Cara Membuat Es Buah Campur Biji Kemangi

Sampurasun … Rampes ….      

Kemangi atau bahasa sunda biasa disebut dengan Surawung itu banyak manfaatnya seperti yang pernah saya tulis di Blog Mang Yono Tentang Manfaat dari Kemangi atau Surawung. Nama latin Kemangi adalah Ocinum Bassilum Ferina Citratum


Kemangi termasuk tanaman semak tahunan dengan ciri-ciri daunnya tunggal, berbentuk bulat telur dengan ujung daun runcing dan tepinya bergerigi. Baunya harum, bercabang banyak dengan tinggi sekitar 50 - 80 cm. Tumbuhan Kemangi ini menyukai tempat-tempat lembab dan teduh

Cara Membuat Es Buah Campur Biji Kemangi
Es Buah Campur Biji Kemangi


Nah berhubung di halaman belakang Rumah saya nanam Kemangi dan kebetulan juga agak banyak sampai bijinya tua – tua, Bentuk dari biji Kemangi yaitu biji mungil berupa titik hitam dan apabila direndam dengan menggunakan air maka titik hitam tersebut dengan selaput putih di sekelilingnya ini sering jadi campuran aneka minuman dingin bias juga digunakan sebagai pelengkap dalam es buah atau puding. 

Pohon Kemangi di belakang Rumah saya
Pohon Kemangi di belakang Rumah saya
Meskipun sebagai pelengkap si kecil ini ternyata sangat kaya akan khasiat. Menambah kekebalan tubuh hingga meredam demam. mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan panas dalam.
Buah Kemangi yang sudah Tua
Buah Kemangi yang sudah Tua

Biji Kemangi yang sudah tua tampak berwarna kecoklatan dan didalamnya terdapat biji - biji kemangi yang mukil seperti biji wijen.

Biji Kemangi yang siap direndam
Biji Kemangi yang siap direndam

Untuk dijadikan campuran Es Buah atau campuran Es lainnya, Biji Kemangi Perlu perendaman dengan air, seperti pada poto dibawah ini.


Biji Kemangi Sudah direndam
Biji Kemangi Sudah direndam

Setelah melakukan perendaman dengan air, Biji Kemangi tampak mengembang tampak dengan jelas titik hitam dengan selaput putih.

Nah, jika sudah tahu khasiat si mungil biji Kemangi. Tak ada salahnya jika nanti sore atau nati pada bulan Puasa pas berbuka puasa dengan minuman campuran biji Kemangi. Biji Kemangi segar, sejuk, juga menyehatkan.. pokoknya Mantab dah.

Resep minuman Es Buah Campur Biji Kemangi Salah satu resep minuman andalan ketika hari panas terik seperti ini.


Yuk, kita simak Cara membuat Es Buah Campur Biji Kemangi

  • Puding 50 gram
  • Buah Apel
  • Buah Mangga
  • Buah Blimbing 
  • Biji Kemangi yang sudah direndam dengan air
  • Rumput Laut secukupnya
  • Sirup Merah secukupnya
  • Susu Cair Putih secukupnya

Cara Membuat 
Potong – potong apel , Mangga , Blimbing , Puding dan Rumput Laut berbentuk dadu atau kotak atau tergantung selera  

Masukkan semua ke Mangkuk , termasuk juga Biji Kemangi yang sudah direndam dengan air
kemudian masukkan Sirup , Susu dan Es batu

Selamat menikmati hehehe.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar