Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.

Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.

Sampurasun ...... Rampes.... Banyak orang menanam pohon anggur dihalaman Rumah, selain untuk peneduh bisa juga untuk meredam Global Warming hehehe, pohonnya subur dan nampak sehat tapi mengapa tidak berbuah, itu lah yang saya belum tahu dan Itulah yang menjadi bahan pertanyaan banyak orang termasuk saya sendiri bertanya pada diri sendiri heheh.

Terus bagai mana supaya Pohon Anggur yang kita tanam di halaman rumah atau kebun kita berbuah rutin setelah pemangkasan.


Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.
Ini Buah anggur saya yang ditanam di depan Rumah
Sebelumnya saya sudah pernah nulis di Blog Mang Yono tentang Cara menanam atau semai Anggur dengan stek.


Nah, kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Cara Agar Pohon Anggur Selalu berbuah. Tapi kalau ada kekurangan mohon ditambahkan ya, maklum saya bukan ahli dalam berkebun apalagi dalam budidaya anggur.


Bagi Sobat yang sudah mempraktekan Tip – tip atau Cara Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin, tetapi hasilnya nihil, itu sama dengan yang pernah saya alami selama ini, eit itu yang saya lakukan di Jakarta loh, lain lagi kalau saya lakukan pada pohon Anggur di depan Rumah saya, hasilnya sedikit terhibur hehehe, meskipun buahnya tidak terlalu banyak, tapi lumayan lah selalu ada terus buahnya setelah melakukan cara / tip ini. Mungkin di Jakarta cuacanya tidak cocok ya.


Nah, bagi sahabat yang ingin tahu tips atau Cara Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin, yuk kita simak caranya:
Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.
Buah anggur saya yang ditanam di depan Rumah sudah terlihat ada yang merah


1. Siram pohon anggur 2 kali sehari karena anggur sangat butuh kelembaban tinggi, kalau tanahnya basah ini tidak perlu dilakukan, atau pada musim hujan penyiraman tidak boleh dilakukan, apalagi pas hujan turun sambil bawa payung, nanti malah diketawain sama orang yang melihat heheh.

Pohon Anggur saya meskipun musim hujan tetap berbuah walau tidak lebat
Pohon Anggur saya meskipun musim hujan tetap berbuah walau tidak lebat

2. Setelah pohon anggurnya nampak subur, puasakan atau hentikan menyiram selama 7 hari atau selama 1 minggu berturut - turut.
Pohon Anggur Saya Berbuah Rutin.
Pohon Anggur Merah sedang berbuah kalau mentah warnanya hijau kalau matang merah tua


3.Terus siram lagi 1 kali sehari dan dipupuk dengan menggunakan  NPK dan KCL dengan perbandingan 1 : 1 atau saya biasa menggunakan pupuk micin ( ini bukan pupuk tapi bumbu masak )


4. Setelah disiram 4 hari, pangkas atau potonglah semua daun dan ranting atau cabang tidak sehat. usahakan jangan ada daun yang tersisa, daun harus di buang semua, ini untuk merangsang tumbuhnya daun muda / pucuk.

Setelah Pemangkasan Pohon Anggur Saya Berbuah Rutin.
Setelah Pemangkasan Pohon Anggur Saya Berbuah Rutin.



Nah setelah Cara Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin sobat praktekan untuk selanjutnya tinggal menunggu Anggur akan segera timbul tunas atau pucuk – pucuk baru pada ranting atau dahan kecil yang dipangkas. Nah daun baru atau tunas baru ini akan dibarengi dengan munculnya bunga – bunga anggur dan selanjutnya akan menjadi buah.


Memang sih setiap orang itu tidak langsung bisa dan pintar mempraktekan dan pohon anggurnya langsung berbuah, tapi dengan kebiasaan dan sesering mungkin nanti kita tahu bagaimana caranya, dengan pengalaman akhirnya kita menjadi bisa.

Itu Poto - poto diatas potonya saya jepret pada pada tanggal 2 Maret 2014,  pohon anggur di depan Rumah saya tanam 5 Tahun yang lalu.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar