Resep Rujak Buah Jeruk Bali dan Cara Membuatnya

Sampurasun … Rampes ….      

Rumah dikampung dan mempunyai sedikit pekarangan yang agak luas, saying khan kalau tidak dimanfaatkan dengan menanam bunga atau tumbuhan buah, dengan tanaman disekeliling rumah itu situasi rumah menjadi adem ayem dan asri hehehe.


Nah, kebetulan disekitar rumah saya ini ditanam berbagai Bunga dan Pohon buah, ada Pohon Mangga, Jambu air, Srikaya dan salah satunya Jeruk Bali, meskipun pohon jeruk Bali saya yang sudah besar  mati deh Sekarang pohonnya dijadikan media tanam untuk anggrek , tapi saya mempunyai pohon jeruk Bali yang kecil, ini hasil cangkokan saya dengan menggunakan Cara mencangkok.

Resep Rujak Buah Jeruk Bali

Pohon jeruk bali saya ini umurnya hampir 2 tahun, dan ini merupakan buah pertama meskipun bukan Musim Jeruk Bali ( Pamelo) tapi berbuah juga, setelah saya lihat tuh buah jeruk balinya sudah tua. Berhubung cuaca lagi panas – panasnya ya lebih cocok di buat Rujak saja sebelumnya pernah juga saya nulis di Blog Mang Yono tentang Jeruk Bali bagi Ibu Hamil, yang ingin tahu tentang Resep Rujak Buah jeruk Bali ala saya, silahkan di simak ya hehehe.




Resep Rujak Buah Jeruk Bali

Bahan :

  • 1 Buah Jeruk Bali.

Bumbu :
Gula Merah/Gula Jawa, Cabai Rawit, Garam, Terasi

  • 5 buah cabai rawit
  • 1/2 sdt terasi bakar bagi yang suka, kalau tidak suka tidak pakai terasi juga tidak apa - apa tetapi kurang top hehehe.
  • 2 Gandu gula jawa
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

    Petik Buah jeruk bali dari pohonnya, usahakan mengambil yang sudah tua ya. Kalau tidak punya boleh beli dulu di pasar atau kepada orang yang punya, kalau lagi beruntung malah bias – bias gak usah beli tapi dikasih hehehe.
    Jeruk Bali yang tua


    Kupas Buah Jeruk Bali dengan menggunakan pisau, Baung Kulitnya , kulit buah Jeruk Bali Bisa juga untuk mainan anak – anak dibuat mobil – mobilan hehehe.

    Mengupas Jeruk Bali


    Ulek semua bumbu sampai halus. masukkan daging buah jeruk bali sedikit demi sedikit sambil di ulek dan diaduk perlahan – lahan sampai tercampur rata. 
    Mengambil daging Jeruk Bali

    Sajikan dan selamat menikmati, 

      Share:

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar