Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah

Sampurasun ..... Rampes ..  

Blog Mang Yono. # Pertanian. Yang suka menanam padi di sawah, pasti mengenal jenis tanaman pengganggu satu ini. Gunda, ya namanya Gunda merupakan salah satu tanaman yang merugikan tapi bisa dimanfaatkan sebagai Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah

Gunda menimbulkan kerugian-kerugian karena mengadakan persaingan dengan tanaman pokok, mengotori kualitas produksi pertanian, dan menimbulkan allelopathy.

Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah
Tumbuhan / Gulma Gunda dibasmi dengan cara dicabut untuk dimanfaatkan sebagai lalapan, dikukus, dilotek atau dibuat pecel. Tumbuhan gunda ini pohonnya mirip dengan kangkung biji, tapi rasanya agak pahit - pahit enak dan lebih empuk dari kangkung.

Cara membasmi tumbuhan / gulma Gunda di sawah:
Apabila Gunda tumbuh caranya: Setelah tanam atau Tandur usahakan Air dalam Petak Sawah itu tetap ada,kedalamanya sekitar 15 cm. Biarkan terus sampai dipastikan tidak akan tumbuh Gunda itu,atau sekitar 40 hari, karena padi yan berumur 40 hari biasanya sudah agak berjejal,agak tinggi, Gunda tidak akan tumbuh sempurna dibawahnya.

Apabila Gunda masih tumbuh: Sewaktu memberi Pupuk kedua,campuri dengan obat pembasmi hama atau Gulma, boleh apa saja merek yang disukai dan cocok,taburkan merata bersamaan dengan pupuk tadi.

Bisa dengan disemprot,biasanya obat pembasmi ini berbentuk Powder atau Bubuk.caranya, Isi tabung semprotan dengan air sampai 75 % penuhnya,kemudian tambahi dengan obat bubuk,namun sebelumnya harus dicairkan dulu pada bak dengan air,baru tuang di tabung sampai penuh, ukuranya biasanya satu tabung dikasih satu saset,barulah semprotkan merata diatas tanaman padi, padinya nggak mati kok.
 


Apabila cara - cara diatas Gundanya masih tetap ada juga, haruslah digunakan cara yang terakhir, yaitu :
Disiangi, digurul atau di Rambet / dicabuti dengan tangan langsung,biasanya menggunakan tenaga para pria atau wanita secara bersama-sama, nanti Gundanya dipisahkan dari tanaman Gulma lainnya.
Karena Gunda ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan lalapan mentah atau lalapan matang / rebus atau bisa juga dibuat oseng – oseng, pecel dan lotek. Silahkan baca juga  Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar