logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Resep Rujak Buah Jeruk Bali dan Cara Membuatnya

Sampurasun … Rampes ….      

Rumah dikampung dan mempunyai sedikit pekarangan yang agak luas, saying khan kalau tidak dimanfaatkan dengan menanam bunga atau tumbuhan buah, dengan tanaman disekeliling rumah itu situasi rumah menjadi adem ayem dan asri hehehe.


Nah, kebetulan disekitar rumah saya ini ditanam berbagai Bunga dan Pohon buah, ada Pohon Mangga, Jambu air, Srikaya dan salah satunya Jeruk Bali, meskipun pohon jeruk Bali saya yang sudah besar  mati deh Sekarang pohonnya dijadikan media tanam untuk anggrek , tapi saya mempunyai pohon jeruk Bali yang kecil, ini hasil cangkokan saya dengan menggunakan Cara mencangkok.

Resep Rujak Buah Jeruk Bali

Pohon jeruk bali saya ini umurnya hampir 2 tahun, dan ini merupakan buah pertama meskipun bukan Musim Jeruk Bali ( Pamelo) tapi berbuah juga, setelah saya lihat tuh buah jeruk balinya sudah tua. Berhubung cuaca lagi panas – panasnya ya lebih cocok di buat Rujak saja sebelumnya pernah juga saya nulis di Blog Mang Yono tentang Jeruk Bali bagi Ibu Hamil, yang ingin tahu tentang Resep Rujak Buah jeruk Bali ala saya, silahkan di simak ya hehehe.




Resep Rujak Buah Jeruk Bali

Bahan :

  • 1 Buah Jeruk Bali.

Bumbu :
Gula Merah/Gula Jawa, Cabai Rawit, Garam, Terasi

  • 5 buah cabai rawit
  • 1/2 sdt terasi bakar bagi yang suka, kalau tidak suka tidak pakai terasi juga tidak apa - apa tetapi kurang top hehehe.
  • 2 Gandu gula jawa
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

    Petik Buah jeruk bali dari pohonnya, usahakan mengambil yang sudah tua ya. Kalau tidak punya boleh beli dulu di pasar atau kepada orang yang punya, kalau lagi beruntung malah bias – bias gak usah beli tapi dikasih hehehe.
    Jeruk Bali yang tua


    Kupas Buah Jeruk Bali dengan menggunakan pisau, Baung Kulitnya , kulit buah Jeruk Bali Bisa juga untuk mainan anak – anak dibuat mobil – mobilan hehehe.

    Mengupas Jeruk Bali


    Ulek semua bumbu sampai halus. masukkan daging buah jeruk bali sedikit demi sedikit sambil di ulek dan diaduk perlahan – lahan sampai tercampur rata. 
    Mengambil daging Jeruk Bali

    Sajikan dan selamat menikmati, 


      Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
      Enter your email address to get update from Mang Yono.
      Print PDF
      Next
      « Prev Post
      Previous
      Next Post »

      8 komentar

      wuih mang, bikin ngiler rujaknya..apalagi yang lagi ngidam hehe...

      Balas

      baru tau juga kalo jeruk bali bisa dibikin rujak :D

      Balas

      Iya mas, mantab dah Rujak jeruk bali dimakan pas tengah hari yang panas hehehe

      Balas

      wah masa sih mbak belum tau, belum pernah ngidam ya hehehe

      Balas

      buat siang-siang mantep nih kang,
      emang ngga pahit tuh jeruk balinya ?

      Balas

      kayaknya enak nih pake Jeruk Bali.. thank mas atas resepnya :)

      Balas

      Betul sekali mas, siang yang panas begini cocoknya makan Rujak.

      Kok pahit mas, ya nggak lah, yang pahit itu kulit yang hijaunya, kulit yang gembosnya saja bisa dibuat manisan, belum pernah coba yaaaa hehehe

      Balas

      Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

      Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger