Bunga Mangga keluar bukan pada waktunya

Bunga Mangga keluar bukan pada waktunya

Sampurasun .... Rampes .. Beberapa minggu terakhir di daerah Pagaden Barat Kabupaten Subang, hampir tiap hari diguyur hujan, nah dari seringnya turun hujan selain merusak sawah – sawah karena terendam air, hama penyakit pun berdatangan seperti sang tikus, Hama wereng coklat yang menyerang padi  dll.

Nah, dalam kesempatan ini Blog Mang Yono tidak akan membahas tentang tanaman Padi, tetapi akan sedikit berbagi tentang Pohon mangga saya yang berbunga bukan pada waktunya, pohon mangga saya yang berbunga, padahal bukan musim mangga ya, dan perlu diketahui juga pohon mangga ini 4 Bulan yang lalu mangga golek dan Mangga mana lagi berbuah lebat.

Bunga Mangga keluar bukan pada waktunya - Blog Mang Yono
Ini Pohon Mangga Simanalagi Saya yang ditanam di samping Rumah

Di musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi, yang mengguyur terus - menerus, menjadi penyebab utama rontoknya bunga atau bakal buah pasca persarian. Dalam kondisi basah, benangsari lengket satu sama lain karena terikat oleh air, benangsari tidak bisa bertemu dan membuahi kepala putik.
Bunganya terlihat banyak, tapi ini seterusnya akan rontok


Bunga Mangga keluar bukan pada waktunya, sebaliknya juga di musim kemarau, suhu panas yang ekstrim disertai dengan pengaruh kelembaban yang rendah di siang hari, juga menjadi faktor fisik penyebab kegagalan persarianMungkin cuacanya harus yang sedang – sedang saja ya? ... hehehe.
Pohon mangga saya ini tidak tinggi, tingginya sekitar 2 meter lebih dikit


Akibat yang disebabkan oleh cuaca yang tak menentu itu, maka bunga akhirnya layu dan gagal membentuk bakal buah karena proses persarian bunga tidak berlangsung secara normal.

Jadi kesimpulannya, bunga yang keluar pada pohon mangga saya itu gagal menjadi buah deh. Padahal saya sudah muter – muter cari cara untuk mencegah kerontokan bunga mangga. Tapi gak nemu hehehe.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar