logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat dan khasiat dari daun Asam Jawa dan cara meraciknya

Sampurasun .... Rampes…

Awalnya saya bermaksud membuat Bonsai Asem Jawa, dan sudah di posting juga tentang Cara membuat Bonsai Asem jawa di Blog Mang Yono ini tapi berhubung pohon Asem jawa ini dari mulai pohon, kulit, buah dan daunnya ternyata berkhasiat untuk obat herbal, selai tanaman lainya seperti Sirih Merah, Handeuleum, Kacapiring  atau tanaman Apotik Hidup lainya yang saya tanam di halaman Rumah saya, ya saya selain menjadikan pohon asem ini Bonsai, daunnya suka dimanfaatkan juga.


Banyak sih yang suka minta daun Asam dan saya kasih bahkan suruh metik sendiri saja, masa orang lain minta daun Asam juga tidak boleh, khan keterlaluan ya hehehe.



Tapi daunnya sering di jadikan campuran masakan sayur asam sama istri saya heheh, katanya repot ah beli buah asem apalagi asem kawak, males kewarung, ya sudah pakai daun asam saja, sama kok rasanya hehehe.


Daun Asam Jawa mengandung bahan yang berfungsi sebagai anti radang, membantu mengeluarkan keringat, dan menghilangkan sakit. Kalau saya  waktu ABG suka memakai daun asem untuk membersihkan wajah..


Kalau tetangga saya daun asam bias di racik untuk obat Bisul, cara meraciknya katanya seperti ini daun asam jawa secukupnya, 1 genggam daun asam jawa, 1 genggam daun asam jawa yang masih muda, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.


Kalau untuk mengobati luka yang masih baru, Nenek saya suka menggunakan daun asam, dengan cara mengunyah daun asam terlebih dahulu sampai lumat terus templekan pada luka.

Baca juga :
Daun Asam Jawa ( Tamarindus indica ) sebagai penurun kolesterol 
Manfaat dan khasiat dari daun Asam Jawa dan cara meraciknya 
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

wah, bagus juga khasiat daun asam jawa terutama mengobati luka yang masih baru. Tentunya luka kecil ya mas? Terima kasih sudah berbagi ilmu mas...

Balas

Asam jawa ternyata banyak manfaatnya yah Mang Yono..? saya baru tau
Sekalian belajar cara meraciknya nih Mang. makasih atas tips nya :)

Balas

Kalau buahnya dibuat minuman aku suka, segar rasanya, manis, asam...bikin ketagihan!Ternyata ada manfaat lain ya, Mang dari sekedar di ambil buahnya...terima kasih atas shared artikelnya tentang manfaat daun asam jawa!

Balas

kalau untuk menghilangkan jerawat bisa nggak mas?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger