhnya daun muda / pucuk.

Setelah Pemangkasan Pohon Anggur Saya Berbuah Rutin.
Setelah Pemangkasan Pohon Anggur Saya Berbuah Rutin.



Nah setelah Cara Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin sobat praktekan untuk selanjutnya tinggal menunggu Anggur akan segera timbul tunas atau pucuk – pucuk baru pada ranting atau dahan kecil yang dipangkas. Nah daun baru atau tunas baru ini akan dibarengi dengan munculnya bunga – bunga anggur dan selanjutnya akan menjadi buah.


Memang sih setiap orang itu tidak langsung bisa dan pintar mempraktekan dan pohon anggurnya langsung berbuah, tapi dengan kebiasaan dan sesering mungkin nanti kita tahu bagaimana caranya, dengan pengalaman akhirnya kita menjadi bisa.

Itu Poto - poto diatas potonya saya jepret pada pada tanggal 2 Maret 2014,  pohon anggur di depan Rumah saya tanam 5 Tahun yang lalu.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

62 komentar

wah bermanfaat sekali tips tentang tanaman anggur ini. sayang dirumah tidak punya pohon angur. turut menyimak saja..

Balas

Kok pake micin Mang, kayak mau masak ajah..he.. :)

Balas

wah saya gk punya pohon anggurnya mang..

Balas

kalau nanam pohon anggur tinggal batangnya saja mang...boro-boro sampai berbuah...

Balas

Buat ngiler buah anggurnya.......

Salam

Balas

tip yang bermanfaat mang :D makasih yo

Balas

Tipas tentang pohon anggur agar berbuah rutin menarik nih Mang Yono
Perlu di coba, kali aja buah anggur di depan rumah saya bisa rutin
Berbuah Makasih yah Mang atas Tips nya, keren deh salam hangat :-bd

Balas

jadi pengen nanam anggur mas, karena konon katanya anggur ini cuma dijadikan jamuan bangsawan :))

Balas

Kapan kapan main ketempat mamang deh
Biar pulangnya di sangoni anggur..hoho

Balas

Nanem lama neng nunggu bebuahnya
Mending pesen aja ..ma,mamang :)

Balas

Tipsnya sederhanan yah Mang namun menghasilkan,ini kudu dipraktekan nih,kebetulan didepan rumah Almarhum ( Ibu saya ) ada pohon anggur yang belum pernah berbuah,Haturnuhun Mang Yono untuk tipsnya...

Balas

lho ternyata malah harus diberhentikan sampai beberapa hari ya ritual nyiramnya..

info yang sangat berguna n fresh mang,. thx dah dishare

Balas

saya juga cuma coba - coba mas, bibitnya bisa ditanam dengan stek, saya juga dapet motes dari saudara, eh malah tumbuh sampai sekarang

Balas

hahah saya juga gak ngerti kang kok malah bagus ya pakai micin, buahnya banyak hehehe

Balas

awalnya saya juga cuma coba - coba nanam sob, eh jadi pecinta tumbuh - tumbuhan hehehe

Balas

iya awalnya dari batang terus nanti juga tumbuh daun hehehe ...

Balas

kalau yang masih hijau rasanya kecut mas, tapi kalau yang sudah memerah rasanya mantab heheh

Balas

yup, silahkan dipraktekan sob

Balas

tuh khan kang saud juga punya pohon anggur. silahkan kang semoga berhasil

Balas

kaka Elsa dulu jamuan bangsawan tapi sekarang harganya tetep mahal heheheh,

betul tuh kata Mas Pur, nanam lama mendingan beli saja ke saya hehehe

Balas

silahkan mas, mumpung geratis tapi ngambil sendiri ya hehehe

Balas

silahkan kang dipraktekan, tapi harus sabar ya, ternyata kang dede punya pohon anggur juga ya hehehe

Balas

iya mas, ini sebelum pemangkasan, sama seperti orang mau di oprasi harus puasa dulu khan hehehe

Balas

sayang banget di cilembu mah ngga ada yang nanem anggur walau hanya sekedar untuk hiasan sekalipun...ngga tau kenapabegitu ya

Balas

baca tipsnya jadi pengen nanam anggur nih :D

Balas

waduh saya gak punya kebun anggur, tapi tipsnya bermanfaat mang yono, bisa membantu para peternak anggur supaya berbuah rutin. :D

Balas

Tipsnya ga neko-neko ya Kang Yono, tapi mampu menghasilkan pohon anggur rutin berbuah. Keren dah

Balas

Wow.. makasih share ilmunya, kalo bisa sy ambil kesimpulang, di daerah panas bisa tumbuh gak ya beliau (anggur) ini?

Balas

Terimakasih tips nya mang.? Tapi sayang anggur tidak bisa tumbuh di daerah saya mang. Soalnya cuaca di daerah saya terlalu panas untuk tumbuhan anggur. Hehehehe

Balas

mang boleh ga daun anggur dipangkas saat buah anggur sudah sebesar biji kelereng

Balas

Waduhhhh... nunggunya lima tahun? Bisa dipercepat ga mang? Punyaku baru 1 meter tingginya lagipula aku tanam dari biji...

Balas

Mang,punya saya sm dg pa Bambang Nugroho.baru 1 meteran.apa perlakuannya sm dg yg ditulis diatas?
Biasanya dr sejak di stek sampai berbuah,butuh brp th ya? Trims infonya

Balas

Kalau diperlakukan dengan sungguh - sungguh mungkin gak sampai segitu Mas, Buah anggur saya juga mulai berbuahnya 2 tahunan setelah penanaman.

Balas

Kalau sudah berbuah ya jangan dipangkas dulu Mas, tunggu aja nanti pas sudah dipetik buahnya baru dipangkas, kalau dipangkas daun dan rantingnya nanti buahnya jadi layu loh..

Balas

Kalau anggurnya masa pertumbuhan mungkin gak usah seperti yang ditulis semuanya diatas pakai point 1 saja, menyuburkan pertumbuhan pohon anggurnya dan dipupuk dengan menggunakan NPK

Balas

Kalau begitu nanamnya di pot aja mas khan bisa dipindah - pindah nantinya.. atau bisa menggunakan paranet ..

Balas

Mang,bibit anggurnya saya tanam diember disiram terus-menerus (kaya aquaponic gitu..),umurnya sdh 6 bln,sdh digunduli 2x,tapi malah tumbuh tunas2 cabang,sdh merambat diparanggong 2x2 mtr,diameter cabang utamanya sdh sebesar kelingking.biar cepat berbuah harus digimana in?

Balas

izin mas mau di praktekkan, tapi pohon anggurnya baru 6 bulan sudah saya potong ujungnya yang utama

Balas

Numpang nanya mang pohon anggur sy berumur 7 bln dgn mempratekkan tip mang yono anggur sy berbuah tp buahnya kecil2 aja pdhal udah 1,5 bln gimn ya mohon sarannya

Balas

buah anggur dirumah sudah berbuah. tp krn dibungkus jd terserang tituk2 hitam dan ada jamur apa krn dibungkus?

Balas

keren mas posting nya" pohon anggur saya baru 1 tahunan sekarang sdh mulai berbunga.....

Balas

Mungkin belum saatnya berbuah... atau bisa juga terus dipangkas ranting - rantingnya... nanti tunasnya tumbuh sekalian bunganya

Balas

iya kang mending nanam ubi aja.. khan hasilnya memuaskan :)

Balas

silahkan atuh mas

Balas

tapi khan tau juga... siapa tau besok - besok kepingn nanam anggur

Balas

ini sesuai pengalaman saya aja sob... mungkin berbeda caranya dengan masternya anggur :)

Balas

sepertinya bisa juga bang... asal pake paranet :)

Balas

mungkin pupuknya kurang... pakai mecin atau pupuk kandang aja ya

Balas

bisa jadi begitu coba aja di buka atau jangan dibungkus

Balas

waw.. mantab nih.. sebentar lagi panen anggur nih

Balas

Mas yon, pohon anggur saya sudah berumur 3 tahun lbh dan sudah berbuah tapi gak lebat dan buah nya gak mau memerah padahal bibit nya dr anggur merah... Kenapa bs gitu y mas....? Tolong kasi infonya agar anggur saya bisa memerah dan berbuah lebat mas..

Balas

Mang yono anggur saya baru berumur 5bulan..boleh ngak kalu di pangkas daunnya.soalnya blom pernah di pngkas
.kalau sekali di pangkas bisa tumbuh buah ngak??????????
.beri saya pengetahuan mang..maturnuwon

Balas

Itu pupuknya penggganti npk + kcl cukup dg micin apa pengganti dari salah satunya...

Balas

Mang, buah anggur saya koq gak mau merah ya.. Padahal sudah 3 bln lebih pohon anggur saya berbuah tp gak ranum juga sampai sekarang..
Solusinya gimana mang??

Balas

Phon anggur saya di depan rumah dah 2 kali berbuah ngikutin tips nya mang yono.. Tapi blum coba tuhh pake mecinn.. Nanti coba ahkk. Kli aj mangkin banyak berbuahnya.. He

Balas

Mungkin itu anggur putih... eh, hijau...

Balas

Waw mantab sob... silahkan dicoba juga ya tips itu, biar buahnya tambah lebat

Balas

Kang yono .anggur saya sdh umur 2 blan kira kira normal.buah nya brp bulan ya saya ambil cara stek

Balas

Buah anggur sy sdh sering berbuah, tpi buahnya kecil2 dn kecut,berapa bulan kira2 buah anggur bs matang dri mulai berbuah? Kok anggur sy lama skali merahny...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger