Pohon Hanjuang sebagai tanaman pembatas blok sawah

Sampurasun .... Rampess...

Blog Mang Yono. Tanaman hanjuang memiliki bentuk pohon tegak, jarang sekali bercabang, Tinggi dari pohon hanjuang dengan kisaran 2 - 4 meter. Tanaman ini kebanyakan dimanfaatkan sebagai tanaman pembatas blok pada sawah, untuk pembatas blok sawah biasanya ditanam pada pematang sawah / galengan, tapi ada juga yang ditanam pada pinggir sawah untuk penanda / pembagian yang menanam padi. Dipilih Pohon Hanjuang sebagai tanaman pembatas blok sawah, karena pohon hanjuang itu gampang tumbuh, tanpa penyiraman juga bisa tumbu, mana mungkin khan sengaja ke sawah hanya untuk menyiram pohon hanjuang doang hehehe. Daun hanjuang dapat digunakan untuk pembungkus makanan dan menurut hasil penelitian memiliki manfaat dan khasiat  antibakterial. Banhkan Tanaman Pohon Hanjuang adalah pohon yang berhasil tembus Ekspor.

Kalau menurut Mitos, tanaman hanjuang ini adalah tanaman pembawa rezeki atau pembawa hoki, tapi menurut saya semua tanaman itu bagus asal ditanam sesuai tempatnya, jangan menanam tanaman di tengah jalan, karena akan menghalangi orang yang mau lewat hehe.

Pohon Hanjuang sebagai tanaman pembatas blok sawah
Pohon Hanjuang sebagai tanaman pembatas blok sawah. Ini saya jepret di sawah saya di blok cibandung, kampung Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, Subang

Untuk yang mau menanam  di pematang sawah atau di tempat lain, bahkan dengan media air sekalipun sangat gampang tumbuh, kalau yang penasaran dengan tanaman ini silahkan baca di Blog Mang Yono pada artikel sebelumnya tentang manfaat dan khasiat serta cara budidaya dari tanaman hanjuang.

Pohon hanjuang sebagai pembatas blok sawah
Pohon hanjuang sebagai pembatas blok sawah saya

Untuk penanaman di tanah cukup tancapkan potongan  pohon hanjuang kira kira 20 cm atau bisa lebih, boleh dibuang daunnya atau dibiarkan saja. Dengan waktu 2 – 3 bulan maka akan tumbuh tunas dan akar.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar