logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue -

Sampurasun .... Rampes ....

Blog Mang Yono. Kemarin hari minggu tanggal 20 Juli 2014 saya nyuci motor yang sering dipakai si Sulung, setelah hampir selesai saya dikagetkan dengan ban motor yang tertancap paku yang sudah berkarat, mungkin ini paku sudah lama menancap di ban motor, tapi untungnya Ban motornya ban Tubles, Ban Tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam dan memiliki daya tahan ketika tertusuk benda tajam yang tidak merobek ban.

Ketahanannya adalah jika benda seperti paku tersebut masih menusuk ke dalam ban, maka ban belum langsung kempes atau habis anginnya. Saya bingung mau tambal ban di mana, sedangkan sudah agak malam, paginya motor tersebut akan dipakai. Saya teringat Cara menambal Ban Tubeless dengan mudah dengan hasil yang memuaskan yang dapat dilakukan dapat dilakukan sendiri tanpa harus merusak ban tersebut.  Kalau ditambal di tukang tambal malah suka dirobek atau dibuat besar lubangnya dengan menggunakan alat, agar karet tambalnya yang sebesar jari kelingking bisa masuk dan bisa menyumpal lubang ban tersebut dan 2 atau 3 bulan kemudian kemungkinan bocor lagi pada tempat yang sama.

Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue

 

Dalam menambal saya tidak akan menggunakan cara menambal tubeless yang sering merusak keutuhan ban yang ditambalnya karena tidak memberikan lubang yang lebih besar lagi terhadap ban yang pecah atau tertusuk paku tersebut. Cara saya ini lebih mudah dan praktis karena tidak perlu pergi ke bengkel dan dapat dilakukan sendiri.

Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue. Proses penambalan ban tubeless pun tidak perlu melepas ban tersebut, karena dapat langsung dilakukan ketika ban terpasang.
Paku masih tertancap, panjang pakunya sekitar 3 Cm
Paku masih tertancap, panjang pakunya sekitar 3 Cm, masuk ke ban 2 cm dan bengkok 1 cm di bagian luar


Sedangkan untuk pompa angin saya pinjam dari tetangga, karena saya tidak memilikinya. Yang terpenting adalah ban tidak rusak dan hasil tambalan pun dapat bertahan dengan lebih kuat pastinya, dulu saya pernah praktekan cara ini pada ban Mobil tentunya ban Tubeless. 

Berikut ini Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue dengan mudah:

1.    Siapkan / belilah lem yang dapat juga digunakan untuk lem karet seperti Super Power Glue, Alteco, dll. Lem tersebut dapat digunakan untuk melengketkan karet (rubber). Harganya pun sangat terjangkau, sekitar 1000 – 3000, kalau saya Super Power Gluenya Gratis, karena ngambil di warung Mertua hehehe .
Siapkan / belilah lem yang dapat juga digunakan untuk lem karet
Super Power Gluenya Gratis

2.    Cabut paku dengan tang, jika masih tertanjap di ban, awas jangan mencabit paku dengan cara digigit hehehe, jika sudah lepas, bersihkan lubang paku tersebut sebelum melakukan pengeleman. 

Cabut paku dengan tang jika masih tertanjap di ban
Mencabut paku dengan tang


3.    Jika lubang paku belum ditemukan, lakukan pencarian lubang paku pada ban, isi sampai penuh ban dengan angin, kemudian cari lubang paku dengan cara mengolesi bagian tapak ban dengan air sabun atau air sampo. Jika bagian berlubang diolesi dengan air sabun, maka akan timbul gelembung udara keluar dari ban dan lubang tusukan paku pun ditemukan.

4.    Setelah bagian atau daerah lubang dibersihkan jangan lupa dikeringkan terlebih dahulu. Kalau saya mencucinya terlebih dahulu karena ini waktu mencuci motor hehehe.

Paku yang tertancap di Ban keduannya runcing
Paku yang tertancap di Ban, kedua ujungnya runcing


5.    Buang angin di dalam ban, pastikan udara di dalam ban sudah habis agar tidak menekan lem ke luar dari lubang ketika melakukan penambalan dengan lem pada ban tersebut. Buang anginnya lewat pentil ya, jangan menusuk ban hehehe.

6.    Masukkan lem ke dalam lubang paku tadi dan dibantu dengan jarum yang tersedia di kotak lem atau dapat juga menggunakan paku, jarum pentol, peniti. Tujuannya adalah agar lem meresap ke bagian dalam lubang ban dan membuat ketahanannya semakin kuat tentunya. Tapi menusuknya hati – hati jangan sampai membuat lubang baru, jadi harus menusuk mengikuti alur yang sudah berlubang. Lakukan pengeleman hingga seluruh bagian lubang tertutup.

Masukkan lem ke dalam lubang paku
Masukkan lem ke dalam lubang paku
Baca juga : Cara cek pulsa, Isi pulsa dan cek kuota internet 3 ( Tri )

7.    Biarkan lem kering dan benar-benar kering (kuat). Kira - kira 1-2 jam biar aman dan kering benar.

8.    Setelah lem kering, isi ban dengan angin. Selanjutnya ban sudah dapat digunakan.

Selamat mencoba, Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue. Cara ini bisa dipraktekan juga pada ban mobil, motor, asal menggunakan ban tubeles.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

55 komentar

harga bannya sekitar berapa nih mang, sudah tersebar merata ke sluruh indonesia belum ya? hehehe unik kayanya hehe

Balas

Harganya mungkin sekitar 190.000 - 490.000-an tergantung pabriknya dan ukuran bannya, soalnya saya belum pernah beli ban Tubeles, ini ban bawaannya ... saya kira sudah menyebar mbak Motor Matic ( SUPRA X 125, REVO, NEW SUPRA FIT, CS1, VARIO, BEAT, SPACY, ABSOLUTE REVO, BLADE ini baru Motor Matic buatan HONDA belum yang lainnya masih banyak lagi, kebanyakan sudah memakai ban Tubeless bannya juga kebanyakan produk pabrik Indonesia IRC, Gajah Tunggal seperti motor saya juga Motor Matic BEAT sudah memakai ban Tubeless PEDERAL semenjak beli Motor Matic BEAT setahun yang lalu dan baru ini kena paku, kalau ditambal di tukang tambal malah suka dirobek atau dibuat besar lubangnya denagn menggunakan alat agar karet tambalnya yang sebesar jari kelingking bisa masuk dan 2 atau 3 bulan kemudian kemungkinan bocor lagi pada tempat yang sama.

Balas

gampang dan murah banget mang, cuma modal 3 ribu, plus alat minjam tetangga sudah bisa nambal...:)

Balas

ternyata alteco juga bisa buat nembel ban motor to mang...

Balas

iya mas, murah meriah, ngirit tapi tahan lama bila dibandingkan dengan tambal ban tubles yang sengaja di korek dulu lubangnya untuk menjadi besar hehehe

Balas

bisa sob asal lem karet aja kecuali aibon sepertinya gak bisa hehehe

Balas

wah kuat bereapa lama mas?
baru tau bisa pake power glue haha

Balas

kekuatannya bertahun tahun sampai bannya ancur dan botak mas...

Balas

karena di rumah saya ga ada tang jadi pake gigi aja deh cabut pakunya

Balas

Karena sudah terbukti oleh Mang Yono, Kalo ban bocor ga usah dbawa ke tukang tambal ban. Langsung dah beli power glu. :)
Mantap Mang

Balas

Keren mas tipsnya , jadi inget kalau suami mau nambal ban, tapi ban sepeda mas, karena di Jerman nggak ada

Balas

hahha nanti dikira mau sulap lagi kaka hehehe

Balas

tapi ini berlaku untuk ban Tubeless mas, kalau ban biasa gak bisa

Balas

iya mbak, tapi kalau ban sepedah khan ada ban dalamnya ya, jadi gak bisa cara ini dipraktekan, karena ban tubles gak ada ban dalamnya, tapi gak tau kalau diJerman sepeda pakai ban tubeless ya mbak..

Balas

enaknya itu kalo pake tubles...mau kemana2 ndak was2 bocor..apalagi kalo mau ke tp mertua buat ngambil lem...haha

Balas

kalo ban biasa pke nya Lem Biru

Balas

pengalaman baru nih mang...
kreatip bin irit ya....:D

Balas

hahaha iya mas begitulah enaknya pakai tubeless dan punya mertua ngewarung..... tekor deh mertua xixixi

Balas

iya mas, tapi sudah saya praktekan pada ban mobil ternyata bagus dan tahan lama juga... hehehe

Balas

Ma'af Gan,ban tubeles klo angin'y smpe abis bkan'y susah d pompa,ato pling ngk hrs pke kmpresor tkanan tinggi?

Balas

betul sekali Ananda, memang sih agak repot kalau pakai pompa manual kebetulan pompa manualnya ada tabung kecilnya jadi gak begitu repot, sedikit - sedikit akhirnya bisa penuh juga hehehe, kalau mau gampang sih mending diisi angin manual dulu sedikit asal bisa di kendarain baru bawa ke yang punya kompresor

Balas

saya baru tahu kalo pake super glue bisa dipake buat tambal ban tubles :)

Balas

bisa kang, ini lebih praktis dan geratis, kalau mertuanya punya warung heheeh

Balas

wah bermanfaat sekali infonya, terutama yang punya hobi pake moge. salam kenal mas

Balas

Gampang, Mudah dan murah ya pak cara menambal ban tubles nya, tapi itu lho, harus menunggu 1 jam nya xixiii .... makasih ya pak tips nya... kebetulan motor saya memakai ban tubles nih, jdi bisa jaga2 beli power glue hehee

Balas

Wua, jadi makin mudah yah, Mas. tanpa perlu repot cari tukang tambal ban, tinggal dieksekusi sendiri. jadi selalu sedia lem ini yah. boleh juga nih, bagi pengguna ban tubeless.

Balas

terima kasih infonya gan. sangat bermanfaat. jadi nyaman kemana mana. asal sll sedia power glue

Balas

bermanfaat sekali ni Sekali lagi thank you nas udah ngasih info nya............

Balas

kira2 sampai berapa besar mang, lobang yg bisa di atasi sama *power/atica itu ya?

Balas

Wahhh.... ilmu baru nihhh kang. Hatur nuhun !!!

Balas

ya sebesar lobang paku 3 - 5 mm mas ..

Balas

silahkan di praktekan ... salam kenal kembali

Balas

1 jam itu cuma perkiraan saja kang... 10 menit juga dah kering kalau pakai power glue ... coba aja teteskan ke tangan hehehe

Balas

kalau dibawa ke tukang tambal malah di korek dengan besi yang gede mas, ngerusak ban hehehe...

Balas

ok... terimakasih, sama - sama mas

Balas

Iya, silahkan di praktekan sob

Balas

hatur nuhun info na nya..
sukses.

Balas

Mantap bos ^_^ suwon ilmu ne (^_-)

Balas

sami - sami kang

Balas

bagusan mana kang yono alteco sama super glu,,,thank infonya kang....

Balas

nb.soalnya ditempat saya mudah ditemukan alteco....

Balas

pengalaman saya , cuma 10-15 menit sdh selesai kok. kan power glue cepat kering...

Balas

kalo udah terlanjur ditambal ke tambal ban trus . trus tambalannya bocor lagi apa bisa di lem bang?

Balas

sipp,, saya malah pernah praktekin di ban non tubeless, metodenya mirip, diteteskan pada area lubang, tapi di ban dalamnya saya tempel dengan isolasi hitam(untuk kabel listrik) sampai sekarang masih aman (honda supra 125)
sekarang saya mau coba di ban tubeless mobil

Balas

tanks ya mas brooo. caranya oke banget

Balas

Kalo pake lem pipa boleh nggak mas (nawar nih hehehe)

Balas

punya saya bocor kejeduk aspal mas.. kebetulan waktu kurang angin, jadi bocornya di bibir peleknya.. kira2 cara ini bisa dipraktekin gak ya...??

Balas

Mantap gan terimakasih informasinya,, daripada nyari tukang tambal ban tubles mending pake alteko ya hehe,,, gampang di dapat

Balas

Bisa di coba nich.......

Balas

Mantap berhasil gan tank you

Balas

Mau nanya sedikit gan, ban motor saya sudah terkena paku dengan waktu yang lama dan tidak saya cabut, apakah berpengaruh buruk pada ban? Karna saya masih awam soal ban tubeless

Balas

ban motor saya bitu kang, dan saya mencari artikel di google "cara menambal ban tubles dengan mudah" ehhh ternyata mangyono yang punya hehehee :) nuhun kang info na :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger