logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah

Sampurasun ..... Rampes ..  

Blog Mang Yono. # Pertanian. Yang suka menanam padi di sawah, pasti mengenal jenis tanaman pengganggu satu ini. Gunda, ya namanya Gunda merupakan salah satu tanaman yang merugikan tapi bisa dimanfaatkan sebagai Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah

Gunda menimbulkan kerugian-kerugian karena mengadakan persaingan dengan tanaman pokok, mengotori kualitas produksi pertanian, dan menimbulkan allelopathy.

Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah
Tumbuhan / Gulma Gunda dibasmi dengan cara dicabut untuk dimanfaatkan sebagai lalapan, dikukus, dilotek atau dibuat pecel. Tumbuhan gunda ini pohonnya mirip dengan kangkung biji, tapi rasanya agak pahit - pahit enak dan lebih empuk dari kangkung.

Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah:
Apabila Gunda tumbuh caranya: Setelah tanam atau Tandur usahakan Air dalam Petak Sawah itu tetap ada,kedalamanya sekitar 15 cm. Biarkan terus sampai dipastikan tidak akan tumbuh Gunda itu,atau sekitar 40 hari, karena padi yan berumur 40 hari biasanya sudah agak berjejal,agak tinggi, Gunda tidak akan tumbuh sempurna dibawahnya.

Apabila Gunda masih tumbuh: Sewaktu memberi Pupuk kedua,campuri dengan obat pembasmi hama atau Gulma, boleh apa saja merek yang disukai dan cocok,taburkan merata bersamaan dengan pupuk tadi.

Bisa dengan disemprot,biasanya obat pembasmi ini berbentuk Powder atau Bubuk.caranya, Isi tabung semprotan dengan air sampai 75 % penuhnya,kemudian tambahi dengan obat bubuk,namun sebelumnya harus dicairkan dulu pada bak dengan air,baru tuang di tabung sampai penuh, ukuranya biasanya satu tabung dikasih satu saset,barulah semprotkan merata diatas tanaman padi, padinya nggak mati kok.
 


Apabila cara - cara diatas Gundanya masih tetap ada juga, haruslah digunakan cara yang terakhir, yaitu :
Disiangi, digurul atau di Rambet / dicabuti dengan tangan langsung,biasanya menggunakan tenaga para pria atau wanita secara bersama-sama, nanti Gundanya dipisahkan dari tanaman Gulma lainnya.
Karena Gunda ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan lalapan mentah atau lalapan matang / rebus atau bisa juga dibuat oseng – oseng, pecel dan lotek. Silahkan baca juga  Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Tanaman gunda daunnya terlihat seperti daun pohon singkong ya Mang ? enak kali ya buat lalapan kalau pakai sambel. :D

Salam

Balas

Seperti kata Mang Yono sebelumnya, tumbuhan apa saja bisa tumbuh, namanya juga tumbuhan hehehe. Tapi si Gunda ini tumbuh sembarangan saja, selalu ingin berteman sama tumbuhan padinya Mang Yono.Dan akhirnya si Gunda dikenalkan dengan teman yang satu ini, yaitu sambal..!!! hahaha... mantap mang, walau pahit sedikit.

Balas

wah cocok banget ini master buat lalapan ya gunda nya, dicampur sama sambel kacang, maknyus master :D

Balas

Kalau aku biasanya di rebus dulu tapi jangan terlalu lunak biar nggak terlalu pahit.terus nikmati dengan sambal tomat atau terasi

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger