logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman Ganyong bagus untuk tanaman hias

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Ganyong termasuk komoditas umbi-umbian. Tapi Ganyong belum sepopuler ubi kayu dan ubi jalar, apalagi ubi Cilembu yang berasal dari Desa Cilembu asli .. hehehe.

Katanya Ganyong merupakan salah satu bahan pangan yang bergizi cukup tinggi terutama kandungan karbohidratnya, disamping itu dapat dijadikan beranekaragam kue termasuk makanan bayi atau juga cuma direbus atau di kukus sebagai camilan menonton Bola hehehe. Rasa dari umbi ganyong ini cukup enak, rasanya manis, pulen, pokonya mantab deh. Tanaman Gayong ini cocok ditanam di lahan pekarangan, tegalan, pematang sawah ditumpangsarikan dengan tanaman palawija lainnya atau di taman kesayangan. Selain tanaman ganyong berfungsi sebagai tanaman penutup tanah, tanaman ganyong juga bisa dijadikan sebagai tanaman hiasan taman karena bunganya juga cukup menarik 

Tanaman Ganyong bagus untuk tanaman hias dipekarangan
Seperti yang saya lakukan, tanaman Ganyong saya tanam di pekarangan, sekaligus dijadikan tanaman hias. Nah untuk menanam Ganyong tidaklah terlalu sulit.  Untuk mencari bibit tanaman Ganyong yaitu dari umbi atau anakan dari rumpun indukan, sesuai yang saya ketahui, ganyong itu ada 2 jenis yaitu Ganyong putih dan Ganyong Merah, yang dapat dibedakan dengan warna batang dan Urat pada daun.

Umbi Ganyong
Yuk, kita simak cara menanam Ganyong ala saya hehehe:
  1. Pertama pilih bibit yang baik, yaitu bibit yang berasal dari ubi atau
    anakan yang sehat dan indukan yang tua.
  2. Buat lubang tanam secukupnya kalau saya biasa memakai alat kored yaitu cangkul yang kecil, ukuran lubang kira – kira 5 cm x 5 cm, atau terserah anda - andini
  3. Terus tanamkan bibit satu persatu kedalam lubang tanam dengan arah tunas menghadap ke atas, awas jangan terbalik ya hehe.
  4. Selanjutnya tutup (timbun) bibit dengan tanah galian tadi.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

Saya coba untuk tanam ala mang yono :)

Balas

wah ganyong ini kesukaan saya mang, daripada ditanam di pot lebih baik direbus lalu ditaburi sedikit garam rasanya manis dan gurih hmmm :D

Balas

Silahkan mas, nanti kalau sudah panen saya dibagi ya ehhehe

Balas

Hahha kalau direbus semua nanti tidak punya bibit lagi mbak Juragan,

Balas

Nanti aku di bagi ya Mang kalau sudah di rebus. Nunggu kiriman aja. :D

Balas

Taman gayong yang buat indah bunganya ya Mang ?

Salam

Balas

selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias ternyata tanaman yang bernama ganyong ini bisa dikonsumsi... nampaknya setelah ini saya juga akan ikut mencoba menanam tanaman ini :)

Balas

Ohh... baru tahu itu namanya Ganyong :D, ada di rumah punya ibuku :D

Balas

sayang sekali rumah saya tidak ada halamannya, mang... jadi tidak bisa tanam ganyong

Balas

haha, teman-teman saya suka bilang "wereu ganyong"
dan kali ini saya baru tau tanamannya, padahal tiap hari juga suka liat, cuman gak tau namanya aja :D

Balas

Betul sekali Mas, nanti kalau sudah banyak, umbinya bisa di masak dibuat kue atau hanya direbus buat camilan nonton bola hehehe

Balas

Betul mas, jadi dapat 2 keuntungan, bisa buat hiasan umbinya juga bisa dimakan, bahkan bisa dibuat berbagai macam kue dan roti

Balas

terus kalau baru tau, sehari - harinya nyebut apa pada tanaman yang satu ini de ... hehehe

Balas

khan bisa ditanam di pot, Cak ... tapi gak apa lah, tanamnya titipkan saja ke kebun saya hehehe

Balas

Mungkin weureu ganyong karena makannya kebanyakan saja mas, atau ganyong yang masih mentah dimakan heheheh

Balas

Salam Blogger,.. nice blog info kang..

hm,, baru tau dan dengar saya ada tumbuhan ganyong, apa mungkin beda nama yaa ?

Balas

Salam blogger kembali...

Mungkin juga beda nama, tapi nama nasionalnya juga Ganyong, silahkan cari dengan kata kunci Ganyong di Google mungkin ada yang sama

Balas

saya tau tanaman itu, bunganya sering dibuat kuku kukuan kalau lg kecil ^_^ tapi baru tau kalau itu bisa dimakan, emang enak ya trs rasanya kaya apa yah?

Balas

neneknya anak-anak...udah budidaya ganyong.
tiap hari libur pasti m'bikin sesuatu dari ganyong...kadang enak, kadang biasa biasa...lebih banyak ngga enaknya seh :)

Balas

Betul sekali, saya juga waktu kecil suka bermain kuku - kukuan dengan ditempel di kuku bareng anak - anak perempuan...

Di daerah lain malah tanaman ini di bududayakan, karena umbinya bisa dibuat bahan untuk membuat roti, dan kue lainnya

Balas

Wah baru dengar nih ada tanaman jenis ini. Hmmmmm.
Tanaman Ganyong ya. Unik namanya. Berbau nama Korea ya
Hihihihi

Balas

Seperti bunga ya…, tapi bunga apa lagi namanya saya gak tau soalnya gambarnya kurang jelas buat saya.

Balas

ohh itu namanya tanaman ganyong ya mang :D

Balas

Di beberapa daerah tanaman ini di budidayakan kang, karena bisa dibuat tepung dan bahan untuk kue atau roti

Balas

Betul sekali tanaman ini bunga dan daunnya bagus buat hiasan taman, kalau bungannya bisa ditempel di kuku itu banyak dipakai mainan anak perempuan buat kuku - kukuan jaman dulu, umbinya bisa dikonsumsi dan dibuat tepung

Balas

betul, kalau ditempat akang namanya apa coba hehehe

Balas

web kang yono bagus , banyak manfaat dan tips yang bisa kita aplikasikan di aktivitas sehari hari sukses selalu

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger